in

Para Mantan Atlet ini Investasi di Esports!

Excited for our 2 new @DOTA2 Esports teams!!! @Team_VGJ https://t.co/KSTLaJa2q1

— Jeremy Lin (@JLin7) September 6, 2017

Jeremy Lin baru saja mengumumkan menambah squad Dota 2 VG.J menjadi 2 Tim di Twitter. Team VGJ merupakan subdivisi Tim Vici Gaming yang di endorse dan melibatkan Jeremy Lin sebagai “honorary captain”.

Hal ini membuat kemungkinan Jeremy untuk terlibat langsung bersama Tim Dota 2 bertambah, mengingat sebelumnya squad VG.J ini hanya berbasis di China, dan Tim baru ini berbasis di Amerika Serikat dan akan meramaikan North America Dota.

Namun Jeremy Lin sebenarnya bukanlah satu-satunya Atlet yang tertarik di  Esports, beberapa nama dalam list  ini adalah mereka yang berinvestasi dan terlibat langsung di Esports :

1. Shaquille O’Neal

Siapa tidak kenal Shaq?

Shaquille O’Neal merupakan NBA Hall of Famer, 4 Times NBA Champion dan terkenal dengan gaya ikoniknya sebagai salah satu Big Man paling dominan sepanjang sejarah NBA. Tertarik dengan cepatnya pertumbuhan Esports terutama di Amerika, Shaq memutuskan melakukan Investasi di Esports.

Shaq saat ini merupakan co-owner dari NRG Esports. Dilaporkan pada 19 Maret 2016, Shaq menjadi salah satu pemegang saham mayoritas di NRG dan menjadikannya salah satu advisor (penasehat) angka investasi yang dilakukan Shaq tidak dirilis kepada publik, namun antusiasme Shaq sangat terlihat terutama saat NRG mencari Tim Overwatch untuk diakuisisi.

Shaq juga beberapa kali terlibat dalam broadcast langsung ELEAGUE dan merupakkan salah satu fans dari fighting game Street Fighters. Saat ini NRG Esports mempunyai roster di CS:GO, Rocket League Hearthstone, Overwatch, For Honor, Smash, Smite, Vainglory dan World of Warcraft. NRG saat ini berbasis di California.

2. Rick Fox

Rick Fox sama seperti Shaq, Ia pernah bermain untuk Los Angeles Lakers dan memenangkan 3 Gelar juara NBA namun Rick Fox memegang role yang lebih dalam di organisasi Echo Fox. Dan Rick Fox bisa jadi adalah sosok yang menginspirasi para atlet untuk membuka mata terhadap potensi Esports.

Rick Fox adalah seorang warga negara Kanada yang sebelumya merupakan pemain basket NBA, Aktor yang juga saat ini juga menjadi salah satu pemegang saham mayoritas untuk Tim Echo Fox. Berbeda dengan Shaq, Rick justru sering terlihat bersama tim League of Legends Echo Fox, melakukan pendekatan yang lebih turun ke langsung ke para pemain Echo Fox dan memberikan motivasi dan juga wejangan bagi mereka. Rick Fox juga tidak ragu untuk bermain dan banyak video di youtube yang memperlihatkan betapa antusiasnya Rick untuk Esports terutama League of Legends.

Rick sendiri merupakan salah satu selebritis pertama yang melakukan Investasi di Esports, karena melihat putranya Kyle Fox sangat tertarik dengan League of Legends dan Esports, lalu saat menonton salah satu pertandingan LoL Rick memutuskan untuk melakukan investasi dan mempelajari Esports, mendekatkan diri dengan dunia professional gaming yang diminati putranya.

Echo Fox saat ini menjadi organisasi gaming yang memiliki Nilai valuasi tinggi. Dengan tim di League of Legends, Call of Duty, Street Fighter, Vainglory hingga H1Z1 dan masih banyak lagi.

3. Magic Johnson

Earvin “Magic” Johnson adalah satu lagi legenda LA Lakers yang tertarik pada Esports, Magic melakukan investasi melalui investment group bernama aXiomatic. Kemana uang Magic Johnson mengalir?

Tak lain dan tak bukan, aXiomatic saat ini menjadi pengontrol saham utama untuk Team Liquid sang juara TI7, bersama dengan Pemilik Golden State Warriors Peter Guber, Magic Johnson menjadi salah satu nama besar yang membuat Esports menjadi lahan investasi yang layak dilirik.

Magic diketahui tidak terlibat secara hands-on namun menjadi penasehat di belakang layar untuk para founder Team Liquid. Dan Magic juga nampaknya menyampaikan ucapan selamat secara khusus kepada Kuroky dkk pasca TI7 kemarin.

Congrats to my eSports team @Teamliquid, the official 2017 World Champions in @Dota2. What a great victory at #T17 in Seattle! #letsgoliquid

— Earvin Magic Johnson (@MagicJohnson) August 14, 2017

Pembangunan fasilitas baru Liquid di Amerika juga merupakkan salah satu hasil dari investasi aXiomatic Group. Membuat Team House Liquid di Home mereka (Amerika Serikat) menjadi semakin profesional dengan sistem Tempat Latihan terpisah yang dikelilingi oleh Tempat tinggal para pemain Team Liquid.. Meskipun tim Dota 2 mereka akan tetap menghuni Team House Liquid di Belanda.

4. Alex Rodriguez

Alex “A-Rod” Rodriguez adalah salah satu nama besar di dunia Baseball terutama untuk mereka fans New York Yankees.

Bersama dengan Shaq, Alex Rodriguez menjadi Investor dan penasehat untuk NRG, Alex sendiri diketahui tertarik sejak akhir kontraknya bersama New York Yankees. Melihat Esports semakin berkembang Alex Rodriguez bersama dengan beberapa pemain Baseball lain (Jimmy Rollins dan Ryan Howard) memutuskan untuk menjadi investor untuk NRG Esports.

Tadi hanya 4 nama mantan atlet saja yang kita bahas telah terjun ke esports, sebenarnya masih banyak lagi. Misalnya Gordon Hayward dari Boston Celtics yang merupakkan penggemar League of Legends dan Blake Martinez Lineman untuk Green Bay Packers yang merupakan fans berat Evil Geniuses dan Synderen (LUL). Serta banyak atlet-atlet yang menghabiskan waktu senggang mereka untuk bermain game yang mungkin dilewatkan di tulisan ini.

Selain itu salah satu momen ikonik tahun ini adalah bagaimana legenda Sepakbola Ronaldo Da Lima bertemu dengan sosok ikon League of Legends Faker di Mid Season Invitational Brazil. Seolah membuka mata dunia bahwa Esports dapat menjadi sesuatu yang mainstream.

Dalam 3-10 Tahun dari 2017, Mungkin dengan banyaknya investasi dan nama besar yang terlibat, Esports akan menjadi salah satu cabang Olahraga dan Hiburan terbesar di dunia, The Future is now.



Written by Rudi Hartanto

Dota 2 Coaching Specialist, Esports Historian.