in ,

Pro Player? Ini Loh 4 Kiat untuk Menjaga Nilai Jual Kalian!

Hidup sebagai pro player memang sulit. Menjaga performa, memperbaiki gameplay, membangun chemistry, dsb. Ditambah, mereka bermain di dalam satu tim din bawah sebuah bendera suatu tim, bukanlah hal yang mudah. Namun, dari sekian banyak hal, menjaga nilai jual adalah yang tersulit.

Tak bisa dipungkiri, menjadi pro player tidak bisa dibawa ke masa tua. Jarang sekali atau mungkin tidak ada pro player di usia senja yang masih produktif. Jikapun ada, tentunya tidak seperti masa muda dulu.

Baca ini: SilverSnipers: Tim CS:GO dari Swedia yang Berisi Pemain Berumur 62-81 tahun!

Nah, lantas bagaimana ya caranya untuk para pro player yang masih produktif untuk tetap menjual saat mungkin jari-jari sudah tak selincah dulu. RevivaLTV sudah merangkumnya di bawah ini:

  1. Buatlah Perusahaan
    Mungkin hal ini terdengar berat, namun hal ini menjadi begitu penting dewasa ini. Dengan membuat perusahaan, tentunya sama saja dengan investasi. Di beberapa tahun ke depan, kalian dapat menggunakannya. Selama sebuah perusahaan dipergunakan dengan baik, tentunya hal ini juga akan membantu bagaimana kalian memisahkan uang pribadi dan uang dari karier profesional.
    Ajak beberapa teman lain yang juga merupakan teman profesional kalian jika kalian tidak terlalu paham dengan konsep ini. Saat kalian memiliki sebuah perusahaan, meskipun kecil, hal ini akan membuat kalian tetap dinilai sebagai salah satu asset esports. Meskipun sudah bukan seorang pemain lagi.
  2. Simpan dan Investasikan
    Banyak tim-tim esports tidak terlalu peduli dengan hidup para pemainnya di beberapa tahun mendatang. Mereka membayar untuk saat ini, bukan untuk masa tua. Jangan harapkan ada uang pensiun pastinya.
    Lantas, mulailah kumpulkan setiap rupiah yang kalian dapatkan dari gaji maupun dari hadiah saat menjadi juara. Lambat laun, hal ini yang akan menjadi “penyelamat” kalian. Apalagi jika kalian tidak memiliki keahlian lain selain bermain game dan menjadi yang terbaik di sana. Jika perlu, sewa seorang perencana keuangan maupun akuntan tentang bagaimana berinvestasi yang baik dan benar.
  3. Cek Lagi Kontrak Kalian
    Hal paling mendasar yang harusnya setiap orang jeli serta teliti. Meskipun kontrak berisikan kesepakatan 2 pihak atau lebih, terkadang suatu kontrak cenderung menguntungkan salah satu pihak yaitu si pembuat. Jangan sampai terkecoh!
    Pastikan isi kontrak ini sesuai dengan apa yang kalian harapkan. Jangan segan untuk meminta perubahan pada kontrak jika dirasa kurang atau bahkan tidak berpihak pada kalian.
  4. Buat Branding Diri Sendiri
    Seluruh orang tahu kalian merupakan pro player, tahu kalian merupakan anggota dari tim A. Tapi setelah karier sebagai pro player usai, akankah orang-orang masih mengenal, mengingat diri kalian? Apapun alasannya, iya atau tidak, kalian tetap butuh branding. Hal inilah yang nantinya juga bisa menjadi mata pencaharian kalian selanjutnya.
    Dengan branding yang baik, apapun yang kalian lakukan selanjutnya akan lebih mudah. Karena setiap orang paham, siapa diri kalian setelah sekian lama. Hal tersebut yang kemudian bisa kalian “jual.”

Jadi, apakah kalian sudah melakukan 4 hal di atas saat ini? Jika belum, yuk mulai sebelum terlambat. Kalian mungkin menjadi pro di sebuah game, namun kalian bisa jadi seorang noob saat bersentuhan dengan sebuah bisnis ataupun masa depan setelahnya.

Beberapa mungkin mendapatkan saran dari keluarga dan kerabat serta teman dekat, namun beberapa yang lain mungkin tidak. Kalian besar di sebuah era digital, dan mengembangkan sebuah kerajaan digital merupakan salah satu hal yang paling dekat dan mungkin dicapai, bukan? Tapi tetap saja, jika dirasa membutuhkan bantuan, jangan sungkan untuk bertanya dan meminta sedikit saran dari yang lebih ahli.

Good luck, our friend!

Written by Higsweart Benetz

Cinta luar angkasa. Bermimpi jadi Astronaut. Hidup untuk menulis. Lantas membaca apapun dengan nada. Rutin mencium harumnya combo Nasi Goreng dan Air Putih. Dan mencari apapun yang berwarna biru.

In love with Aimer, Ailee, and Raisa. Also Chelsea FC, Boston Celtics, and Team Secret.

Share the day after day on Instagram @higs44.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…