in , , ,

Ketika Korsel Jadi Juara 5 Kompetisi Esports Internasional di Saat yang Sama

Image Credit: Blizzard

Mungkin memang Korea Selatan boleh dibilang sebagai negara dengan iklim esports terbaik di seluruh dunia. Di awal bulan November 2017 ini, tidak tanggung-tanggung, mereka menang di 5 kompetisi esports kelas internasional untuk 5 game yang berbeda.

Maaf jika judulnya sedikit hiperbolis karena mereka memang tidak menang di detik yang sama namun, setidaknya dalam kurun waktu 24 jam, Korea Selatan berhasil membuktikan bahwa mereka memang masih yang paling superior di ajang esports kelas dunia secara umum.

Kelima game dan kejuaraan tersebut adalah:

  • League of Legends World Championship 2017
  • Overwatch World Cup 2017
  • StarCraft 2 World Championship Series 2017
  • Heroes of the Storm Global Championship 2017
  • Heartstone Inn-vitational 2017

Kami sudah menuliskan berita kemenangan Korea Selatan yang diwakili oleh Samsung Galaxy di World Championship 2017 atas SK Telecom T1 (yang juga dari Korea Selatan). Kemenangan ini memang sudah bisa ditebak karena Korsel memang masih sangat superior di LoL selama beberapa tahun terakhir.

image credit: RIOT

Buat yang punya pengetahuan luas soal esports dan industri game secara umum, kawan-kawan pasti sudah bisa mengetahui bahwa 4 game di atas merupakan keluaran Blizzard. 4 kemenangan itupun diraih di kesempatan yang sama, di BlizzCon 2017.

Selain LoL, StarCraft 2 juga mungkin sudah bisa diprediksi sebelumnya. Pasalnya, RTS kompetitif yang kompleks amit-amit ini memang sudah didominasi oleh Korsel bahkan sejak jaman StarCraft pertama – yang jadi salah satu cikal bakal besarnya industri esports.

Lee ‘Rogue’ Byung Ryul yang sudah mengantongi 2 piala ini memang sudah dijagokan lagi sejak turnamen ini digelar. Ia pun berhasil membuktikan dirinya kembali dengan menjadi juara dunia StarCraft 2 tahun ini.

Sedangkan untuk Overwatch World Cup, Korea Selatan berhasil memenangkan pertandingan final (Bo7) dengan skor 4-1 atas tim dari Kanada. Kejuaraan ini memang bukan terbagi atas tim atau organisasi esports namun perwakilan negara. Di posisi ketiga, Swedia berhasil mendapatkan gelar tersebut saat mereka berhasil mengalahkan tim dari Perancis.

Hearthstone mungkin sedikit asing di telinga khalayak ramai di Indonesia namun game ini sebenarnya sangat populer di pangsa pasar barat dan Korea. Di Hearthstone Inn-vitational ini, Grimestreet Grifters (yang beranggotakan Reynad, Kranich, dan Pathra) berhasil mengalahkan Chillblade Crusaders (Rdu, Dog, dan NaviOOT) di pertandingan finalnya (Bo11).

Sedangkan game dan kejuaraan terakhir yang dimenangkan Korsel di ajang Blizzcon ini adalah Heroes of the Storm (HotS) Global Championship. Di kejuaraan HotS ini, MVP Black dan Fnatic bertemu di babak final. MVP Black pun mengalahkan salah satu brand organisasi esports terbesar di dunia tersebut dengan skor 3-1.

Image Credit: Blizzard

Kira-kira kapan ya Indonesia borong piala esports… Hmm, berandai-andai boleh kan…?

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…