Tips dari Fnatic Buat Kamu yang Memulai Karier di Esports

senz houston

, Others

Seringkali kita melihat postingan di sosial media yang bertanya-tanya kepada pelaku esports & para pemain professional mengenai cara berkarir di esports. Banyak orang melihat idola mereka di turnamen raksasa dan berpikir bahwa mempunyai pekerjaan seperti itu hanyalah mimpi bagi mereka. Padahal, yang dibutuhkan hanyalah kerja keras, determinasi dan sedikit keberuntungan. berikut tips dari para professional di Fnatic yang kalian bisa melakukan:

1. Jangan takut untuk bekerja tanpa bayaran (cuma sementara kok, percaya deh!)

Banyak orang yang tidak suka kerja secara sukarela dikarenakan kurang lebih artinya kalian kerja tanpa mendapatkan apapun. Walau kalian tidak mendapatkan uang atas kerja kalian namun kalian akan mendapatkan beberapa “hal” sebagai balasan.

Pengalaman ialah contoh pertama. Jika kalian masih sekolah ataupun kuliah volunteering merupakan jalan yang sangat tepat untuk mempraktekkan apa yang kalian pelajari selama ini. Disaat kalian menyelesaikan sekolah kalian, dengan pengalaman yang kalian miliki akan mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan di bidang esports. Dengan portofolio yang bisa dibanggakan kepada calon boss/perusahaan tempat kalian melamar dan pastinya hal itu akan membuat kalian mempunyai hal yang tidak dipunyai para kompetitor kalian.

Informasi. Sebagai volunteer kalian akan sering mengetahui hal-hal penting sebelum orang-orang lain. Yang seharusnya hal-hal tersebut bisa dibilang Top Secret, kalian bisa berkontribusi dengan memberikan ide-ide keren tentang bagaimana berkomunikasi tentang hal-hal tersebut kepada khalayak ramai jika sudah saatnya, menunjukan bahwa kalian sanggup melakukan lebih daripada apa yang diharapkan pada saat kalian bergabung.

Barang super keren ataupun akses ke event-event bergengsi. Rata-rata perusahaan mempunyai system yang menghadiahkan para volunteer mereka dengan hadiah berupa barang-barang keren seperti baju, jaket, mousepad namun jika kalian bisa membuktikan kerja kalian maka kalian akan bisa mendapatkan akses ke event-event atau bahkan akses ke belakang panggung sebagai pilihan. Contohnya sebagai fotografer kalian mempunyai kesempatan untuk mendapatkan foto-foto ekslusif yang akan sangat membantu portofolio kalian dan sekaligus bertemu dengan banyak orang baru yang mempunyai passion yang sama. Siapa tau, mungkin kalian akan benar-benar bekerja dengan luar biasa dan berhasil meyakinkan organisasi kalian jika mereka membutuhkan kalian di setiap event. Jika ini terjadi, maka kalian mungkin akan segera mendapatkan jalan-jalan gratis ke event-event luar negri atau bahkan pekerjaan esports pertama kalian.

Catatan Penulis: Sejauh pengetahuan saya bisa dibilang 80% pelaku esports di Indonesia masih bekerja secara cuma-cuma dikarenakan ekosistem & infrastruktur esports yang masih kurang. Namun perkembangan esports di Indonesia sendiri bisa dibilang dalam tempo yang sangat bagus, dengan semakin banyaknya kontribusi dari para volunteer maka akan mengakselerasi perkembangan esports indonesia.

2. Kenalan atau jaringan

Mengenal orang yang tepat adalah hal yang sangat penting di semua karir. Begitupun juga di esports, dan hal ini jauh lebih mudah daripada yang kalian kira. Jika kalian adalah seorang Graphic Designer contohnya, kalian bisa mulai dengan mencari Streamer atau Pro Player dengan fans yang masih sedikit dan tanya mereka apakah mereka tertarik untuk bekerja sama yang akan menguntungkan kalian berdua? Cara ini akan membuat kalian berkembang bersama dengan saling mempromosikan satu sama lain. Lakukan hal ini dengan 5-10 orang maka jaringan atau jangkauan kalian akan meluas dengan pesat!

