in

Dilegalkan, 4 Poin Ini Tanda Pro Gamer di Jepang

Akhirnya setelah sekian lama dan hadirnya banyak perdebatan tentang status pro gamer di Jepang, Negeri Sakura ini melegalkan pro gamer. Namun, ada 4 poin yang di angkat sebagai tanda pro gamer. Jika tidak memenuhi 4 poin ini, maka status pro gamer tidak dapat disandang oleh orang tersebut.

Sebelumnya, tim redaksi RevivaLTV sempat mengabarkan bahwa Jepang akan Keluarkan Lisensi Pro Gamer Mulai 2018 setelah pemerintah yang tidak mendukung esports. Menurut pemerintah, kegiatan gaming dengan iming-iming uang bisa bertabrakan dengan aturan mereka tentang perjudian.

Dan di awal tahun 2018 ini, pemerintahan Jepang akhirnya melegalkan esports dan mulai mendukungnya. Di Jepang, “pro gamer” sebelumnya hanya hadir dengan satu definisi saja: gamer yang mendapatkan uang dari bermain game. Tapi hari ini, pro gamer punya definisi baru yang diberikan oleh Japan Esports Union.

IT Media melaporkan dalam sebuah presentasi, Japan Esports Union, atau JeSU, memberikan daftar 4 poinlisted these four points definisi sebagai pro gamer yang kesemuanya adalah:

  • Kesadaran diri menjadi seorang professional
  • Memprektekkan sportsmanship ketika bermain
  • Berdedikasi untuk mendapatkan hasil terbaik di berbagai turnamen yang diorganisasi oleh JeSU
  • Memberikan kontribusi untuk mengembangkan esport lokal
Saat ini, beberapa game yang diakui secara resmi adalah Winning Eleven 2018Call of Duty: WWIIStreet Fighter V: Arcade EditionTekken 7Puzzle & Dragons dan Monster Strike. Beberapa game lain diharapkan akan ditambahkan di beberapa waktu mendatang.

Lisensi untuk pro gaming ini berlaku selama 2 tahun. Selain harus melakukan hal-hal dengan baik di turnamen-turnamen resmi, pemain juga harus mematuhi perjanjian tertulis dengan 4 poin di atas serta mengambil kursus singkat.

Mengingat banyaknya rintangan yang dilalui para pro gamer di Jepang, apakah membuat sistem yang kaku dan tertutup seperti ini adalah satu-satunya cara agar scene pro gaming di Jepang dapat bertumbuh?

Written by Higsweart Benetz

Cinta luar angkasa. Bermimpi jadi Astronaut. Hidup untuk menulis. Lantas membaca apapun dengan nada. Rutin mencium harumnya combo Nasi Goreng dan Air Putih. Dan mencari apapun yang berwarna biru.

In love with Aimer, Ailee, and Raisa. Also Chelsea FC, Boston Celtics, and Team Secret.

Share the day after day on Instagram @higs44.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…