eSports adalah Cabang Olahraga Digital

RevivalTV

, Others

eSports atau kompetitif video game online telah menjadi sebuah bisnis dan telah diakui sebagai salah satu cabang olahraga resmi yang layak dipertandingkan di kancah internasional.

Indonesia telah mengakui esports secara resmi setelah pemerintah menetapkan IeSPA sebagai Asosiasi eSports Indonesia. Di Indonesia sudah ada program pendidikan esports di SMA 1 PSKD meski program esports menuai ‘pro dan kontra’.

 

ESPN merupakan salah satu televisi olahraga di seluruh dunia. Namun, Boss ESPN berkata lain bahwa menurutnya esports bukanlah olahraga. ‘eSports bukan olahraga. Itu hanya sebuah kompetisi saya lebih tertarik melakukan olahraga real.’tutur Jhon Skipper.

Boss ESPN 'esports bukanlah olahraga'

Saya pikir Boss ESPN hanya peduli bisnis? kenapa?… ‘beliau hanya tidak yakin dengan esports itu sebuah olahraga. tapi karena menguntungkan yang kasarnya ‘bodo amat’. Hingga akhirnya ESPN di akuisisi oleh Fox Internasional Chanel.

Atlet esports bermain 8-9 jam perhari untuk menjadi pemain terbaik. Olahraga lainpun mempunyai rutinitas hal yang sama menjadi pemain terbaik, meski cara yang di lakukan berbeda.

Atlet profesional butuh banyak konsentrasi, dedikasi, praktik, persiapan, mental dan stamina. Sama hal dengan dua olahraga sports (atlet digital profesional) dan esports (atlet olahraga real).

 

Menurut kalian, Bagaimana pandangan kamu esports sebagai cabang olahraga Digital? berikan pendapatmu tentang hal ini.