Catatan Penulis: Mencari kenalan ataupun teman di dunia esports sangatlah gampang dikarenakan kalian berbicara satu bahasa. Dimulai dari membahas pertandingan-pertandingan seru, membahas tips and trik dan hal-hal yang bisa membangun satu sama lain.

3. Aktif di Twitter dan Reddit

Cara terbaik untuk menjangkau orang-orang adalah Twitter. Twitter merupakan sosial media yang paling banyak digunakan oleh pelaku & fans esports di seluruh dunia dengan fitur berkomunikasi melalui pesan-pesan pendek, foto dan video yang real time. 

Fungsi search di Twitter adalah hal yang sangat penting untuk menggunakan kemampuan Twitter secara maksimal. Mulai dengan mencari hashtag favorit game kalian atau turnament yang sedang berjalan dan lihat apa yang orang-orang bicarakan. Ini akan membantu pengetahuan kalian tentang esports dan juga akan membuat kalian dikenal. Contohnya kalian membuat suatu video highlight tentang Pro Player maupun Caster terkenal, mereka mungkin akan share video tersebut kepada ratusan ribu follower mereka. Jika konten kalian memang menarik maka kalian cepat atau lambat akan segera dikenal oleh masyarakat luas dan kalian sendiri akan membangun fans sendiri, membuat banyaknya kesempatan berkarir di eSports nantinya.

Jika berbicara masalah konten, Reddit adalah platform yang tepat. Contohnya jika artikel kalian yang sukses di Reddit, artikel tersebut bisa dilihat oleh ribuan orang dan membuat kalian mendapatkan perhatian yang besar. Reddit tidak hanya bagus untuk berbagi konten, Reddit juga platform yang bagus untuk berbagi opini professional kalian di berbagai topik. Tidak ada satupun dari hal ini yang bakal berjalan dalam satu malam tapi disaat orang-orang melihat kalian sebagai ahli di suatu subyek maka mulai dari sana kalian akan menjadi patokan mereka untuk mendapatkan pencerahan tentang subyek tersebut dan jika semua berjalan dengan lancar, mungkin orang-orang rela membayar hal tersebut.

Catatan Penulis: Dikarenakan Reddit diblokir oleh sebagian besar ISP di Indonesia, para penggiat esports cenderung beralih ke Group Facebook untuk berdiskusi, salah satu yang saya rekomendasikan adalah esports Talk.

4. Jangan mencoba melakukan semuanya secara sekaligus

Mencari pekerjaan di esports hampir sama seperti mencoba menaikkan rank di game favorit kalian. Jika kalian mencoba memainkan 110 hero berbeda kalian tidak akan berkembang. Sangatlah penting untuk mengetahui apa yang benar-benar kalian kuasai dan tetap bertahan dengan hal tersebut pada awal-awal. Jika kalian adalah penulis yang sudah mengikuti Dota 2 selama bertahun-tahun, jangan mencoba untuk mengetik tentang League of Legends yang mana kalian tidak pernah memainkannya. Tunjukan kepada dunia jika kalian mempunyai pengetahuan yang sangat luas tentang Dota 2 dan mampu membuat konten yang bagus. Disaat kalian mencapai suatu tingkatan tertentu kalian bisa mulai merambah dan “memainkan hero lain” dikarenakan pengalaman kalian akan membuat hal tersebut menjadi mudah.

