,

Audiens E-Sports SEA Berkembang Pesat, Dapat Menyentuh 40 Juta di 2019

Menyambut 2017, ada kabar dari Newzoo, sebuah perusahaan riset pemasaran yang memfokuskan diri ke dalam games. Newzoo melaporkan bahwa di tahun 2019, jumlah peminat E-Sports untuk SEA akan dapat menyentuh angka 40 juta. Angka yang terbilang besar, lantas bagaimana bisa?

Pada tahun 2016 ini, angka yang didapat adalah 9,5 juta yang mana angka itu merupakan suatu peningkatan besar-besaran untuk region SEA. Bahkan angka tersebut belum termasuk para viewers yang hanya sesekali menyaksikan E-Sports. Jika saja angka dari para viewers “musiman” tersebut ditambahkan, maka akan muncul angka 19.9 juta! Sebuah angka yang begitu besar, untuk satu region saja yaitu SEA.

Tingkat pertumbuhan tahunan gabungan untuk peminat Esports Asia Tenggara adalah 36,1 persen, membuat pertumbuhan ini menjadi yang tercepat dibandingkan region lain dari tahun 2015 ke 2019. Amerika Latin diperkirakan akan tumbuh 24,7 persen, sedangkan rata-rata global menunjukkan angka 19,1 persen. Newzoo menambahkan, banyaknya pertumbuhan E-Sports di SEA ini berasal dari negara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Image courtesy by polygon.com
Image courtesy by polygon.com

Nah, Blizzard melihat ini sebagai peluang yang bagus. Mereka ingin memanfaatkan hal ini karena mereka ingin memperluas jangkauan baru untuk E-Sports dari game mereka yaitu Overwatch. Laporan baru Newzoo berisi tentang bagaimana Overwatch sukses menggelar Kejuaraan Dunia Overwatch di BlizzCon pada awal November. Keberhasilan itu diperkirakan akan terus berlanjut di Overwatch League, yang diumumkan pada BlizzCon, akan dimulai pada awal 2017.

Source: http://esportsobserver.com/southeast-asia-esports-fastest-growing-audience-reach-40-million-2019/