in ,

Revival’s Special: Ngobrol Bareng Owljan, Manajer BOOM.ID, tentang Peran Manajer Tim Esports

Dokumentasi: Owljan

Di balik gemerlap panggung pertandingan dan gagahnya para pemain profesional, ada banyak orang di balik layar yang tak kalah penting untuk memastikan sebuah tim dapat terus bertahan.

Salah satu dari orang-orang di balik layar itu adalah sang manajer tim. Sosok ini merupakan elemen penting dalam berkerjanya sebuah organisasi esports, selain pemain dan pemilik tim tentunya.

Ngobrol Bareng Owner / CEO BOOM ID: Tentang Predator League, Geek Fam, dan BOOM ID

Yup, kali ini kita akan berbicara soal manajer tim esports. Seorang manajer bertanggung jawab sebagai individu yang harus mengelola sebuah tim agar tim tersebut dapat menghasilkan capaian yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Kali ini kita berbincang-bincang dengan seorang manajer dari tim besar asal Indonesia, BOOM ID, Marzarian Ojan “Owljan” Sahita.

Dia akan membagikan pengalamannya sebagai seorang manajer di industri esports hingga memberikan saran bagi kalian yang mungkin tertarik mengambil karir sebagai manajer esports.

Dokumentasi BOOM ID

Apa saja sih job description seorang manajer di BOOM ID?

“Saat ini BOOM memiliki 4 divisi yang mana seluruh divisinya memiliki manajer masing-masing. Kalau job desc, sesuai namanya, tugasnya mengatur seluruh tetek bengek tim, mulai dari pendaftaran di sebuah event sampai claim hadiah pasca event. Selain itu manager juga bertugas untuk mengatur seluruh jadwal pertandingan, latihan, dan bahkan jadwal untuk event-event non-kompetitif.

Kewajiban lain dari manajer di BOOM ID juga sebagai penengah antar personal di BOOM ID sekaligus penghubung antara player dan pihak management. Tapi saat ini gua bertanggung jawab buat divisi CS:GO. dan gua juga ngerjain beberapa hal yang gak dikerjain manager di divisi lain.”

Bagaimana suka dan duka menjadi seorang manajer di BOOM ID?

“Hahahaha, gua mulai dari dukanya dulu deh.” tawa Ojan ketika pertanyaan ini diajukan. “Duka gua yang paling utama ya, gua harus rela ambil cuti kuliah buat ngejalanin peran gua sebagai manajer full time di BOOM ID.

Jadi kurang leluasa juga masalah waktu. Karena selain tugas pokok di divisi CS:GO, gua juga dipercaya buat ngurusin masalah sponsor. Selain itu gw juga merangkap sebagai designer, teknisi, dan mengawasi seluruh divisi yang ada di BOOM ID, dengan bantuan dari para manajer di BOOM ID tentunya. Shoutout buat Vale, Brando & Andy.

Fbz Join BOOM.ID, Selangkah Lagi IYD Say Goodbye?

Kalau sukanya ya salah satu cita-cita gua tercapai, jadi bagian dari tim professional di Indonesia. Dan bisa dibilang gua juga ikut merintis organisasi ini, jadi ada kepuasan tersendiri melihat BOOM ID yang sekarang bisa sampai sebesar ini.”

Bagaimana respon orang tua terkait profesi sebagai Manajer BOOM ID?

“Kebetulan orang tua gua tipe yang membebaskan apapun yang anak-anaknya lakukan selagi jauh dari hal-hal yang negatif. Jadi mereka ngedukung-ngedukung aja, paling ya mereka ngingetin buat cepet nyelesaiin kuliah aja, hahaha.

Apalagi papa, dia udah tau kalau gw emang demen nge-game dari dulu, bahkan dulu karna sering lupa makan, beliau yang nyuapin awkkawk.” tawa Ojan.

Ojan (paling kiri) dengan tim BOOM ID di IGC 2017, Source: BOOM ID

Ada masukan / saran untuk para pembaca yang mungkin ingin menjadi manajer tim esports?

“Kalau mau jadi manager ya harus punya dedikasi. Harus open minded dan mau selalu belajar. Karna seperti yang gua sebutin tadi, manager itu gak cuma berkutat sama sesuatu yang konkrit kaya jadwal, tapi nantinya juga harus bisa mecahin masalah-masalah yang berkaitan sama personal setiap orang di dalam tim.

Belajar ngatur tim kecil-kecilan aja dulu, mungkin dari tim sendiri misalnya. Belajar untuk mau berteman dengan siapapun, karena nantinya dalam tim juga bakal ngadepin banyak anggota dengan latar belakang yang berbeda-beda. jadi harus bisa ngimbangin dan mengerti mindset masing-masing supaya lebih gampang ngebina hubungan antar personal.” Tutup Ojan.

Diedit oleh Yabes Elia

Beginner Content Writer. Esports for News and Life. Rise with Words.
Seeking the proper way to enjoy words in writing.

Chelsea FC fans, Virtus.pro fans and Tofu-Tempeh Eater.
For business inquiries: yubianasfar@yahoo.com

What do you think?

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…