in ,

[Profile] Cindy Monika A.K.A Cimon: Calon Dokter yang Suka Cosplay dan Main Game

Sumber: Cindy Monika Fanpage

Saya memang sudah banyak mewawancarai figur esports Indonesia ternama, mulai dari pemain, pelatih, sampai pemilik tim esports. Namun belum pernah sekalipun saya mewawancarai brand ambassador di dunia esports Indonesia.

Berhubung kebanyakan dari penggemar esports datang dari kaum adam, kehadiran brand ambassador tidak hanya berguna sebagai penyegar timeline dan hati saja tapi juga sarana yang mungkin lebih efektif untuk lebih mempromosikan produk atau tim esports.

Kalau beberapa waktu lalu rekan saya mewawancarai Milokuma, saya juga tidak mau kalah dengan brand ambassador Logitech dan Rex Regum Qeon yaitu Cindy “Cimon” Monika. Saat ini ia masih berstatus mahasiswi di fakultas kedokteran salah satu universitas swasta di Tangerang. Selain itu ia juga aktif sebagai cosplayer dan streamer.

Tanpa panjang lebar, langsung saja kita mulai. Let’s go!

Mulai terjun ke dunia gaming dari kapan? Bagaimana ceritanya bisa terjun ke esports?

Sumber: Cindy Monika Fanpage

“Pertama kali terjun mungkin sekitar akhir tahun 2016 di bulan November. Tepatnya di situ baru ketemu orang-orang Esports. Dibilang kenapa tertarik… lebih kepada ngikutin air mengalir sih, jalani aja. Terus main game, kenalan, temenan, eh ga berasa udah terjun lebih dalam. Nggak pernah berencana sama sekali untuk terlibat dunia Esports, tapi bersyukur bisa kenal bidang ini. 😀

Awal mula masuk scene yang lebih serius ketika di-hire menjadi Brand Ambassador Gaming Laptop Omen by HP sekitar Agustus sampai November 2017, lalu diikuti Logitech dan AMD Indonesia. Setelah itu dikenalkan ke tim gaming, yang pertama Elite8 Esports sekitar Februari sampai Juni 2018 dan sekarang bersama Rex Regum Qeon.

Apa saja sih tugas-tugas yang dilakukan saat menjadi BA? Dan pelajaran apa yang didapat saat jadi BA?

Sumber: Cindy Monika Fanpage

“Tugas BA lebih kepada meningkatkan awareness komunitas terhadap brand tersebut. Melalui datang ke event atau acara, ngisi konten video, dan foto. So, yang pasti harus aktif social media dan punya communication skill dan juga karakter

Pelajaran selama jadi BA lebih kepada communication skill dan profesionalitas ya. Bagaimana disiplin, bawa diri, jaga sikap ke lingkungan kerja baru, membuat brand image, dan cara kerjasama dengan beraneka ragam karakter manusia. Selain itu, belajar ngomong depan kamera, atas panggung, dan di depan publik.

Kalau grogi pasti sempat, sampai sekarang sering kali grogi menghadapi publik. Tapi pengalaman demi pengalaman jadi lebih baik.”

Ada perbedaan ketika menjadi BA di produk dengan tim esports dan pengalaman apa yang paling berkesan saat menjadi BA?

“Kalau BA tim esports lebih berasa terjun ke komunitas. Karena kita memperkenalkan “diri kita”. Kalau BA produk, kita fokus ke marketing si produk hehe.

Paling berkesan menjadi BA saat bertemu dengan aneka ragam karakter tadi. Banyak tantangan baru dan pengalaman berharga yang ga bisa didapat bidang lain, ga diajarin di perkuliahan juga. Yang pasti ketemu banyak orang berkesan juga”

Cimon sendiri kan sudah menjadi BA di dua tim esports ternama, bagaimana pendapat pribadi mengenai esports di Indonesia?

“Yang pasti sudah pesat sekali kemajuannya, perubahannya dibanding tahun 2016 saat pertama kali Cimon terjun. Esports Indonesia bagi Cimon punya potensi yang tinggi untuk lebih berkembang karena banyak yang belum digali

Pastinya perlu di-support dan di-notice because it is and will be a bigger deal”

Cimon bersama Aui_2000 Sumber: Cindy Monika

Untuk rencana ke depannya seperti apa? Apa bakal meneruskan menjadi BA atau mencari pekerjaan lain?

“Jika memang masih diberikan rejeki untuk menjadi BA why not. Tapi dari sekarang Cimon mulai merintis ke dunia YouTube. Membuat konten dan streaming di sana hehe. Karena aku suka sharing dan ngedit.

Di luar esports, Cimon masih menggali dunia entertaiment dan juga modelling. Doakan yang terbaik ya haha. Yang pasti fokus utama Cimon tetap jadi dokter.”

Nah, itu dia nih profil dari Cimon. Buat kamu yang ingin follow Instagram atau subscribe YouTube Cimon, bisa langsung pantengin di sini:

Instagram : cindymonika_
Facebook : Cindy Monika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…