in

Twitch Kalahkan CNN dan MSNBC dari Jumlah Penonton di Bulan Januari 2018

Dokumentasi: Twitch

Benjamin Schachter, seorang analyst dari Macquarie (perusahaan penasehat perbankan dan finansial) membuka temuannya mengenai jumlah penonton Twitch yang sudah melampaui jumlah penonton stasiun TV populer, CNN dan MSNBC.

Street Insider melaporkan temuan Benjamin yang mengatakan bahwa Twitch (yang merupakan anak perusahaan Amazon) berhasil menarik angka rata-rata 962 ribu penonton, concurrent (alias di saat yang sama), di bulan Januari 2018. Angka ini naik 22% dari hasil bulan Januari 2017 dan 26% lebih besar dibanding Desember 2017.

Sebagai perbandingan, menurut laporan tersebut, jumlah penonton rata-rata ini bisa dibilang bersaing dengan saluran-saluran TV kabel paling populer di Amerika Serikat.

Pertandingan Final ELEAGUE Boston Major Pecahkan Rekor Penonton di Twitch!

Di 2017, jumlah penonton Fox News Channel dan ESPN mencapai angka 1,5 juta per hari. Sedangkan MSNBC mencapai 885 ribu dan CNN mendapatkan 783 ribu penonton per harinya.

Sebelumnya, pertandingan ELEAGUE Boston Major di Twitch juga sempat memecahkan rekor penonton di saat yang sama dengan angka 1,1 juta penonton.

Sayangnya, satu hal yang bisa jadi permasalahan adalah soal konsistensi tren. Menurut Benjamin, kurang dari 50% game yang menempati 10 penonton terbanyak di 2017 juga menempati ranking 10 besar di 2018. Maksudnya, kurang dari separuh game terlaris yang masih bisa mempertahankan popularitasnya dari tahun lalu.

ELEAGUE Boston Major Twitch
Dokumentasi: ELEAGUE

Misalnya, PUBG dan Fortnite yang tadinya tidak terlalu populer tiba-tiba langsung mencuri perhatian. Selain itu, jumlah penonton yang menonton di saat yang sama pun tidak selalu konsisten.

Ada tayangan yang jauh lebih populer dibanding yang lainnya dan menghasilkan lonjakan angka penonton, seperti ELEAGUE Boston Major tadi ataupun ketika Tyler1 stream kembali bermain League of Legends setelah di-ban 613 hari.

Namun demikian, lonjakan angka penonton ini juga sebenarnya wajar karena stasiun TV pun juga sering mengalami hal yang serupa karena memang ada tayangan-tayangan yang lebih digemari dibandingkan tayangan lainnya.

Kembalinya Tyler1 Ke League of Legends dan Sukses Memecahkan Rekor Viewer Twitch!!

Hal ini tentu saja kabar yang menggembirakan untuk industri esports karena mulai bersaing dengan TV kabel untuk kalangan mainstream. Namun demikian, angka tersebut merupakan angka untuk pasar global yang nilai industrinya di 2018 sudah mencapai angka US$922 juta, menurut Newzoo. 

Bagaimana dengan Indonesia? Kapan ya kira-kira tayangan esports di Indonesia bisa bersaing dengan tayangan-tayangan mainstream?

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…