Tips untuk Kamu Yang Senang Bermain Game Terlalu Lama

Halo sobat RevivaL saat kita bermain game kalau lagi asik banget kadang suka lupa sama waktu. Tau gak sih itu sangat mempengaruhi kesehatan kita loh terutama di daerah tangan secara tidak sadar apabila kita bermain terlalu lama tangan kita terasa pegal dan sakit bahkan sampai bisa kram. Terutama buat pemain FPS seperti CSGO, PointBlank atau Pemain MOBA seperti DOTA dan LOL. Nah jadi hari ini kita mau bagi tips buat sobat RevivaL biar tangan kita terhindar dari masalah tersebut so check it out guys~

Di jaman sekarang kita lebih banyak menghabiskan waktu kita di depan computer. Beberapa melakukannya karena pekerjaan harian mereka, dan beberapa menghabiskannya untuk bermain game. Beberapa dari kalian pasti pernah mengalami berbagai permasalahan karena terlalu lama bekerja atau bermain game. Salah satunya bisa menyebabkan stress yang berulang-ulang apa lagi kalo kalah terus ya sob :v

Akan tetapi kebanyakan mengalami kendala pada bagian tangan mereka,dan ternyata berbagai tipe mouse dan sensitivity dapat mempengaruhi kondisi tangan kita, karena itulah untuk beberapa pemain pro sangat penting memilih mouse dan pengaturan sensitivity nya. Dan teori ini di benarkan oleh Dr. Levi Harrison di Biodata Twitternya ia merupakan dokter bedah tulang, seorang terapis, dan pelatih fitness, menjelaskan tentang permasalahan yang sering terjadi.

Dia berkata idealnya kita menginginkan jari-jari kita tepat berada di pinggian klik point pada mouse. Akan tetapi saat kita menggeser mouse terlalu agresif itu menyebabkan tekanan kepada urat-urat serta sususan anatomi pada tangan kita. Apabila ini di biarkan terlalu lama, bisa sangat menyebabkan kelelahan pada otot-otot kecil tangan kita dan mempunyai kemungkinan menimbulkan RSI atau cedera pada persendian akibat ketegangan pada otot karena di lakukan terus menerus dalam waktu yang lama. Dan jelas ini sangat mengganggu akurasi dan efisiensi saat melakukan klik pada mouse. Tidak sedikit pemain pro yang dulunya mengalami RSI. Dan sekarang mereka melakukan pemanasan pada tangan sebelum bermain.

Berikut cuplikan dari Dr. Levi Harrison tentang terapi yang diciptakannya.

Dr. Levi Harrison juga mengatakan pemain yang menggunakan sensitivity tinggi cenderung terkena RSI lebih besar ketimbang pemain yang menggunakan sensitivity rendah, itu di karenakan gerakan manuver agresif tiba-tiba yang di hasilkan oleh sensitivity tinggi menyebabkan posisi tangan menjadi tidak natural.

Dr. Levi Harrison menyebutkan 2 perbedaan antara pemain yang menggunakan sensitivity tinggi dan yang menggunakan sensitivity rendah.

1.Pemain Dengan Sensitivity Tinggi

Pemain dengan sensitivity tinggi cenderung menginginkan respone dan gameplay yang cepat dan memaksa tangan tidak berada pada posisi yang natural. Di sisi lain bisa menimbulkan resiko terkena RSI atau biasa yang di sebut Repetitive Strain Injury.Seperti yang sudah kita katakan di atas yaitu terjadinya cidera pada persendian akibat ketegangan otot kecil pada tangan karena terus menerus melakukan gerakan cepat dan agresif dalam waktu yang lama.

2.Pemain Dengan Sensitivity Rendah

Pemain dengan sensitivity rendah cenderung ingin kontrol yang lebih baik dalam gameplay mereka. serta penguasaan presisi yang lebih baik. pergerakan tangan mereka juga lebih natural ketimbang pemain yang menggunakan sensitivity tinggi. pemain yang menggunakan sensitivity rendah jarang terkena RSI dikarenakan posisi tangan mereka lebih rilex.

Tapi semua itu balik ke personality dan gameplay kita masing-masing sob. Kalau kita sudah merasa nyaman why not?
Nah itu sedikit tips dari kita agar sobat RevivaL tetap menjaga kondisi tubuh walau lagi asik-asiknya bekerja ataupun sedang bermain game. Keep healthy Work Hard And Play Hard~ See ya next time guys~ 😀

Sumber:http://www.talkesport.com/chaperone/dr-levi-harrisons-opinion-mouse-sensitivity-gaming-rsi/