in

Ajang Kompetitif Platform Mobile Kian Ramai dengan Motorola Masuk Esports

Modern Combat 5 Blackout dari Ubisoft

Motorola Swedia bekerjasama dengan ESL Nordic mengadakan turnamen kolaboratif yang diberi nama MSPORT NATIONALS. Kompetisi esports mobile ini akan menyuguhkan total hadiah sebesar US$10K dan akan dimasukkan dalam ajang final Dreamhack Winter di bulan Desember 2017.

Game-game yang akan diperlombakan di MSPORT NATIONALS ini meliputi Hearthstone, Power Rangers: Legacy Wars, dan Modern Combat 5. 4 babak qualifier akan diadakan bulan November di ESL Play (yang merupakan online gaming platform miliki ESL Nordic).

Moto Gamepad

Berhubung kerjasamanya dengan Motorola, turnamen ini juga akan jadi showcase Moto Gamepad: sebuah perangkat yang menambahkan D-Pad analog dan joystick untuk smartphone yang diklaim dapat membuat game jadi lebih nyaman dimainkan.

Joakim Liljedahl, Nordic Marketing Manager untuk Motorola dari Lenovo memberikan komentarnya, seperti yang dikutip oleh Esports Observer.

“Smartphones are becoming increasingly powerful, making them eligible even as a gaming platform. I truly believe that Moto Z2 Force, in combination with Moto Gamepad, makes out the best mobile gaming experience in the world.”

Satu hal yang menarik dari turnamen ini adalah pilihan game-game yang dipertandingkan.

Hearthstone mungkin wajar saja dipilih mengingat gamer-gamer US dan EU memang lebih sesuai dengan pangsa pasarnya Blizzard. Namun 2 game lain yang ada di turnamen ini memang tidak populer dengan pasar Indonesia.

Arena of Valor sebenarnya dimasukkan ke dalam salah satu turnamen ESL namun ia tidak diperlombakan di sini. Vainglory dan Clash Royale yang mungkin punya jumlah pemain yang lebih banyak dari beberapa game (bahkan untuk pasar Eropa) yang diperlombakan tadi juga absen.

Bagaimana dengan Mobile Legends yang mungkin bisa dibilang game paling populer di Indonesia saat ini? Menurut data yang kami cari dari App Annie (dengan data per tanggal 1 November 2017), Mobile Legends bahkan tidak masuk rangking 10 besar dalam kategori Free dan Grossing.

screenshot dari App Annie

Mobile Legends sendiri nampaknya memang jauh lebih superior di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Singapura, ketimbang untuk pasar Barat sana.

Kembali ke turnamennya, MSPORT NATIONALS mungkin masih terbilang kecil jika dibanding dengan turnamen-turnamen esports untuk platform mobile lainnya. Namun, semakin banyak pemain industri yang masuk ke esports berarti semakin baik pula peluang masa depan industri esports.

Sumber: Esports Observer

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…