Apakah Bermain Sim Racing Menguras Kantong?

Alvian Christianto

, Others

Sejak kemunculannya, Sim Racing menjadi sangat populer di dunia game, dengan kepopulerannya kalian bisa memainkannya di PC maupun konsol. Tentu saja atas permintaan masyarakat, pabrikan hardware komputer maupun konsol berlomba – lomba membuat hardware yang dibutuhkan untuk bermain Sim Racing dengan biaya yang tidak mahal.
Hanya budget kurang dari 10 juta rupiah, kalian bisa bermain dan berkompetisi di dunia Sim Racing.
Mari kita simak sim rig untuk PC atau laptop.

14089188_1389944714354163_8158678687376807322_n

Source : Racevoltius

  1. PC / Laptop : Budget 5 – 6 Juta
    Untuk memilih PC atau laptop harus disesuaikan dengan kondisi kalian, jika kalian anak kos atau sering berpindah rumah, laptop adalah pilihan yang baik karena mudah dibawa kemana – mana. Memang laptop seharga 5 – 6 juta rupiah tidak sangat powerfull, tapi game Sim Racing tidak membutuhkan performa tinggi karena kebanyakan game Sim Racing lebih memfokuskan pada kedetailan physics, tidak pada grafik. Tapi jika kalian lebih memilih PC, kalian bisa mendapatkan spesifikasi yang lebih bagus.
  2. Meja dan kursi kantor : Budget 1,2 juta
    Untuk urusan meja dan kursi, standar kantoran yang direkomendasikan. Banyak tukang mebel jalanan yang menawarkan berbagai jenis meja dan kursi standar kantoran dengan harga bersahabat. Atau kalian juga bisa mendapatkannya di berbagai situs jual beli online, ada meja kerja dengan laci yang dijual dengan harga 300 ribuan. Sedangkan kursi kerja non-rolling wheel bisa didapat dengan harga 600 ribuan. Silakan diatur sendiri bagaimana kalian  memilih keduanya karena hal tersebut esensial untuk menjaga kesehatan tubuh selama bermain.
  3. Logitech DFGT : Budget 1,3 Juta (bekas)
    Kami sangat merekomendasikan jenis setir ini karena tergolong cukup mudah dioperasikan, terutama untuk yang pertama kali mencoba wheel controller. Harganya bisa dibilang sangat bersahabat, selama kalian tahu penjual yang tepat. Kami sarankan jangan beli dari online shop B2C (business-to-consumer), karena harganya bisa mencapai angka 2 Juta. Jika kalian mencarinya di online shop lain, kalian bisa mendapatkannya dengan harga 1 juta sampai 1,3 juta. Harga ini jauh lebih bersahabat daripada tipe lain yang sejenis, seperti Thrustmaster T150 yang harganya mencapai 3 jutaan. Apabila kalian ingin barang  yang baru, siapkan 2 juta sampai 3 juta rupiah.
  4. Internet : Budget 200-300 Ribu (per bulan)
    Fungsi internet dalam setup ini cukup banyak. Pertama untuk membeli dan mengunduh berbagai macam racing sim yang ada di portal Steam. Kedua, untuk men-download berbagai macam mod sesuai keinginan. Terakhir, tentu untuk tetap terkoneksi dengan teman-teman sesama sim racer sekaligus untuk berkompetisi di ajang balap sim racing. Pilihan internet provider bervariasi, dari internet kabel hingga internet sim card dengan pilihan paket unlimited.
  5. Game Steam : Budget 200 Ribu
    Nah kalau soal game steam, kalian bisa dapat banyak pilihan dengan harga miring. Kami merekomendasikan rFactor, Race 07, serta GT Legends mengingat ketiga game tersebut tidak memerlukan spek yang tinggi. Selain itu, pilihan mod mobil dan sirkuitnya sangat bervariasi. Kalau pingin lebih, bisa dicoba F1 2010-2013, Grid 2, serta Dirt 3.
    Dan juga jangan lewatkan diskon – diskon yang diberikan steam, seperti Assetto Corsa dengan 3 DLC bisa kalian dapatkan tidak lebih dari 200 ribu rupiah.

Jika kalian lebih melilih untuk menggunakan konsol, budget yang dibutuhkan juga tidak lebih dari 10 juta rupiah. Tapi dengan pilihan steering wheel Logitech DFGT, kami tidak merekomendasikan Playstation 4 karena DFGT tidak kompatible dengan Playstation 4.
Mari kita simak setup sim rig untuk konsol yang tidak menguras kantong.

  1. 14022307_1390885797593388_4433317118251242732_n

    Source : Racevoltius

    Playstation 3 : Budget 2,3 Juta
    Meskipun Playstation 4 adalah konsol yang terbaru saat ini, Playstation 3 juga masih layak untuk dimainkan sampai jangka waktu 3 – 4 tahun mendatang sebelum benar – benar dimatikan. Konsol generasi ke 7 buatan Sony ini juga terkenal dengan dua sim racing buatan Polyphony Digital, Gran Turismo 5 dan 6. Game Gran Turismo ini salah satu game yang menjamin karirmu dalam dunia sim racing.

  2. TV LED : Budget 2 Jutaan
    Sekarang ini, makin banyak TV LED kualitas atas dengan harga di bawah 2 juta. Variasi ukuran yang didapat juga bervariasi, mulai dari 24 hingga 32 inch.  Pastinya, TV LED ini bisa juga buat nonton film bersama keluarga dan teman. Jauh lebih nyaman daripada menonton di monitor laptop atau PC.
  3. Meja dan Kursi : Budget 1,2 Juta
    Sama seperti rancangan sebelumnya, fungsi meja dan kursi ini untuk kenyamanan kalian selama bermain simulator. Apapun merk meja dan kursinya, pastikan duduk dalam keadaan punggung bersandar dengan posisi kurang lebih 70-80 derajat. Minimal persis seperti posisi pengemudi mobil.
  4. Logitech DFGT : Budget 1,3 Juta (bekas)
    Sekali lagi, kami merekomendasikan steering wheel ini karena mudah dipelajari terutama untuk pemula. Namun apabila ada budget lebih, kalian bisa meminang Logitech G27 dengan harga 2,5 sampai 3 juta rupiah.
  5. Internet : Budget 200-300 Ribu (Per Bulan)
    Fungsi internet di sini lebih untuk bermain online serta membeli beberapa DLC jika diperlukan, selain itu, koneksi internet juga berfungsi untuk bermain online dan mengikuti kompetisi balapan online yang ada.
  6. Berbagai Racing Simulator : Budget 900 Ribu
    Sekarang sebagian besar game fisik PS3 bisa dibeli dengan harga di bawah 500 ribu, Konter game yang menjualnya pun juga masih banyak ditemui meskipun sekarang mereka fokus menjual game-game Playstation 4 dan Xbox One. Beberapa rekomendasi game yang wajib dipunyai antara lain Gran Turismo 6, F1 2010-2014, Dirt 1-3, dan Grid Autosport. Kekurangan game-game tersebut tentu saja tidak ada modding layaknya berbagai racing sim di PC.

Dengan dua pilihan diatas, kalian sudah bisa memainkan berbagai sim racing yang sesuai dengan spesifikasi PC atau konsol yang kalian pilih. Terlebih lagi apabila kalian sudah memiliki meja dan kursi, PC atau konsol dan internet, kalian hanya butuh membeli steering wheel dan game sim racing untuk PC atau konsol, dan kalian siap untuk bermain sim racing.

Sumber : Racevoltius, Wisnu Setioko