5. Belajar

Kebanyakan karir di esports membutuhkan kemampuan yang spesifik dan pengetahuan yang tidak akan kalian temui di kurikulum kampus. Tidak ada kursus atau sekolah yang bisa kalian ambil untuk menjadi Shoutcaster ataupun Streamer di Twitch jadi sangatlah penting untuk kalian mengidentifikasi apa yang kalian butuhkan untuk sukses dan pelajari hal tersebut. Contohnya kika kalian ingin menjadi Youtuber, kalian mungkin bisa memulai dengan mencari edukasi tentang film & video sembari belajar tentang seluk-beluk social media di waktu senggang kalian. Butuh Thumbnails yang menarik untuk video kalian? Kalian bisa juga mencari kelas Photoshop atau bahkan mencari tutorial di Internet. Apapun yang kalian butuhkan biasanya bisa ditemukan secara gratis di Internet jika kalian tahu dimana mencarinya.

Catatan Penulis: Ada banyak sekali potensi untuk berkarir di esports, dimulai dari menjadi Manager team, Analis, Pelatih, Social Media Manager, dan apapun yang ada dipikiran kalian rata-rata pasti bisa diaplikasikan di dunia esports. Kalian bisa mulai dari mengeksplor apa yang kalian suka lakukan dan coba mencari celah di lingkungan terdekat pada awal-awal, dan dari sana mulailah merintis karir.

6. Sabar

Bisa menerima bahwa anda tidak akan sukses secara instan adalah kuncinya. Kalian bisa membuat video berbulan-bulan dan hanya dilihat kurang dari 20 orang, Namun kalian akan tahu apakah kalian bergerak ke arah yang tepat jika kalian melihat kemajuan dari video kalian yang pertama kali dan yang paling terakhir. Begitupun untuk Volunteering, kalian bisa saja melakukan hal kecil, yang tidak begitu penting untuk sementara sebelum akhirnya mendapatkan kesempatan yang bisa berguna untuk kalian. Selalu evaluasi hal-hal yang kalian lakukan dan pastikan ada ruangan untuk kalian berkembang.

Catatan Penulis: Tidak hanya sabar untuk berkembang. Menurut Jacky “EternalEnvy” Mao, hingga tahun 2012+ semua profesional player yang benar-benar hidup dari esports hanyalah team yang bisa menduduki juara 1-3 sepanjang tahun. Namun perkembangan esports secara global di dalam 2 tahun belakangan sangatlah luar biasa, bahkan viewershipnya pada tahun ini yang dikabarkan hanya kurang dari 27% dari viewership NBA. Jadi, Jika kalian tidak terlalu termotivasi untuk “sabar” berkarir di esports  Indonesia dengan keadaan yang masih seperti ini, kalian bisa berpatokan kepada bagaimana pelaku esports dulu yang benar-benar berusaha keras untuk hidup dari esports hingga sekarang esports yang segera mendominasi pasar entertainment.

7. Mempunyai Passion

Screenshot_69

esports bukanlah nine to five job. Kebanyakan Event & Turnament diadakan pada akhir pekan dan tidak jarang acara internasional dilaksanakan pada malam hari atau bahkan subuh pada region kita. Ini akan membuat jam kerja yang cukup aneh dan jika kalian tidak mempunyai passion di pekerjaan seperti ini, cepat atau lambat kalian akan meninggalkan esports.

Catatan Penulis: Melihat dari kesuksesan tokoh terkenal seperti Mark Zuckerberg yang mana sukses karena Passion yang sangat tinggi untuk membuat program bahkan disaat facebook sudah menjadi raksasa di dunia internet, Mark tidak pernah berhenti turun tangan langsung / berinovasi dengan program-progamnya. Pointnya adalah, mereka melakukannya karena Passion, bukan semata-mata karena uang. Percayalah jika anda bekerja dengan Passion maka uang & kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

 

Bekerja di dunia eSports sangatlah seru! Walaupun saat ini masih sangat susah untuk dijadikan pekerjaan pertama & saya sendiri bisa dibilang dalam fase yang kritikal. Tapi saya yakin, apa yang telah dan akan saya lakukan kedepannya akan berbuah manis. Salam eSports! 🙂

 

Source

  • arya satya

    bookmark.