in ,

Revival’s Special: Profile Justin “spaghetti” Bersamin, Bintang Vainglory dari Renegades!

Source: Spaghetti Facebook Fanpage

Vainglory merupakan game MOBA di mobile yang populer di dunia. Dalam gelaran kompetitifnya, Vainglory8 sendiri yang merupakan program liga Vainglory telah berhasil melangsungkan gelarannya di berbagai regional di dunia, termasuk Asia Tenggara.

Kali ini bintang Vainglory Asia Tenggara yang sudah lama malang melintang di scene kompetitif Vainglory akan berbagi pengalaman dan pendapatnya mengenai tim dan kompetisi Vainglory 5v5 yang akan bergulir.

Revival’s Special: Ngobrol Bareng DEIPNO, Caster VG World, Tentang Vainglory 5v5

Justin “spaghetti” Bersamin, bagi kalian pecinta kancah kompetitif Vainglory mungkin tidak asing dengan nama pemain kelahiran Filipina yang pindah ke Singapura ini. Dia merupakan pemain carry yang memulai bermain Vainglory pada tahun 2014. Sejak saat itu banyak kejuaraan yang ia raih dalam perjalanannya sebagai pemain profesional Vainglory.

Tim Impunity asal Singapura, yang menjadi semi-finalis Vainglory Worlds Championship 2017 di Kallang Theatre bulan Desember, merupakan mantan tim yang sempat mengakuisisi timnya, Infamous Legion pada 2 Maret 2017 lalu.

Sebelum semakin jauh mengenal perjalanan spaghetti, berikut beberapa torehan prestasi Justin “spaghetti” Bersamin dalam karirnya sebagai pemain profesional Vainglory:

  • Juara 1 – Vainglory Tesseract League – Winter 2016
  • Juara 1 – Vainglory Tesseract League – Spring 2016
  • Juara 1 – Vainglory Tesseract League – Summer 2016
  • Juara 1 – Vainglory Tesseract League – Autumn 2016
  • Juara 1 – Vainglory 5v5 Worlds Showmatches – Desember 2017
  • Juara 1 – Gamestart SEA Mobile Major – Singapore
  • Juara 1 – MESA Champion Lion City Esports Cup – Filipina
  • Juara 2 – Vainglory8 SEA Summer Championship 2017 – Jakarta
  • Juara 2 – Vainglory World Series
  • Top 5-8 Vainglory Worlds Championship 2016
Justin “spaghetti” Bersamin, Source: Spaghetti Facebook Fanpage

Walau demikian, setelah beberapa bulan bermain sebagai tim Impunity, spaghetti memilih kembali bermain di bawah bendera Infamous dan mengundurkan diri dari Impunity pada tanggal 19 Mei 2017.

Infamous sendiri merupakan salah satu tim tertua dalam sejarah kompetisi Vainglory. Sempat hiatus setelah gelaran VIPL Season 2 dan Season 3, comeback Infamous ditandai dengan dominasi spaghetti dan kawan-kawan pada gelaran Vainglory8 SEA.

BACA JUGA: Revival’s Special: Profil Heinrich Ramli, CEO E8 yang Masih Berusia 19 Tahun

Infamous sendiri diperkuat oleh spaghetti, uNi, SnkEA dan ClowNy dalam gelaran Vaingloy8 ketika mereka berkompetisi melawan tim-tim kuat Asia Tenggara lainnya seperti Impunity, Elite 8, dan BOOM ID.

Namun, susunan tim yang telah banyak menghasilkan gelar ini memutuskan bergabung dengan roster salah satu tim Asia Tenggara lainnya, Popeyes, menyusul pengumuman kompetitif Vainglory 5v5.

Infamous vs Popeyes Matches, Source: Vainglory8

Dalam gelaran menuju Vainglory 5v5, secara mengejutkan, mereka diakuisisi oleh organisasi esports yang cukup terkenal dalam prestasinya di berbagai game. Detroit Renegades.

Tim asal Amerika Utara ini mengakuisisi roster ini secara resmi pada tanggal 20 Oktober 2017 lalu. Organisasi esports tersebut juga mempunyai divisi lain seperti CS:GO, Rocket League, Overwatch, Super Smash Bros, Injustice 2 dan Vainglory itu sendiri.

