in

Menilik Peluang Audition AyoDance Mobile Berkembang jadi Esports

Di pertengahan bulan Januari 2018 yang lalu, Megaxus resmi merilis Audition AyoDance Mobile

Dalam rilis yang kami terima, CEO PT Megaxus Infotech, Eva Muliawati mengatakan, “dengan perkembangan mobile games yang begitu cepat dan sangat diminati di Indonesia serta untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang menginginkan mobilitas dalam bermain games kapanpun dan di manapun maka kami meluncurkan Audition AyoDance Mobile. Kami yakin mobile game ini dapat diterima dengan baik oleh gamers di Indonesia.”

Kalian bisa mencoba sendiri jika berminat namun pertanyaan besar yang ada di benak kami sekarang adalah seberapa besar peluang AyoDance Mobile ini akan mengikuti kesuksesan saudaranya tuanya, AyoDance yang ada di PC dari segi esports.

AyoDance dari segi esports sebenarnya terbilang cukup baik jika melihat ke belakang. Di 2017, bahkan ada yang namanya AyoDance World Championship yang merupakan kejuaraan tingkat internasional yang diadakan di Seoul, Korea Selatan.

Bangga! Atlit Ayodance Indonesia, Babat Habis Gelar Juara di Ajang Audition World Championship

Di ajang tersebut, perwakilan Indonesia yang disponsori oleh Megaxus berhasil mengalahkan 5 negara lainnya dan merebut juara 1,2,3,5, dan 6 untuk kompetisi perorangan. Indonesia juga berhasil menjadi juara 1 untuk kompetisi tim.

Mundur ke belakang lebih jauh, bagi yang satu generasi dengan saya ataupun merasakan jaman keemasan MMORPG Free-to-Play di PC, Megaxus Olimpiade merupakan kompetisi game (karena kala itu istilah ‘esports’ sendiri memang belum sepopuler sekarang) dengan jumlah total hadiah terbesar di tanah air, setidaknya di jamannya.

Kala itu, Megaxus Olimpiade bahkan sempat bisa menawarkan total hadiah yang lebih besar yang ditawarkan oleh World Cyber Games.

Namun demikian, memang nampaknya sejumlah publisher game lokal yang dahulu merajai industri game Free-to-Play sepertinya kehilangan momentum untuk melebarkan sayapnya ke mobile, termasuk juga Megaxus.

Jika menilik dari game-nya sendiri, sebenarnya AyoDance Mobile memiliki peluang yang cukup besar untuk mencuri banyak perhatian di platform mobile melalui esports.

Kenapa?

Pertama, sama seperti AyoDance di PC, AyoDance Mobile menawarkan game yang berbeda dari kebanyakan esports yang ada. Meski sudah bergeser ke mobile, tren game esports masih seputar pedang dan pistol.

Jika dulu AyoDance bisa meraih pasar yang berbeda dari pasar gamer MMORPG dan FPS, kemungkinan besar, AyoDance Mobile bisa melakukan hal yang sama sekarang. Pasalnya, AyoDance ataupun AyoDance Mobile bukan soal pedang dan pistol, tapi tentang joget-joget.

Kedua, esports atau kompetisi bisa jadi salah satu strategi marketing yang efektif dan berbeda untuk mencuri perhatian dan menggaet banyak pemain karena, faktanya, AyoDance Mobile sendiri bukanlah satu-satunya game joget dan bahkan bukan juga yang pertama yang ada di mobile.

Untungnya atau malah sayangnya, kebanyakan game-game joget yang ada di mobile hanya menggunakan strategi marketing biasa untuk mencuri perhatian. Tanpa pendekatan pemasaran yang berbeda, AyoDance Mobile bisa jadi hanya sekadar numpang lewat mengingat sudah banyak game lain yang menawarkan gameplay yang tak jauh berbeda.

Ditambah lagi, tanpa turnamen ataupun esports, pemasaran yang umumnya dilakukan adalah dengan menaruh di platform digital marketing, seperti Facebook, Ads Network, Google Ads, dkk. Hal ini berarti hanya tinggal kuat-kuatan modal marketing / user acquisition antara game-game yang serupa untuk saling berebut massa.

Namun demikian, kami juga masih belum mendapatkan kepastian tentang masa depan esports AyoDance Mobile ini meski, di atas kertas, esports joget-joget bisa memberikan kesegaran baru di industri esports yang penuh pedang dan pistol.

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…