in

Epic Games Akhirnya Resmi Umumkan Fortnite World Cup 2019!

Akhirnya, setelah menunggu kepastian akan esports Fortnite, Epic Games resmi mengumumkan ajang esports masif pertama yang bertajuk Fortnite World Cup 2019. Epic Games mengumumkan hal ini pada gelaran ProAm event di E3 2018.

Sebelumnya, bulan Mei 2018 lalu, Epic Games memang telah mengatakan bahwa mereka telah menyediakan US$100 juta untuk gelaran esports Fortnite di tahun pertamanya. Sedangkan Tencent juga sebelumnya dikabarkan siap menggelontorkan berkarung-karung uang untuk mengembangkan esports Fortnite di tanah Tiongkok.

Karena popularitasnya, Fortnite memang sudah diprediksi akan terjun menjadi esports. Banyak organisasi besar seperti Team Solomid, FaZe, ataupun Envy telah mengumumkan divisi Fortnite mereka.

Sebelumnya, pertandingan Fortnite sempat terlihat di community event seperti di DreamHack Summer 2017 ataupun Ninja Vegas. Namun, memang sebelumnya belum ada struktur turnamen yang jelas ataupun turnamen resmi untuk Fortnite seperti pesaingnya, PUBG.

Pada Fortnite World Cup ini, Epic Games memastikan bahwa setiap orang berhak mengikuti pertandingan kualifikasi karena ajang ini tidak akan menggunakan sistem franchise ataupun memberikan undangan ke organisasi esports.

Epic Games juga tidak mengijinkan jika pihak ketiga yang mengadakan ajang esports Fortnite menggunakan sistem yang serupa.

Belum ada kejelasan lebih lanjut tentang tanggal kualifikasi namun turnamen ini akan lebih fokus pada permainan solo ataupun duo.

Game ini sendiri memang kabarnya dikembangkan selama 7 tahun namun ia baru dirilis bulan April 2017. Meski belum ada ajang kompetitifnya, Fortnite langsung menyodok ke puncak game yang paling banyak ditonton di Twitch. Salah satu streamer yang boleh dibilang berhasil turut mempopulerkan Fortnite adalah Tyler “Ninja” Blevins.

Tentunya, kepastian Fortnite masuk esports ini memang layak diapresiasi dan ditunggu sepak terjangnya. Namun demikian, jika kita berbicara soal Indonesia, PUBG yang jelas sudah lebih populer di sini pun bisa dibilang kurang ramai ajang esportsnya.

Selama ini, jika kami tidak salah ingat, baru satu turnamen PUBG yang tatap muka dan berskala nasional yaitu Garuda Cup 2018. Apakah Epic Games dan rekanannya nanti berhasil memopulerkan esport mereka di Indonesia? Kita tunggu saja.

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…