in , ,

Inisiatif Organisasi Resmi & Legalitas Atlet Esports Sim Racing

Sumber, GT-SIM ID Facebook

Melihat komunitas sim racing terus mengadakan event selama hampir setahun, walau beberapa anggota terus bermain dan mengejar prestasi internasional.

Sebuah pemikiran besar dari komunitas Sim Racer Indonesia (SRI) untuk membentuk organisasi resmi simulasi balap di Indonesia. Bukan hanya mencari popularitas genre game tersebut, tetapi sebuah langkah lebih jauh. Berikut beberapa hasil wawancara, di lokasi rapat organisasi IMI.


Organisasi Simulasi Balap, IMI, dan FIA

Organisasi Simulasi Balap
IMI, Sumber Carvaganza

Siapa Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Federation Internationale de l’Automobile (FIA), organisasi yang bertugas mengelola motorpsort. Jika IMI di Indonesia, maka FIA adalah global, dan IMI adalah National Sporting Authority (ASN) resmi yang ditunjuk oleh FIA untuk Indonesia.

Tugas organisasi IMI adalah mengatur jika ada event perlombaan internasional dan nasional di Indonesia yang terkait dengan motorsport.

Organisasi simulasi balap di Indonesia sampai saat ini belum mempunyai nama secara resmi karena saat ini sedang digodok, dari perencanaan sampai kepengurusan. Organisasi ini nantinya akan berada di bawah bendera IMI yang secara langsung berhubungan dengan FIA.


Organisasi Simulasi Balap, Legalitas Pemain?

Organisasi Simulasi Balap

Legalitas? Ya, legal secara hukum dan dilindungi. Selain mereka mendapatkan hak mereka juga harus menaungi kewajiban. Saya sempat mewawancarai Pak Indra Eryanto dan Pak Arwin Taruna selaku inisiator dan konseptor organisasi simulasi balap.

Beliau mengatakan, para pemain nantinya akan dibekali kartu lisensi digital simulasi pembalap, kartu digital ini akan menjadi kunci mereka untuk mengikuti event perlombaan yang terdaftar di organisasi.

Peran kartu ini tidak hanya menjadi kunci, tetapi mereka memperoleh perlindungan sebagai hak mereka. Seumpama dalam perlombaan terjadi insiden, maka pihak penyelenggara dan organisasi akan bekerjasama menyelesaikan insiden tersebut.

Organisasi Simulasi Balap
Tim Mclaren Shadow, Sumber Mclaren

Bagaimana jika seorang pemain yang mempunyai kartu digital ini tidak melaksanakan kewajiban atau melakukan tindakan curang? pemain tersebut akan dikenai sanksi sampai penghapusan kartu lisensi tersebut.

Jika pemain tersebut ingin mendapatkan lagi maka akan ada pertimbangan dari organisasi. Hal – hal tersebut diakui untuk menjaga profesionalisme dalam simulasi balap.

Tanggapan positif didapat dari beberapa pemain simulasi balap, seperti Raditya Indra atau Dito pernah menjadi finalis GT Academy. Dito mengungkapkan dengan kartu lisensi digital dirinya berencana membuat tim simulasi balap, hal ini pun diakui sangat membantu dalam persyaratan tim.


Penyelenggara Event dan Dukungan Sponsor

organisasi simulasi balap
Event Formula E, Sumber FIA Formula E

Dari sisi penyelenggara event perlombaan Arwin melanjutkan, mereka harus memperoleh izin dari organisasi simulasi balap. Mereka akan mendapat keuntungan bahwa event mereka terdaftar dan legal di bawah naungan organisasi yang terhubung dengan IMI ungkapnya,

Memang pada awalnya sedikit merepotkan, akan tetapi hal ini menjadi keuntungan pihak penyelenggara untuk mendapatkan sponsor. Pihak sponsor akan melihat bahwa ini adalah event bersifat resmi.

GT Championship Bersertifikat FIA, Sumber Playstation Blog

Para pemain simulasi balap dari luar negeri yang akan mendaftar pada sebuah event balap simulasi resmi. Mereka akan lebih yakin dan tahu bahwa penyelenggaraan lomba adalah event resmi yang memiliki kredibilitas dan referensi yang mengacu pada standar balap di dunia nyata.

Satu sisi pihak penyelenggara event bisa go internasional, player bisa bertanding dengan para pemain dari luar negeri, dan pihak sponsor akan mendapatkan eksposure di internasional. Dengan ini tidak menutup kemungkinan penyelenggaraan internasional bisa di Indonesia secara resmi.


Tantangan Pembuatan Organisasi Simulasi Balap

organisasi simulasi balap

Saat ini tantangan yang dihadapi adalah timing. Diharapkan momen ini merupakan tonggak awal bangkitnya esports simracing. Di samping itu tantangan juga untuk membentuk kepengurusan dan pembuatan AD/ART bagi organisasi agar dapat mengakomodasi kebutuhan pihak-pihak yang terlibat.

Sikap dari Pak Indra dan Arwin sendiri sangat ingin merangkul seluruh pihak yang ada pada industri simulasi balap agar dapat maju bersama.

organisasi simulasi balap
Sumber Facebook IMI

Semoga kedepannya dengan terbentuknya organisasi simulasi balap Indonesia ini menjadi dasar dan pintu pembuka untuk profesionalisme dalam penyelenggaraan lomba dan pemain simulasi balap.

Diedit oleh Yubian A. Huda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…