RFactor 2: Racing Simulation Software Paling Gila

Alvian Christianto

, Others

Mungkin kalian tertarik dan mecoba mencari beberapa game sim racing yang tersebar di Steam atau game shop terdekat, tapi jika kalian yang ingin merasakan ganasnya dunia balap, lebih baik kalian memilih RFactor 2, kenapa? Mari kita simak pembahasan dari Harris Muhammad, salah satu admin Sim Racer Indonesia, salah satu pembalap virtual profesional dari Indonesia, dan salah satu pemilik dan manajer utama tim balap virtual profesional “iSimRS Motorsports“.

Menurutnya, RFactor 2 tidak bisa disebut game, melainkan disebut Racing Simulation Software karena RFactor 2 adalah sebuah platform untuk mengasah skill pembalap dan sangat kompleks seperti layaknya dunia motorsport. Untuk masalah physics, RFactor 2 bisa disebut yang paling gila, menjadi juara di RFactor 2 bukanlah hal yang mudah, harus memikirkan segala aspek dan strategi seperti layaknya dunia balapan sesungguhnya.
Selain itu, salah satu hal yang bisa disebut gila yaitu tingkat kedetilannya pada mobil, track dan cuaca, seperti : Semakin lama dilewati mobil, track akan ada bekas butiran – butiran karet yang menempal di aspal dan jika kena maka itu menyebabkan mobil licin dan setir bergetar, bisa mengikuti cuaca dan waktu dari sirkuit dalam kenyataan, bahkan sistem physics ban yang perhitungannya sangat kompleks, seperti : ban bisa berubah bentuk sesuai dengan kondisinya seperti kempes, lalu suhu ban dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian sisi dalam, tengah dan luar, bahkan ban bisa gundul dibagian tertentu akibat salah dalam hal pengereman dan menyebabkan mobil tidak nyaman dikendalikan. RFactor 2 juga menyuguhkan simulasi cuaca dan waktu 1 hari penuh, 24 Jam non-stop, dari pagi, siang, sore, dan malam. Cuaca kering dan hujan disimulasikan secara sangat baik. Gila bukan?

14581395_10154191947349261_6981592134908491150_n

Kondisi Hujan, Source : Sim Racer Indonesia

Dan di RFactor 2, khususnya pada event – event sim racing seperti event 2 Hours of Sebring yang baru diadakan oleh Sim Racer Indonesia beberapa waktu lalu, menerapkan peraturan yang sangat ketat dan cukup mendetil mengadopsi peraturan standar internasional.
Pada dasarnya dalam RFactor 2 mengadopsi fitur – fitur balapan mobil sesungguhnya yang ada pada sekarang. Misalnya: Full Course Yellow Flag, Formation Start, Rolling Start, Manual Pit Limiter, Safety Car, Anti-Cutting System, Stop and Go Penalty, Drive-Through Penalty, Disqualification, False Start Penalty, dan masih banyak lagi. Bahkan kalian bisa kena diskualifikasi karena lupa menyalakan lampu pada malam hari.

Tidak sampai disitu, ada beberapa setting untuk mobil yang kompleks seperti layaknya mobil balap sesungguhnya, banyak tim – tim balap profesional yang menggunakan RFactor 2 untuk melatih pembalap-pembalapnya, bukan itu saja melainkan juga  digunakan untuk Research and Development pada mobil.
Hebat ya? Apakah kalian tertarik? RFactor 2 bisa kalian dapatkan di Steam dengan harga yang sangat terjangkau, harga yang wajar dengan physic dan  fitur – fitur yang diberikan, dan kalian dapat mengikuti balapan online kapan saja seumur hidup.