in , ,

4 Perbedaan Paling Signifikan antara PUBG Mobile dengan Versi PC

Popularitas PUBG memang melesat cepat baik di komunitas, industri gaming, dan esports. Hanya berselang 1 tahun setelah versi PC nya dirilis (yaitu tanggal 23 Maret 2017), PUBG sudah keluar versi mobile-nya.

Namun, kemudian munculah pertanyaan apa saja perbedaan antara PUBG versi PC dengan versi mobile? Untuk itu, ijinkan kami menjawab pertanyaan tersebut dengan menjelaskan beberapa perbedaan paling signifikan antara PUBG mobile dengan versi PC.

PUBG

1. Gratis vs Berbayar

Perbedaan ini mungkin memang dapat terlihat sekilas pandang. Namun, jika ditelaah lebih jauh, ada banyak perbedaan signifikan karena sistem bisnis keduanya.

Saat artikel ini ditulis PUBG versi PC dibanderol dengan harga Rp.200K di Steam. Sedangkan PUBG Mobile bisa diunduh dan dimainkan gratis lewat Google Play.

Perbedaan pertama yang bisa langsung terlihat jelas karena perbedaan sistem bisnis antara keduanya adalah PUBG Mobile menawarkan lebih banyak skin ketimbang PUBG versi PC, meski PC nya sudah dirilis 1 tahun lebih dulu.

PUBG Mobile

Buat yang suka bersolek di dalam game, tentunya hal ini jadi keunggulan buat PUBG Mobile. Namun demikian, inti dari perbedaan antara gratis dan berbayar ini jauh lebih panjang dari soal skin.

Skin di PUBG Mobile lebih cepat dan lebih banyak karena mereka menggunakan sistem bisnis free-to-play. Jadi, mereka harus bisa menjual lebih banyak in-game item. Faktanya, game adalah produk industri yang harus mendapatkan laba jadi game-game free-to-play harus lebih agresif dan kreatif dalam mencari profit.

Image Courtesy: Press-Start

Jadi, bukan tidak mungkin nanti akan ada banyak item-item in-game yang akan dijual di PUBG Mobile, seperti sistem gacha dan mekanisme ‘VIP member’ (yang sering ditemukan di game-game gratistan.

2. Lebih Gampang?

Karena dirilis di platform yang lebih terbatas, PUBG Mobile memberikan fitur-fitur yang lebih memudahkan pemain di dalam game. Misalnya saja seperti fitur auto-aim. Tanpa fitur auto-aim, bermain game shooter di layar sentuh itu layaknya makan nasi pakai lauk kecap… wkwkwkwk

Selain itu, ada juga fitur looting dan memasangkan attachment senjata secara otomatis di versi mobile-nya. Ada juga juga tampilan angka yang menunjukkan jumlah pemain yang belum terjun saat kita masih di pesawat. Hal ini juga akan memudahkan karena kita bisa memprediksi di daerah mana banyak pemain akan mengawali permainan.

Ada juga UI dan Minimap di layar yang menunjukkan arah suara tembakan di versi mobile. Di versi PC nya, kita harus mengenakan headset jika ingin lebih jelas mengetahui dari mana musuh kita berasal.

3. Target Pasar yang Berbeda

Satu hal perbedaan lagi yang bisa dilihat kasat mata adalah tampilan grafis yang jauh berbeda. Ada banyak detail grafis, seperti tekstur, model bangunan, dan kawan-kawan lainnya yang hilang di PUBG Mobile.

Hal ini sebenarnya juga tak bisa dihindari mengingat PUBG versi PC memang menuntut spek yang cukup tinggi sedangkan versi mobile-nya memang dirancang untuk bisa dimainkan di semua perangkat Android dan iOS.

Dari soal spek, detail grafis, dan sejumlah fitur memudahkan yang kami jelaskan di nomor 2, kesimpulan yang bisa ditarik adalah keduanya memang mengincar pasar yang berbeda.

PUBG versi PC lebih melirik ke game-gamer hardcore ataupun intermediate karena dibutuhkan komitmen dari para pemainnya untuk membeli gamenya dan memiliki perangkat yang mumpuni untuk memainkannya, dari soal jeroan PC nya sampai peripheral seperti headset misalnya.

Sedangkan PUBG versi mobile lebih mengincar pasar casual karena bisa dimainkan gratis dan mendukung lebih banyak perangkat Android dan iOS dari yang murah sampai yang mahal.

Imbasnya apa dari perbedaan target pasar antar keduanya? Imbasnya ada di orang-orang yang akan kalian temui di 2 game ini. Jika kalian memang lebih suka bertemu dengan sesama gamer hardcorelebih baik kalian main di PC.

Sebaliknya, jika kalian lebih memilih untuk bersenang-senang tanpa banyak komitmen, PUBG Mobile mungkin lebih cocok untuk kalian.

4. Esports Scene

Image Courtesy: ESL

Satu perbedaan signifikan yang menurut kami tak boleh dilupakan adalah dari soal esportsnya. Kenapa? Karena ajang kompetitif bisa jadi tujuan akhir dari kita bermain. Tanpa ada turney, permainan kita tak akan ada tujuannya selain untuk bersenang-senang.

PUBG versi PC, meski memang tak seramai di luar sana, sudah jelas ada turney dan scene esportsnya. Di luar sana, ESL sendiri sudah kerap mengadakan ajang kompetititf untuk PUBG. Indonesia juga punya Aerowolf Organizer yang rajin mengadakan turnamen untuk PUBG PC, seperti turnamen Run ‘N’ Gun yang diadakan di akhir Maret 2018 lalu.

supernayr aerowolf
Supernayr, jagoan PUBG dari Indonesia yang bergabung bersama Aerowolf. Image Credit: Aerowolf Pro Team

PUBG Mobile belum jelas kabarnya apakah mereka akan menggelar turnamen untuk game ini nantinya. Developer sekaligus publisher-nya, Tencent memang di Tiongkok sana dikenal cukup aktif untuk menggelar turnamen untuk Kings of Glory (versi China untuk Arena of Valor) namun belum ada kabar apapun tentang turnamen PUBG Mobile di luar ataupun di Indonesia.


Itu tadi 4 perbedaan paling signifikan yang mungkin bisa jadi pertimbangan besar sebelum kalian menginvestasikan waktu dan uang ke salah satu game.

Jadi, kalian pilih yang mana?

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…