Sumber: PUBG Mobile
in ,

Meroketnya Popularitas PUBG Mobile, Lalu Bagaimana Nasib PUBG PC?

Genre battle royale seakan menjadi tren dunia esports di tahun 2018. Kehadiran PlayerUnknown’s Battleground atau PUBG seakan meledak bahkan sampai sekarang menjadi game populer yang dimainkan versi Steam Chart.

Meski sempat menembus angka 3 juta pemain, namun pemain PUBG terus menerus merosot dan hanya tersisa 1 juta pemain saja terakhir terhitung pada (29/12) pukul 21.25 WIB.

Kehadiran PUBGM membuat berbagai pemain berpindah ke versi yang lebih leluasa. Ditambah lagi PUBGM juga gratis dibandingkan dengan versi PC yang mengharuskan membeli gamenya.

PINC Bandung
Image Courtesy: Armored Project

Bagaimana untuk perkembangan maupun prestasi esports baik PUBG maupun PUBG Mobile terutama di Indonesia?

Untuk PUBGM harus diakui perkembangannya begitu pesat. Dirilis sejak Februari 2018, PUBGM begitu laris terutama di Indonesia.

Kehadiran turnamen PUBGM yaitu PINC yang dimulai sejak Agustus hingga Oktober 2018 lalu semakin membuat para pemain antusias untuk mengikuti ranah esports.

Andrew Tobias, Esports Manager Tencent yang juga publisher PUBGM mengaku bersyukur karena bisa terima dengan baik dengan organisasi esports di Indonesia.

“Antusiasme pasti banyak banget terutama saat kualifikasi yang diadakan 12 kota di Indonesia. Kita harap untuk PINC berikutnya makin banyak lagi kota yang bisa kita buat kualifikasinya,” katanya.

esports pubg indonesia
Bigetron Esports memenangkan PINC 2018. Source: PUBGM Esports.

OkkyOzora yang juga pemain PUBGM dari PG.BarracX mengaku PUBGM bisa dimainkan oleh berbagai kalangan dan umur berapapun bisa memainkan game ini. “Selain itu gamenya yang sederhana juga bisa mengajak teman untuk main bareng,” katanya.

Salah satu tim esports yang dominan bahkan bisa dikatakan terlalu dominan di kancah PUBGM adalah Bigetron Esports.

BACA JUGA: Komunitas Heroes of the Storm Galang Dana Guna Hidupkan Ranah Esportsnya!

Bagaimana tidak, mereka sukses meraih juara pertama di hampir seluruh turnamen bergengsi PUBGM di Indonesia. Menurut OkkyOzora, tim lain yang juga tampil konsisten adalah EVOS yang juga juara kedua PINC 2018.

Bagaimana untuk PUBG PC di Indonesia? Arwanto “Wawamania” yang juga caster PUBG dan CS:GO  Indonesia mengaku perkembangannya begitu pesat baik dari segi pemain, organisasi, maupun prestasi.

Aerowolf.ADS
Tim Aerowolf.ADS. Sumber: Aerowolf

“Seperti yang kita lihat, sudah ada beberapa tim yang mewakili Indonesia di kancah SEA, bahkan Aerowolf Team One (dulunya Aerowolf ADS) berhasil mendapatkan posisi ke 5 di event major EMF Hongkong 2018.

Potensi 2019 sangat terbuka bagi semua tim karena perwakilan yang dikirim kadang tidak hanya satu tapi bisa sampai empat. Tentu saja ini membuka peluang yang cukup besar kepada semua pemain PUBG dalam mencari pengalaman.

RDK Siap Jadi Standin Aerowolf Team Seven di PUBG Asia Invitational 2019

Ia sendiri juga berkementar mengenai pengaruh game mobile seperti PUBGM terhadap PUBG. “Adanya game mobile, membuat PUBG mengalami sedikit penurunan tetapi tidak menutup juga pagar kepada mereka yang memiliki PC.

Jadi pasarnya memang benar benar berbeda. Kalau bisa kita bilang, PC sekarang adalah barang premium dan masuk kelas eksklusif.

Wawamania (Tengah atas) saat bersama Akara
Sumber : Fanpage Wawamania

Untungnya iCafe di Indonesia juga demikian banyak di 2018, jadi harusnya 2019 PUBG PC dan game mobile lainnya bisa saling bersaing.

Jadi tahun 2019 harusnya aman untuk PUBG. Hanya saja tetap bakal kegilas mobile games tapi pangsa pasarnya pasti ada,” ujar Wawamania.

BACA JUGA: Sebanyak 10 Pemain Profesional PUBG Terkena Ban di Update Map Baru!

Nah, itu tadi sedikit analisa mengenai PUBG maupun PUBGM di Indonesia. Genre battle royale diprediksi masih bakal bertahan dan laris di 2019.

Apakah nantinya ada lagi prestasi-prestasi esports dari kedua game ini di tahun 2019 mendatang? Mari kita doakan yang terbaik guna perkembangan esports tanah air.

Diedit oleh Yubian A. Huda

Written by LightKeeper

Just a garbage man in the esports world

Contact: soejatnoeric@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0