Berikut susunan roster resmi Renegades Vainglory untuk Vainglory Premier League:

  • Justin “spaghetti” Bersamin, (Midlaner)
  • Tan Ching “Chingy” Yang, (Jungle)
  • Adam “SnkEA” Lebeidi,(Roamer/Captain)
  • Terence “Tezzaboy98” Leun, (Carry)
  • Thanakit “uNi” Vongman, (Offlane)
  • Bryan Tay “Aeon222” Jun Long, (Subs/Carry)
Line-up Roster Renegades Vainglory. (Kiri-Kanan: Chingy, SnkEA, uNi, spaghetti, Aeon222, Tezzaboy98). Source: Renegades Vainglory Facebook

Kami berkesempatan mewawancarai spaghetti terkait pendapatnya mengenai kancah kompetitif Vainglory di Indonesia serta perbedaannya dengan kancah kompetitif di tempat ia tinggal, Singapura.

Pria kelahiran Filipina ini mengatakan, “Saya tahu bahwasanya Elite 8 dan BOOM ID merupakan tim Vainglory terbaik di Indonesia, dan, terlebih lagi, Indonesia mempunyai acara esports dan infrastruktur yang lebih baik dibanding Singapura.

Banyak turnamen untuk kalian agar mudah mendapatkan hadiah dan mampu mengembangkan pemain profesional baru, yang menurut saya luar biasa, bagi pemain-pemain yang siap menuju jenjang profesional.

Singapura sendiri tidak mempunyai banyak komunitas, setidaknya tidak lebih dari Indonesia, dan tentunya sangat sedikit jumlah turnamen yang diselenggarakan, tetapi Singapura mampu menjadi rumah bagi tim-tim kuat seperti Impunity.”

Ketika spaghetti (paling kanan) masih bermain untuk Impunity, Source: Impunity Facebook

Menjelang bergulirnya Vainglory Premier League pun, Justin Bersamin memberikan pendapatnya mengenai persiapan Renegades menuju pertandingan 5v5 dan kemunculan tim kuat Amerika Utara, Tribe Gaming yang telah merekrut mantan pemain Cloud9.

“Untuk persiapan 5v5, kami melakukan scrim dengan tim-tim Asia Timur dengan harapan membuat META baru dan tetap kompetitif dalam gelaran turnamen di Asia Tenggara.

Kemunculan Tribe Gaming tidak menampik bahwa mereka merupakan gabungan tim terkuat di regional Amerika Utara, line-up roster mereka sangat kuat dan kemungkinan besar akan memuncaki kancah kompetitif Vainglory Amerika Utara tahun ini.”

Bertabur Bintang, Tribe Gaming Resmi Umumkan Roster Vainglory!

Dalam kancah profesional, biasanya seseorang akan memiliki individu yang mereka kagumi guna menjadi tolak ukur kesuksesan, tak terkecuali spaghetti.

Ketika ditanya mengenai idola dalam kompetitif Vainglory, rupanya mantan pemain sekaligus kapten tim Cloud9 menjadi idolanya, “Idola saya adalah Gabe “gabevizzle” Villarian, dengan keahliannya yang mampu memainkan 3 role berbeda dengan standar permainan yang tinggi. Saya bercita-cita untuk menjadi sepertinya.”

Gabe “gabevizzle” Villarian ketika masih berseragam Cloud9, Source: Cloud9

Spaghetti juga ingin menyapa para pendukungnya di Indonesia, “Terima kasih bagi para fans di Indonesia untuk dukungan kalian kepada Renegades, tanpa kalian kami bukanlah tim terbaik di Asia Tenggara! Sekali lagi, terima kasih banyak.”

Ucapan hangat dari spaghetti untuk para fansnya di Indonesia sekaligus menutup sesi wawancara kami. Renegades sendiri masih mengikuti kegiatan Vainglory 5v5 Showmatches dan mereka masih belum terkalahkan hingga saat ini (3/11/2018). Untuk lebih tau mengenai tim Renegades Vainglory dan spaghetti, kalian bisa mengecek fanpage Facebook mereka di tautan terkait.

Diedit oleh Yabes Elia

Beginner Content Writer. Esports for News and Life. Rise with Words.
Seeking the proper way to enjoy words in writing.

Chelsea FC fans, Virtus.pro fans and Tofu-Tempeh Eater.
For business inquiries: yubianasfar@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…