Memasuki Dunia eSports

Wilson Wong

, Guides, Others

Halo sobat RevivaL, pasti banyak kan dari kalian yang ingin terjun ke dunia eSports? Entah menjadi professional player, professional caster, streamer, event organizer, dan lain lain. Di artikel ini, kita akan membahas cara-cara untuk bisa terlibat di dunia eSports, mau itu menjadi pekerjaan full-time atau hanya part-time. Selalu ingat bahwa jalan yang kalian akan tempuh tidak singkat maupun mudah.

Cara yang paling dasar adalah bergabung dengan komunitas game yang kalian mainkan, contohnya Dota 2, League of Legends, Counter Strike: Global Offensive. Game-game tersebut sedang betumbuh pesat dan mulai diakui oleh dunia.

Professional Gamer

Inti menjadi seorang professional gamer adalah tim. Tim profesional yang ingin bekerja keras dan terus berlatih. Mulailah dengan berpartisipasi dalam ajang kecil, dan saat kalian merasa siap dan sudah konsisten, ajang besarlah musuh baru kalian. Namun untuk dapat dikenal oleh tim-tim yang besar, kalian harus memiliki skill yang sudah matang – memiliki Match Making Rating yang tinggi memudahkan kalian untuk diketahui oleh tim profesional, contohnya Miracle- dari Dota 2 yang awalnya merupakan pubstar dengan MMR yang tinggi.

Jika professional gamer hanyalah part-time job, turnamen seperti FACEIT cocok untuk kalian. Dimana tim yang menang akan dihadiahkan poin yang dapat ditukar menjadi barang di dalam game. Lewat turnamen seperti ini, kalian dapat berkenalan dan mulai dikenal oleh gamers lainnya.

Menjadi seorang professional gamer tidak mudah, kalian harus mengorbankan banyak waktu, butuh perjuangan dan dedikasi untuk bisa meraih mimpi kalian.

navirosterSelain Professional Gamer?

Dari pekerjaan seperti analis dan caster, caster-lah yang paling menonjol dari yang lain. Menjadi seorang caster mempunyai banyak manfaat dan bukanlah pekerjaan yang susah maupun gampang. Kalian harus konsisten berkomentar, menganalisa kondisi dalam game, menggunakan kata-kata teknis dan menarik penonton untuk terus mendengar apa yang kalian omongkan. Setiap caster memiliki cara bicara mereka sendiri dan keunikan yang caster lain tidak miliki. Caster yang sudah terkenal dibayar untuk melakukan pekerjaan mereka, dan sering diundang untuk cast turnamen yang penting.casters

Streamer

Jika kalian mempunyai game yang sering dimainkan, koneksi internet yang stabil dan microphone yang bagus, streamer adalah pekerjaan yang cocok. Banyak streamer yang terkenal akan kelakuan mereka yang menghibur para penonton, maupun cara mereka berinteraksi dengan penonton. Situs layanan streaming seperti Twitch, mengizinkan penonton untuk mendonasikan uang bagi para streamer favorit mereka.

Mula-mulanya stream kalian kemungkinan besar akan sepi, tapi lama-kelamaan pasti mulai banyak yang memperhatikan kalian yang konsisten untuk terus streaming.

purgestream

twitch.tv/PurgeGamers

Event Organizer/Host

Pekerjaan ini sangat penting di dunia eSports, dan akan mudah untuk dikenal oleh banyak pemain. Namun ingat bahwa ajang yang tidak berjalan lancar akan menjelekan nama organizer dan selalu diingat kesalahan yang telah dibuat.

Apapun pekerjaan yang kalian ingin lakukan, semua bermulai dari nol dan harus melewati proses yang rumit dan lama – tetapi hasil akhirnyalah yang kalian akan nikmati.   

Sumber: https://www.quora.com/How-do-you-get-into-eSports/answer/Revanth-Murigipudi