[Part 2] Edwin Nextwins : Tips Membangun Tim yang Solid

Jemmy Mikhael

, Point Blank

PRACTICE

Banyak yang bertanya kepada saya tentang metode latihan kami. Baik itu berapa lama, atau bagaimana caranya. Jawaban saya? Bukan lama nya yang penting, tapi mutu nya. Kualitas mengalahkan kuantitas. Kalian latihan dengan fokus 100% selama 3 jam, lebih baik daripada kalian latihan 9 jam dengan fokus 50%.

Ketika tim ini baru terbentuk, kami latihan intensif selama 1 bulan. Kami berlatih setiap hari, mencari kekurangan dan kelebihan masing-masing personil, dan mencari bagaimana strategi dan gaya main yang cocok dengan tim ini.

Hal paling simpel. Tim dengan 1 AWP-er dan tim tanpa AWP-er akan sangat berbeda. Untuk itu, kalian harus ketahui, apa yang kalian miliki? Apakah ada AWP-er? Ada berapa tukang colong? Ada berapa tukang tabrak? Maksimalkan potensi setiap anggota kalian. Kalian bisa bayangkan seorang Lionel Messi yang begitu hebat men-dribble bola diposisikan menjadi seorang kiper?

Hal paling penting adalah, tau kelebihan kalian masing-masing dan maksimalkan hal tersebut. Setiap komposisi tim memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maksimalkan kelebihan kalian dan jangan biarkan musuh manfaatkan kekurangan kalian. Caranya? Ya maksimalkan kelebihan kalian. Buat tim lawan kelabakan ngurusin bagaimana atasi kelebihan kalian daripada mencari kekurangan kalian. Tentunya disamping itu kalian juga harus terus memperbaiki kekurangan kalian.

BRIEFING

Hal yang perlu kalian ketahui mengenai ENDEAVOUR adalah, walaupun kami juara 1 dalam sebuah tournament, selesai tanding pun kami masih briefing dan terkadang sampai subuh tentang round-round yang kalah, tentang salah gerak dan frag yang gagal kami bunuh, tentang rotasi yang gak pas, tentang bagaimana posisi defend kami bisa dijebol, bagaimana kami gagal menjebol pos lawan, tentang bagaimana kami gagal retake bom site yang sudah dikuasai lawan.

Tapi kami tidak pernah membahas secara detail taktik baru selama briefing setelah pertandingan maupun setelah latihan. Kami hanya sebatas mencatat, OK taktik ini harus diubah menjadi begini. Tapi detail taktik tersebut akan kami bahas ketika briefing sebelum latihan. Kenapa?

Kembali ke kualitas latihan tersebut. Setelah selesai latihan, ketika kalian briefing, apa kalian bisa benar benar ingat apa yang kalian bahas pada saat kalian mau mulai latihan? Oleh karena itu akan lebih baik, jika briefing untuk bahas taktik baru dilakukan ketika sebelum latihan. Biasakan datang 2 jam lebih awal sebelum latihan. Bahas semua yang perlu kalian bahas disana agar latihan kalian bisa menjadi lebih efektif, dan langsung praktekkan apa yang kalian bahas, sehingga akan menjadi jauh lebih efektif kan?

 EXTRA MILES

Hal kelima adalah, apa yang kalian lakukan ketika tim tim saingan anda sedang istirahat atau sedang refreshing main game lain? Harus diakui, terkadang latihan akan menjadi sangat membosankan, dan terkadang kita membutuhkan liburan atau hiburan. Tidak ada yang salah dengan itu. Tapi tetap harus ingat dengan tanggung jawab kita.

Salah besar jika kalian berpikir seperti “Ah enak banget jadi team endeavour, tim nya udah kompak”. Apa kalian tau apa saja yang sudah kami lewati selama kami serius di dunia Point Blank? Apa kalian tau bagaimana determinasi kami ketika kami berusaha mengejar mimpi kami? Semua itu bukan bawaan lahir. Kami kerja keras untuk mencapai apa yang kami punya sekarang. Kalau kalian gak mau kerja keras, latihan ketika orang lain liburan, bikin taktik ketika tim lain sibuk pacaran, dan lain lain, apakah fair? Apakah fair jika kalian ingin menjadi seseorang tapi kalian gak mau kerja keras seperti apa yang orang itu sudah lakukan? Yah kasarnya, kalian mau six pack, tapi tiap hari makan junk food porsi buat ber 3. Lalu kalian berharap kalian bangun besok pagi, perut langsung six pack? It doesn’t work that way bro.

 KESIMPULAN

Banyak hal yang harus dilakukan untuk bisa mencapai podium tertinggi. Tidak ada yang menjadi hal yang jatuh dari langit, semua harus diperjuangkan. Cari member tim yang cocok, samakan visi dan misi kalian, tunjukkan komitmen kalian, latihan dengan baik dan efektif, dan lakukan extra miles kalian.

Dan satu hal penting lagi yang harus kalian ketahui, TALENT AND HARDWORK TAKES YOU TO THE TOP, BUT ONLY CHARACTER MAKES YOU STAY. (Bakat dan kerja keras bisa membawa kalian ke puncak podium tertinggi, tapi hanya karakter kalian yang bisa membuat kalian tetap di posisi tertinggi.)

Selalu ingat daratan, ingat kekurangan tim kalian, selalu berkembang dan bertumbuh. Jangan cepat puas dan JANGAN SOMBONG!!

  • Aji Sudi Rahman

    ATRIKEL YANG SANGAT BERMUTU !!!! SAYA SANGAT MENGHARGAI INI 🙂 SERING SERING SHARE YANG KAYAK BEGINI YAA MIN 🙂

  • Takwa

    artikel yang bagus!