in , , ,

6 Game Esports yang Akan Menyemarakkan Asian Games 2018

6 game yang dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018.

AESF (Asian Electronic Sports Federation) akhirnya resmi mengumumkan 6 game yang akan ditandingkan di ekshibisi Asian Games 2018. Sebelumnya, memang telah beredar kabar terlebih dahulu dari IESPA (Asosiasi Esports Indonesia) tentang keenam judul game tersebut.

Namun demikian, informasi tersebut masih sedikit membingungkan karena tertulis nama StarCraft di sana, bukan StarCraft 2. Sebelumnya pun masih belum ada kabar resmi dari pihak penyelenggara, baik itu AESF, OCA, atau di situs resmi Asian Games 2018.

Pasalnya, IESPA sendiri juga bukan penyelenggara event ini. IESPA di sini hanya bertugas untuk membantu.

Terlepas dari hal tersebut, 6 game ini bisa dibilang jadi terobosan baru bagi pesta olahraga konvensional yang menyajikan pertandingan esports. 6 game yang dipertandingkan di Asian Games juga melibatkan pihak AESF yang bermarkas di Hongkong sebagai organizer-nya, termasuk soal pemilihan game yang dipertandingkan.

Esports atau olahraga elektronik biasanya dipertandingkan oleh tim atau organisasi internasional lewat EO esports seperti ESL, ELEAGUE, dll. Namun kali ini esports mulai digarap untuk mampu menyaingi popularitas olahraga konvesional lewat andil pemerintah.

BACA JUGA: Jawara Indonesia, Eggsy_UG, Menang PLA 2018 dan Siap ke Amsterdam!

Kehadiran cabang esports di Asian Games 2018 merupakan ajang trial atau uji coba untuk mengukur sejauh mana kesuksesan yang bisa dicapai dari terobosan baru ini.

Kehadiran esports di Asian Games 2022.

Untuk 6 game yang dipertandingkan, AESF juga telah mengumumkannya beserta prosedural kualifikasi dan jumlah slot bagi tim-tim dari setiap regional.

Selain Arena of Valor (AoV), kelima game yang juga akan dipamerkan di Asian Games 2018 adalah, League of Legends, Pro Evolution Soccer (PES), Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft II: Legacy of the Void.

6 game yang dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018.

Proses kualifikasi setiap negara akan berlangsung pada tanggal 5-31 Mei 2018. Setiap negara dapat memilih hari penyelenggaraan kualifikasi di dalam periode tanggal tersebut.

BACA JUGA: Final Fantasy Esports? Square Enix Gaet ESL untuk Go4 Series

IeSPA sebagai induk organisasi esports di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga akan memilih game apa saja yang akan dikirim sebagai perwakilan Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Indonesia sendiri memiliki slot khusus karena menjadi tuan rumah untuk gelaran Asian Games yang berlokasi di Jakarta-Palembang.

Ega Rahmaditya: Dari Coba-Coba, Tembus PlayStation League Asia

Setelah proses kualifikasi negara, tim-tim yang mewakili negaranya akan dipertandingkan lagi di beberapa regional terkait pada tanggal 10-20 Juni 2018.

Berikut pembagian slot untuk gelaran esports di Asian Games 2018. Untuk informasi lebih lengkap silahkan ke tautan berikut.

Pembagian slot setiap regional di ajang Asian Games 2018. Source: AESF

Indonesia sendiri dirasa memiliki potensi besar untuk memenangkan medali emas di beberapa cabang esports.

Sebut saja Hearthstone yang di mana Indonesia memiliki sosok Novan “nexok40” Kristianto yang juga mewakili Indonesia di ajang WESG 2017

Di sisi lain, Arena of Valor juga memiliki tim yang juga menjadi perwakilan Indonesia di ajang Arena of Valor World Cup (AWC ) 2018 yang berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat.

Diedit oleh Yabes Elia

Beginner Content Writer. Esports for News and Life. Rise with Words.
Seeking the proper way to enjoy words in writing.

Chelsea FC fans, Virtus.pro fans and Tofu-Tempeh Eater.
For business inquiries: yubianasfar@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…