in

3 Fungsi Penting Jersey Tim Esports demi Kesuksesan Organisasi

Sumber: TweakTown

Jersey alias seragam tim esports merupakan salah satu hal penting yang mungkin kerap kali dilupakan oleh tim-tim esports. Padahal jersey memiliki sejumlah fungsi penting yang harus disadari oleh anggota atau petinggi tim esports yang peduli dengan kesuksesan tim esports.

Apa saja fungsi penting jersey yang harus disadari yang berpengaruh terhadap kesuksesan tim tersebut?

1. Jersey sebagai Identitas Tim

Fungsi pertama dari seragam tim adalah identitas tim itu sendiri. Yonas Andrean, owner dari Noxelic Indonesia memberikan pendapatnya tentang hal ini, “jersey itu merupakan salah satu sarana untuk menunjukkan identitas tim/player itu sendiri”

Identitas itu maksudnya adalah aspek pembeda antara satu tim dengan tim yang lain. Memang, pemain, gaya permainan, karakter pemain, ataupun, chemistry tim juga akhirnya penting sebagai identitas tim namun jersey adalah hal pertama yang dilihat oleh fans, musuh, ataupun semua orang yang ditemui oleh tim tersebut.

Ngobrol Bareng Noxelic, Support Jersey yang Ada di Balik Pandora Esports

Jersey akan memberikan kesan pertama ke banyak orang tentang tim tersebut dan kesan pertama bisa jadi berdampak besar tentang kesuksesan jangka panjang tim.

Menurut Noxelic, pilihan desain dari jersey sendiri juga penting untuk diperhatikan karena hal tersebut juga bisa mewakili filosofi tim esports. Identitas tim ini sebenarnya tak bisa ditampilkan lewat jersey saja namun juga bisa melalui jaket.

2. Jersey sebagai Perlengkapan Pertandingan

Fungsi kedua dari jersey yang tak kalah penting untuk disadari adalah sebagai perlengkapan untuk bertanding, seperti mouse ataupun keyboard gaming. Kenapa?

Bayangkan saja jika kawan-kawan bertanding di kompetisi dengan menggunakan piyama. Tentunya, hal itu akan sangat tidak nyaman dan bisa jadi berpengaruh terhadap performa kalian sebagai atlit esports.

Atlit-atlit olahraga ‘tradisional’ mulai dari sepak bola, basket, berenang, ataupun atlit atletik, semuanya sudah mengenakan baju khusus yang dirancang untuk memberikan kenyamanan tertinggi saat berlatih.

Source: The Fiscal Time

Noxelic Indonesia yang biasa mengurus soal jersey tim esports di Indonesia tentu lebih banyak tahu tentang fungsi ini.

Menurutnya, pilihan material jersey itu sangat penting. Kata Yonas, “jersey sendiri biasanya menggunakan bahan dari fit dengan printing sublimasi. Namun dari bahan drifit dan printing sublimasi sendiri memiliki tingkatan mulai dr jenis grade bahan maupun jenis tinta yg dipakai.”

Meski demikian, tak hanya sampai di material, ada beberapa hal lain yang masih perlu diperhatikan. “selain dari material bahan, hal lain yg perlu diperhatikan adalah eksekusi: mulai dari proses awal, printing, jahit, hingga finishing.”

Dokumentasi: Pandora Esports

Bagi kalian yang masih bingung soal hal ini ataupun tertarik membuat jersey tim, silakan tanyakan sendiri melalui Facebook Fanpage Noxelic atau Instagram mereka.

“Kita dari Noxelic dapat menjamin kepada seluruh client bahwa material yang dipakai untuk seluruh produk kami memiliki kualitas yang terbaik dan proses eksekusi sendiri dilakukan oleh SDM dari Noxelic yang memang sudah berpengalaman bertahun-tahun. Jadi, produk yang dihasilkan pun maksimal.” Ujar owner Noxelic Indonesia.

3. Jersey sebagai Komoditas

Dokumentasi: Pandora Esports

Satu fungsi terakhir jersey yang memang harus dipertimbangkan adalah sebagai komoditas tim yang bisa dijual. Komoditas ini bisa berarti 2 hal.

Pertama, jersey juga merupakan ruang untuk sponsor. Hal ini tentunya penting bagi tim-tim yang memang ingin naik ke tingkat profesional karena sponsor lah yang dapat memberikan tambahan jaminan kesejahteraan pemain ataupun orang-orang di balik tim esports.

Desain jersey ini juga akhirnya penting buat placement logo sponsor. Jika kalian memang serius ke tingkat profesional, tak ada salahnya mulai mendesain jersey dengan memperhatikan placement logo sponsor tadi.

Sumber: Pandora Esports

Biasanya, placement ini terbagi menjadi beberapa kategori sponsor: sponsor utama yang mendapatkan lokasi terbaik dengan ukuran logo terbesar dan sponsor tambahan yang letak dan ukurannya harus menyesuaikan sponsor utama tadi.

Jersey sebagai komoditas ini juga berarti bisa dijual sebagai merchandise buat fans tim esports. Bisnis merchandising ini juga sebenarnya bisa jadi penting karena keuntungannya bisa digunakan sebagai tambahan dana untuk kebutuhan tim, yang memang tidak murah pengeluarannya setiap bulan.

Dalam hal merchandising, tentunya desain dan bahan jersey yang baik ini penting diperhatikan agar fans kalian tidak malu ataupun tidak nyaman saat mengenakannya. Semakin banyak fans yang menggunakan jersey kalian, semakin bagus juga hitungan exposure yang bisa dibawa ke sponsor tim.

Source: The Next Web

Akhirnya

Itu tadi 3 fungsi penting jersey yang penting untuk dipertimbangkan bagi tim-tim profesional ataupun tim amatir yang ingin naik kelas. Bagaimana dengan pendapat kalian soal jersey? Apakah kalian setuju dengan 3 fungsi yang kami jabarkan di atas?

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…