[Part 1] Edwin Nextwins : Tips Membangun Tim yang Solid

Yo whatsup sobat RevivaL!

Edwin Nextwins, manajer sekaligus coach dari Team Endeavour389 berbagi pengalamannya tentang bagaimana cara membangun tim yang solid menurut pandangannya.

Selamat membaca !:)


Ada banyak proses yang harus dilewati untuk membangun sebuah tim yang benar-benar solid. Diantaranya adalah sebagai berikut :

ATTITUDE

Ini adalah fondasi dasar sebuah tim, dan sebagaimana kita ketahui, fondasi adalah bagian paling penting dalam sebuah bangunan . Demikian juga pada saat membangun tim. Jika kalian pernah bertanya pertanyaan-pertanyaan seperti : “Bagaimana membangun tim yang solid?” ; “Bagaimana agar tim gak bubar ketika kalah?” ; “Bagaimana mengatasi teman yang keras kepala?”, mungkin ini adalah jawabannya.

Saya selalu menekankan kepada setiap member dalam tim yang bermain bersama saya, tim yang bermain bersama saya tidak hanya berteman di dalam game saja. Artinya, kami tidak hanya berhubungan sebatas dalam lingkup latihan, briefing, tanding, dan lain lain.

Sebuah tim harusnya bekerja seperti layaknya sebuah keluarga. Sesama anggota tim harus memperlakukan teammate nya seperti keluarga mereka sendiri. Sehingga tercipta keharmonisan yang baik di dalam team dan mencegah seringnya player yang mengundurkan diri atau pindah ke team lain.

Untuk bisa mempraktekkan hal tersebut, hal yang paling penting ketika kita merekrut player bukan lagi SKILL atau GAMEPLAY atau PENGALAMAN atau apapun itu, tapi hal paling penting adalah ATTITUDE!! Player cupu bisa jadi jago asal dia niat dan mau belajar, tapi player dengan attitude buruk akan sulit untuk diubah. Artinya ATTITUDE > SKILL!

Lebih disarankan untuk kalian bermain bersama teman dekat kalian sendiri, yang udah ada chemistry dan kekompakannya, juga sudah saling mengenal karakter satu sama lain.

VISI DAN MISI

Setelah menemukan playerplayer yang sesuai, tahap selanjutnya adalah diskusi tentang visi dan misi tim tersebut. Sejauh mana visi mereka dalam bermain game, apakah hanya untuk having fun atau untuk berkompetisi regular, ataukah untuk menjadi juara nasional, atau untuk menjadi juara dunia? Ini adalah hal yang penting dalam fondasi dasar sebuah tim.

Jangan sampai ada 4 player yang ingin juara dunia, dan 1 player yang hanya ingin having fun. Hal ini untuk menghindari adanya kekecewaan ketika ada member yang tidak serius dalam berlatih atau kurang semangat dalam latihan. Alangkah lebih baik jika semua player memiliki visi yang sama, apakah itu untuk having fun atau untuk serius. Karena topik dari pembahasan kita adalah PLAY HARD GO PRO, maka akan lebih baik jika kita satukan persepsi kita, visi dan misi yang kita bahas adalah menjadi juara dunia.

KOMITMEN

Commitment means staying loyal to what you said you were going to do long after the mood you said it in has left you. Jangan ngomong doang mau juara nasional tapi latihannya seperti orang yang hanya having fun. Biasanya setelah baru bentuk tim, si player akan sangat berapi-api nunggu kapan waktu latihan, namun ketika menemui masalah masalah seperti, gagal berkali kali dalam tournament, atau kalah dibantai terus waktu latihan, atau apapun itu, si player akan menjadi malas dan jenuh untuk latihan. Untuk mengatasi hal ini, lebih baik dengan mengingat kembali mimpi yang mau dicapai sejak pertama kali memutuskan untuk terjun ke dunia e-Sports.

Akan ada banyak kegagalan, kekalahan, pertengkaran, dan hal-hal negatif lainnya yang akan kalian hadapi. Tapi kekompakan sebuah tim itu diukur ketika mereka mengalami kekalahan atau masalah kan? Bukan ‘masalah apa yang dihadapi’ yang menjadi tolak ukur kekompakan tim, melainkan ‘bagaimana tim tersebut mengatasi masalah yang dihadapi’.

Tidak ada tim yang tidak pernah kalah, yang membedakan adalah bagaimana setiap tim mengatasi kekalahan tersebut. Apakah kalian belajar sesuatu dari setiap kekalahan? Apakah kalian belajar setiap kali kalian kalah dalam sebuah pertandingan? Atau apakah kalian belajar setiap kali kalah dalama sebuah latihan? Atau apakah kalian belajar sesuatu setiap kali kalah dalam sebuah round?

Tidak ada hal yang sia sia dalam kekalahan. Tapi apakah ada hal yang bisa kalian pelajari dari kekalahan tersebut yang bisa membuat tim kalian menjadi lebih baik?

Pada saat saat seperti inilah komitmen kalian diuji. Apakah kalian mau kembali mengejar mimpi kalian ketika kalian tersadar seberapa jauhnya kalian saat ini untuk mencapai mimpi kalian? Apakah kalian tetap mau mengejar mimpi kalian ketika latihan terasa sangat membosankan? Apakah kalian mampu latihan dengan serius, walaupun mood lagi jelek? Kalau kalian ragu, lebih baik kalian lupain mimpi kalian untuk menjadi juara, karena nanti ujung2nya kalian cuma buang-buang masa produktif kalian aja.


 

Lanjut ke Part 2