7 Tips Dari Fnatic Yang Akan Membantu Sobat Revival Menjadi Pro Gamer

Mungkin ini terlihat mudah saat para pemain pro melakukannya, kamu bermain bagus, kemudian terpilih dan mulai memenangkan turnamen. Tapi kenyataannya itu berbeda. Tidaklah mudah untuk menjadi yang terbaik dan itu semua membutuhkan kerja keras untuk bisa sampai di sana. Nah, kali ini ada tips dan trik dari pemain Fnatic yang bisa diikuti oleh semua orang termasuk kamu untuk mencapai puncak setiap leaderboard.

1. Latihan

14199694_1274328439244418_8422248775426885958_n
Latihan adalah kunci awal untuk menjadikan kamu memahami semuanya, dari pengetahuan game sampai mekanik permainan kamu. Seperti yang di tuliskan oleh Author Malcolm Gladwell di bukunya yang berjudul “Outliers”; seseorang membutuhkan waktu 10.000 jam untuk benar-benar menguasai skill tertentu. Ini artinya jika kita bermain game 8 jam sehari maka kita membutuhkan waktu 3,5 tahun untuk benar-benar menguasai seluk beluk yang ada di game tersebut. Dan tentu saja beberapa game memiliki tinggi dan rendahnya tingkatan skill tapi gunakan ide di balik itu untuk memotivasi diri sendiri agar lebih baik. Apabila kamu tetap fokus dengan tujuan tersebut, kamu akan bisa menggapai tujuan tersebut.


2. Bisa menerima selalu ada pemain yang lebih baik dari kamu

tugas-1
Tidak peduli betapa jagonya kita, akan selalu ada orang yang lebih baik dari kita. Di Olimpiade Rio sebelumnya, Wayde Van Niekerk memecahkan rekor dunia lari 400m yang sebelumnya belum pernah ada orang yang dapat memecahkan rekor tersebut selama 17 tahun. Orang yang lebih baik dari kita bukan hanya saingan kita, mereka juga bisa menjadi inspirasi untuk kita sendiri agar menjadi lebih baik. Jika kamu mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada mereka, pastikan kamu melakukannya. Bertanyalah untuk saran dari mereka karena mereka bisa memberikan kita ide baru untuk bagaimana melakukan sesuatu yang akan membantu kita nantinya untuk mengalahkan mereka. Selalu ingat perjalanan untuk menuju puncak bukan perjalanan yang kita lalui sendiri, terkadang kita harus mendengarkan nasehat dan melihat pengalaman dari orang lain untuk bisa mencapainya.


3. Selalu mengerti kalah itu bukan masalah

tugas-2
Perlu kamu ketahui, bahkan pemain terbaik sekalipun suatu waktu juga bisa kalah dan ini adalah sesuatu yang harus bisa kita terima untuk mencegah pertengkaran antar anggota tim. Sebagai pro gamer, kamu perlu memiliki mindset atau pemikiran yang fokus untuk hasil jangka panjang. Dan apabila kita rage quit setelah kalah 2 atau 3 game secara beruntun artinya kamu belum bisa untuk bersaing mengincar top rank untuk beberapa saat. Di banyak game winrate 60% termasuk tinggi, artinya walau kita berada di level terbaik kita masih kalah 4 dari 10 games.


4. Bersabar dan jangan menyerah

tugas-3
Dengan latihan terciptalah kesabaran. Pada masa sekarang ini, terlalu banyak orang yang terbuai dengan kegembiaraan sesaat. Kamu mendapat hadiah dari pencapaian di dalam game dan hadiah untuk melakukan hal-hal kecil dan itu terasa menyenangkan. Akan tetapi, jika kamu ingin menjadi pemain pro kamu pasti akan berhadapan dengan situasi sulit dan penuh dengan kekecewaan, kegagalan dan tanpa hasil yang terlihat. Dan disinilah kamu harus menentukan jika semua kerja keras pada akhirnya akan ada hasil yang memuaskan untuk kamu.


5. Kita harus berbaur di luar sana

tugas-4
Seperti yang kita katakan di atas, perjalanan menuju top rank sangatlah panjang dan kamu memerlukan orang lain di pihakmu untuk bisa mencapai ke sana. Ini tidak hanya teman ataupun keluarga. Jika kamu ingin menjadi lebih baik, kamu harus berbaur dengan orang-orang yang menginginkan tujuan yang sama denganmu. Ini berarti akan lebih menguntungkan apabila bergabung dengan komunitas online, grup Discord, subreddits, guild, clans, dan lainnya agar mereka membantumu untuk terus maju ke depan. Di sisi lain, kamu juga ingin menggapai organisasi esports di saat kamu sudah merasa memiliki skill dan level untuk menjadi pro gamer yang sesungguhnya. Di saat yang bersamaan, jika kamu tidak aktif mencari untuk team pastikan mereka bisa mencari kamu. Bersihkan social mediamu dan gunakan itu untuk memperlihatkan pencapaian dan pengetahuanmu di dalam game. Dan pastikan selalu menggunakan nickname yang sama itu akan membantu orang-orang dalam mengenalimu! Cobalah untuk streaming jika kamu merasa hal itu membuatmu nyaman. Itu sangat bagus untuk langkah awal dan juga bisa memberikanmu uang di saat kamu mencari jalan untuk status pro player. Siapa tau, kamu lebih santai ber-streaming dan berinteraksi dengan penonton daripada kamu menjadi seorang pro gamer.


6. Selalu jaga kesehatan

tugas-6
Menjadi pro gamer tidak selalu harus bermain game 24 jam dalam 7 hari, nanti kamu bisa mabok bro~.  Tetap sehat dan aktif akan membantumu merasa lebih baik secara keseluruhan dan meningkatkan fokus di saat bermain. Di tahun sebelumnya, kebiasaan ini menjadi trend di kalangan pemain pro dimana mereka pergi ke gym berkali-kali dalam seminggu. Tetapi, olahraga apapun tetap menjadi ide yang bagus. Kecuali kalau kamu ingin terlihat ganteng / cantik di depan kamera di saat akhirnya menjadi pro gamer lol~


7. Berpartisipasi di turnamen

tugas-7
Segala pekerjaan yang ada di dunia ini perlu pengalaman dan sebagai pemain pro jalan termudah untuk mendapatkannya adalah dengan bermain di turnamen. Organizers seperti ESL selalu mengadakan pertandingan mingguan ditujukan untuk pemula yang ingin menggapai tujuan sebagai pemain pro. Hal ini menjadi jalan terbaik untuk belajar bagaimana rasanya bermain di turnamen dan mempersiapkan dirimu untuk momen dimana kamu akhirnya bisa bermain di depan panggung yang sebenarnya. Dan jangan terlalu memilih-milih, apabila ada turnamen lan lokal memiliki hadiah hanya sebesar 500rb cobalah untuk mampir dan melihat. Kamu mungkin akan bertemu dengan orang yang dapat membantumu untuk menuju jalan menuju top rank.

 

So bagaimana tips dari Team Fnatic di atas sobat Revival? Semoga bisa menjadi motivasi tersendiri bagi kalian yang ingin fokus dan menggeluti Esports sebagai pemain professional 😀

 

Sumber: http://en.dafaesports.com/7-fnatic-tips-becoming-pro-gamer/