in

Jepang Keluarkan Lisensi Pro Player Mulai 2018?

Lisensi Pro Player merupakan salah satu hal yang penting dalam olahraga. Dalam olahraga tradisional, lisensi biasanya dikeluarkan untuk menunjang karier dari pemain tersebut. Bukan hanya pemain, pelatih-pelatih sepakbola maupun basket juga memiliki lisensi tersendiri untuk memimpin anak asuhannya.

Bagaimana kabar esports? Apakah linsensi sudah menjadi barang wajib untuk esports sebagai salah satu hal yang mendukung status pro player miliknya?

Esports memang sedang dalam proses diakui posisinya. Bahkan di beberapa negara, esports bukanlah sesuatu yang besar saat di negara yang lain esports begitu didukung oleh pemerintah. Silahkan bandingakan antara Jepang dan China. Jepang terlihat kurang peduli dengan esports meskipun banyak tentunya pemuda-pemudi di Negeri Sakura yang ingin menjadi atlet esports. Sedangkan China, negara ini begitu memperhatikan atlet esports di negarannya. Ini juga yang membuat China cukup menguasai banyak “lahan” game di esports.

Usut punya usut, di Jepang ternyata pembatasan dalam game juga esport, Masalah perjudian yang jadi soal, karena berhubungan dengan hukum. Dan pada tahun depan, usaha untuk meruntuhkan batas tersebut hadir lewat beberapa game. Nantinya game-game yang terdaftar di bawah ini akan memberikan lisensi untuk para pro player agar nantinya dapat berkompetisi.

Game game tersebut adalah:

  • Winning Eleven 2018
  • Street Fighter V
  • Tekken 7
  • Puzzle & Dragons
  • Monster Strike

Jadi, bukan pemerintah yang turun langsung memeberikan lisensi untuk para pro player namun game-game yang dimainkan. Hal yang wajar tentunya mengingat dari Jepang sendiri banyak sekali developer game yang mana game mereka cukup hidup untuk menjadi game kompetitif esports di luar negara mereka.

Winning Eleven, dikembangkan oleh Konami. Salah satu game sepak bola terbaik yang sudah ada lebih dari 10 tahun lalu yang mana merupakan versi Pro Evelution Soccer khusus untuk Jepang. Street Fighter 7 dikempangkan Capcom, yang mana sudah menjadi salah satu raksasa game sejak kurang lebih 38 tahun lalu.

Tekken 7 jelas menjadi salah satu yang paling menarik mengingat Bandai yang mengembangkan game ini jelas jauh lebih diperhatikan karena Bandai sudah ada dalam industri gaming sejak tahun 1995. Di saat dua game lain merupakan game mobile yang juga dikembangkan oleh developer asal Jepang.

Dengan hal ini tentunya, membuat beberapa orang yang bergelut di industri game Jepang atau yang lebih khususnya merupakan pelaku esports di Jepang berharap akan Jepang menjadi salah satu pusat kekuatan esports.

Written by Higsweart Benetz

Cinta luar angkasa. Bermimpi jadi Astronaut. Hidup untuk menulis. Lantas membaca apapun dengan nada. Rutin mencium harumnya combo Nasi Goreng dan Air Putih. Dan mencari apapun yang berwarna biru.

In love with Aimer, Ailee, and Raisa. Also Chelsea FC, Boston Celtics, and Team Secret.

Share the day after day on Instagram @higs44.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…