Sim Racing, eSport yang Menantang

Alvian Christianto

, Others

Apa sih itu Sim Racing? Apakah kalian masih merasa asing dengan Sim Racing? Memang Sim Racing eSport yang tidak terlalu terkenal di Indonesia, padahal event yang diadakan di server Indonesia cukup banyak dan banyak atlet eSport Sim Racing dari Indonesia yang menjuarai event internasional.

Nah, apa itu Sim Racing? Sim Racing adalah kependekan dari “simulation racing” atau “balapan simulasi”. Sim Racing mengacu pada balapan dalam lingkungan simulasi dengan physics senyata mungkin yang akan mempengaruhi mobil.
Berbeda dengan permainan balapan yang lain, seperti Need for Speed dan The Crew yang dirancang agar mudah untuk dimainkan para pemula, berbeda dengan Sim Racing yang meniru sedetail mungkin traksi ban, lunak kerasnya suspensi, konsumsi bahan bakar dan lain – lain. Karena tingkat kedetailan physics dalam Sim Racing sangat akurat, mobil pun tidak bisa dikendalikan semudah yang kalian kira.

Bermain racing simulator

Source : https://www.youtube.com/watch?v=2CT4LzBBH1A

Maka dari itu, pemain Sim Racing harus mengemudikan mobilnya sesuai dengan teknik dan skill yang diaplikasikan pada mobil di dunia nyata. Pemain juga harus mengemudikan mobil agar tetap seimbang untuk mempertahankan traksi di keempat ban agar dapat mengikuti racing line yang baik untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
Kegagalan dalam mengontrol mobil akan menyebabkan mobil berputar keluar kendali, dan yang terburuk akan berakhir kecelakaan yang menyebabkan pemain harus keluar dari balapan.

 

Sejak munculnya Sim Racing dan memberikan pengalaman yang nyata dalam balapan, banyak pembalap amatir dan profesional yang menggunakan permainan sim racing untuk meningkatkan skill mengemudi mereka. Contoh permainan Sim Racing adalah : rFactor, iRacing, Gran Turismo, Assetto Corsa, dan lain – lain.
Ternyata Sim Racing cukup menarik dan menantang ya, sesuai yang telah dijelaskan diatas, atlet–atlet eSport Sim Racing dari Indonesia juga berprestasi, berarti tentu ada wadah komunitasnya, yaitu Sim Racer Indonesia atau SRI. SRI sudah didirikan sejak tahun 2011, dari awal komunitas pemain rFactor Kaskus dan berkembang hingga kini yang memiliki server sendiri.

Dengan menyandang gelar the largest racing sim community in Indonesia, tidak sedikit anggota di team Sim Racer Indonesia adalah pebalap profesional, dan mereka juga sering berkompetisi di ajang balap nasional bahkan internasional.
Prestasi yang diraih pun tidak sedikit, pebalap–pebalap SRI sering meraih podium pertama di seri Virtual Endurance Championship, British Touring Car Championship, dan ajang balapan yang lainnya.
Kalian pun juga bisa bermain atau mengikuti ajangan balap Sim Racing dengan biaya yang tidak terlalu menguras kantong, apakah bisa? Pembahasan lebih lengkapnya akan kami uraikan di artikel selanjutnya. See you next time ~