in

Komisi Gaming Belgia Anggap Loot Box Sebagai Perjudian!

Baru-baru ini, tersiar kabar aneh dari dunia gaming Belgia yang menganggap bahwa Loot Box merupakan salah satu bagian dari perjudian. Wah, kenapa bisa seperti itu?

Hal ini dimulai dari otoritas gaming Belgia yang mengindikasikan bahwa ada beberapa game yang menerapkan loot box dalam sistem mereka. Tidak ada yang salah sebenarnya, namun otoritas gaming Belgia merasa jika loot box merupakan salah satu hal yang berbau perjudian dalam bentuk yang lain.

Sampai pada akhirnya, ada dua game yang diinvestigasi yaitu Overwatch dan Star Wars: Battlefront 2Kedua game ini memang memiliki sistem Loot Box yang bisa kita miliki dengan cukup mudah untuk mendapatkan item-item dalam game tersebut.

Game of chance istilahnya, hal inilah yang membuat loot box dianggap ilegal dan menjadi salah satu tindak perjudian. Di Belgia, tindakan perjudian memang dilarang keras. Di negara ini juga kegiatan gaming diawasi cukup ketat.

Blizzard dan EA sendiri setuju jika sebenarnya sistem loot box ini bukanlah seatu perjudian, mereka hanya ingin memberikan konten dalam hal ini item untuk para pemainnya dengan cara yang mudah dan murah. Namun EA kemarin sempat membuat keputusan berani dengan membuat salah satu item di game Star Wars: Battlefront 2 bisa terbuka dengan menghabiskan uang sebesar USD 60. Mendapatkan pertanyaan di Reddit, jawaban dari EA langsung mendapatkan lebih dari 600 ribu downvotes.

ea reddit most downvotes

Hal di tas juga membuktikan bahwa grinding atau farming sepertinya tetap menjadi primadona dibanding harus langsung mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup banyak.

Sikap dari komisi gaming Belgia ini memang bisa menjadi hal yang fatal untuk game-game tersebut, bisa jadi berefek panjang. Namun, sepertinya developer tersebut sebaiknya tidak perlu untuk mendengarkan permasalahan di satu negara saja mengingat game yang mereka buat adalah game skala global.

Selain 2 game tersebut, sebenarnya game-game lain seperti CS:GO, Heartstone, maupun League of Legends.

Baca: CSGOROLL Asian Master, Turnamen Esports Garapan Situs Betting Pertama di Asia, Diumumkan!

Dan beberapa hari lalu, akhirnya komisi gaming Belgia ini secara resmi melarang loot box ini. Namun parahnya, mereka juga meminta kepada negara-negara lain di benua Eropa juga untuk mengikuti langkah ini.

Loot Boox diklaim akan membawa efek buruk kepada mental para generasi muda ujar salahj satu petinggi komisi gaming di Belgia. Namun, ESRB yang merupakan organisasi pemberi rating untuk game dan software menyatakan bahwa loot box sama saja seperti seseorang yang sedang mengkoleksi kartu.

Menurut kalian, bagaimana dengan tindakan komisi gaming di Belgia ini? Apakah akan berdampak besar nantinya?

Written by Higsweart Benetz

Cinta luar angkasa. Bermimpi jadi Astronaut. Hidup untuk menulis. Lantas membaca apapun dengan nada. Rutin mencium harumnya combo Nasi Goreng dan Air Putih. Dan mencari apapun yang berwarna biru.

In love with Aimer, Ailee, and Raisa. Also Chelsea FC, Boston Celtics, and Team Secret.

Share the day after day on Instagram @higs44.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…