in , , , ,

Daftar Turnamen Esports yang Paling Banyak Ditonton di Bulan Maret 2018

Uzi kala bermain untuk OMG di LPL 2016

ESC Watch mengeluarkan mengeluarkan daftar sejumlah turnamen esports yang paling banyak ditonton di bulan Maret 2018. Menurut statistik mereka, bulan Maret 2018 ini merupakan bulan paling sukses dari aspek popularitas sepanjang sejarah esports sampai hari ini.

Berikut ini adalah daftar lengkap yang dirilis oleh ESC Watch:

5 turnamen paling populer di dunia – Maret 2018

Liga League of Legends dari Tiongkok, LPL Spring 2018 masih menjadi turnamen dengan penonton terbanyak dengan jumlah 40 juta penonton. Di bawahnya, ada StarSeries i-League PUBG dengan jumlah penonton yang terpaut cukup jauh yaitu 17,5 juta.

Kompetisi Dota 2 tahunan paling bergengsi di Asia, Dota 2 Asia Championship 2018 bertengger di peringkat ketiga dengan 12,8 juta penonton. PUBG lagi-lagi masuk di lima besar turnamen paling populer dengan PGL PUBG Spring Invitational.

Image Credit: ESC Watch

Satu game mobile masuk ke daftar ini dengan game yang berjudul King of Glory yang juga dikembangkan oleh Tencent, sang developer untuk Arena of Valor. Turnamennya, King Pro League Spring menempati posisi kelima di turnamen paling banyak ditonton di bulan Maret 2018 karena berhasil meraup 10,8 juta pemirsa.

5 turnamen paling populer tanpa penonton dari Cina – Maret 2018

Jika tidak menghitung penonton dari tanah Tiongkok, daftar turnamen paling populer ini jadi berubah total.

IEM Katowice 2018 untuk CS:GO jadi yang paling populer di bulan Maret 2018 dengan 515 ribu penonton, dengan pertandingan Fnatic vs FaZe menjadi pertandingan puncak yang paling banyak ditonton.

Image Credit: ESC Watch

Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Shadowverse yang merupakan sebuah game kartu paling populer di Jepang. Turnamennya yang bernama Rage Spring 2018 berhasil mendapatkan 504 ribu penonton.

League of Legends kembali menempati daftar turnamen paling banyak ditonton di luar penonton dari Cina. Ada 2 kompetisi LoL yang bahkan masuk ke daftar ini. NA LCS alias kompetisi LoL untuk Amerika Utara menempati posisi ketiga. Sedangkan LCK, liga LoL di Korea Selatan menempati peringkat kelima.

Dota 2 masih masuk ke daftar ini namun untuk turnamen yang berbeda jika tidak menghitung penonton dari Tiongkok. The Bucharest Major yang menghasilkan Virtus.pro sebagai sang jawara berhasil menempati posisi 4 dengan 410 ribu penonton.

5 turnamen paling populer khusus penonton dari Rusia – Maret 2018

Image Credit: ESC Watch

Di daftar ini, hasilnya juga sedikit berbeda dengan 2 daftar sebelumnya. Dota 2 menempati 4 slot dan GESC Indonesia Minor adalah salah satunya. Hanya satu game di luar Dota 2 yang berhasil masuk di sini, yakni dari World of Tanks yang bahkan nama turnamennya tidak bisa kami lafalkan… wkwakwkakw

MPL Indonesia dan RevivaLTV?

Image Credit: ESC Watch

Menariknya, MPL Indonesia yang diselenggarakan oleh RevivaLTV juga ternyata terdeteksi oleh ESC Watch dengan angka yang cukup fantastis meski kompetisi ini hanya untuk satu negara. Menurut statistik mereka, MPL Indonesia berhasil mendapatkan jumlah penonton sampai 99,6K. Lucunya, MPL yang juga diselenggarakan untuk tim-tim Malaysia dan Singapura hanya mendapatkan penonton sebanyak 6,5K.

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…