in

Tampil Beda, Universitas Akron Bangun Fasilitas Esports Kampus Terbesar di Dunia!

Sumber: Akron University

Pada hari Jumat (5/9/2018), Universitas Akron memulai debutnya dengan tiga fasilitas esport yang diberikan nama “state of the art” dan baru dibangun untuk mendukung tim esport mereka!

Fasilitasnya sendiri terpisah menjadi tiga ruangan dan memiliki total luas sampai 5.200 kaki persegi. Bisa dibayangkan bukan seberapa luasnya fasilitas esport yang mereka miliki? Bahkan mereka mengklaim bahwa fasilitas esport mereka adalah yang terbesar di dunia.

Michael Fay, Direktur Akron Esports mengatakan, “dengan menciptakan ruang fisik ini, di mana mereka (para siswa) dapat saling bertemu dan berbagi pengalaman mereka seputar permainan favorit mereka.

Kami pikir itu akan berkontribusi pada budaya pengenalan kampus yang signifikan, mengejar keunggulan dalam disiplin apa pun.”

Team Secret Amankan Titel Juara di Panggung PVP Esports Championship!

Untuk biaya, Universitas Akron diperkirakan menelan dana hingga sampai di angka US$750,000 (Rp.11,4 miliar). Angka yang cukup fantastis tentunya untuk sebuah pembangunan fasilitas esports di kampus.

Untungnya, pihak Universitas Akron tidak harus membayar uang sebesar itu. Mereka menjalin kontrak dengan beberapa brand untuk menghemat pengeluaran mereka.

Universitas Akron
Sumber: Akron University

Contohnya adalah perusahaan audio yang berbasis di Ohio, Audio-Technica. Mereka menyediakan headset untuk para pemain serta peralatan untuk para komentator.

Mereka menyumbang dana sebesar US$5,000 (Rp.76 juta) dalam pemberian beasiswa untuk para pemain esports Universitas Akron.

Selain itu, untuk pembangunan mereka mengandalkan mahasiswa mereka untuk membangun. Sukarelawan mahasiswa teknik dan ilmu komputer dikerahkan untuk membangun fasilitas esports kampus.

BACA JUGA: Tekuk Gambit, Ninjas in Pyjamas Juarai GG.Bet Invitational Season 1!

Tim Inzitari, mahasiswa dari jurusan ilmu komputer dan bermain Hearthstone untuk Universitas Akron mengatakan, “sebelum program esports ini saya mengenal empat orang di kampus yang memainkan Hearthstone. Namun sekarang saya tahu sekitar 30 orang.

Jadi, membangun persahabatan dan komunitas itu sangat penting. Saya telah bertemu orang-orang yang mungkin akan saya bimbing untuk sementara waktu.”

Universitas Akron
Sumber: Akron University

Dengan dibukanya fasilitas ini, pihak universitas mengaku bahwa fasilitas ini terbuka untuk umum.

Direncanakan nantinya, memungkinkan para pemain untuk bertemu dan menonton tim berkompetisi, serta sebagai sarana untuk melatih kemampuan secara individu ataupun tim.

esports universitas akron
Sumber: Akron University

Wah, menarik pastinya untuk melihat sejauh mana fasilitas ini akan digunakan. Apakah nantinya akan banyak banyak bintang yang lahir dari sana mengingat banyaknya uang yang digelontorkan untuk fasilitas tersebut?

Tapi untuk di Indonesia sepertinya akan sulit untuk diterapkan. Selain itu, stigma negatif dari game di kalangan masyrakat masih cukup kental dan juga belum lagi kalian-kalian yang telat bayar kuliah, wkwk.

Diedit oleh Yubian A. Huda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…