Professional Gamer Menurut Edwin Nextwins

Jemmy Mikhael

, Others

Sebelum masuk ke pembahasan, udah pada tau kan siapa itu Edwin Nextwins? kalo belum tau , bisa cek disini. Di artikel kali ini, Edwin Nextwins memberikan tanggapan-nya tentang ” Apa itu Professional Gamer” menurut pandangannya.Esports-League-of-Legends-Thumbnail

Siapa yang bisa disebut sebagai seorang Professional Gamer? Pertama-tama coba kita bahas definisi per-katanya dulu. Professional  dan gamer. Professional bisa diartikan sebagai berikut : istilah bagi seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya.  Sedangkan Gamer adalah : Istilah untuk orang yang bermain game pada permainan elektronik seperti video game, PC game, wireless game, handler game, dan lain lain.

revivalesports1

Salah satu team professional gamers Indonesia

Jadi bisa diartikan Professional Gamer adalah sebagai berikut : Istilah bagi seseorang yang bermain game pada permainan elektronik seperti video game, PC game, Wireless game, Handler game, dan lain lain dan menerima gaji sebagai upah. Secara umum, dapat  diartikan bahwa Professional Gamer adalah sebutan untuk orang yang menerima gaji ketika bermain game.

Jalan untuk GO PRO! Itu sangat panjang, berliku dan beresiko, tapi sangat enjoy untuk dijalani. Gak jarang orang yang tau apa perkerjaan gue, mereka meresponi dengan rasa iri akan perkerjaan yang gue jalanin. “Enak banget kerjaan lu, udah main game, dibayar lagi.”. Apakah enak jadi Professional gamer? Oh iya tentu enak. Tapi ada resiko yang harus kalian ketahui.

Bagaimana sih cara Professional Gamer mendapatkan uang? Tentu yang pertama, pendapatan professional gamer bisa didapat dari Prize money. Namun seiring dengan perkembangan dunia e-sports, pendapatan utama seorang professional gamer bukan lagi di Prize money, namun lebih ke sponsorship dan endorsement.

Jalan menjadi professional gamer itu tidak mudah, namun bisa dicapai. Jika kalian memang berkomitmen untuk terjun kedalam dunia ini. Sebaiknya kalian benar-benar nyebur, jangan setengah-setengah. Kalau kalian cuma setengah-setengah, lebih baik game jangan dijadikan mata pencaharian utama.

Lalu bagaimana dengan sponsor dan endorse? Untuk menjadi seorang brand ambassador, kita tentunya harus memiliki influence tinggi dalam market brand tersebut. Kita harus memiliki follower dan fanpage juga website dan social media lainnya yang memiliki traffic yang baik. Salah satu cara untuk mendapatkan influence tersebut adalah dengan menjadi JUARA di tournament-tournament skala nasional atau internasional.

femalefighters2

Salah satu contoh endorse/sponsor untuk Professional Gamer

Dalam sebuah tournament, mari kita sebut PBNC (Point Blank National Championship) yang merupakan kompetisi dengan jumlah peserta skala nasional terbesar yang pernah gue ikuti. Let’s say ada 1000 tim yang mendaftar, kalian sadar gak, dari 1000 tim yang mendaftar, 999 tim harus pulang dengan kekecewaan, dan hanya 1 yang merasakan sukses.

Kesimpulan :

Gaming is not a crime. Bukanlah sebuah kejahatan untuk menjadi Professional Gamer. Tapi, jalan untuk menjadi Professional Gamer yang established tidak mudah. Akan ada banyak tantangan, kesulitan, dan kegagalan yang menanti di depan anda. Memang tidak salah mengambil jalan untuk menjadi professional gamer, namun yang perlu anda ketahui, bahwa menjadi professional gamer akan menjadi pilihan yang beresiko untuk masa depan anda.

“Anda bisa menjadi kebanggan bangsa dan Negara, namun juga bisa menjadi blunder dalam hidup anda yang malah jadi buang-buang masa produktif anda.”

 

PLAY HARD, GO PRO!! – Edwin Nextwins