in ,

PUBG Tidak Bisa Jadi Esports? Entruv dan Supernayr Buka Suara

PUBG memang lagi booming dan masih menjadi game dengan pemain terbanyak di Steam. Berbagai turnamen internasional diadakan dan ide untuk menjadi esports tercetus oleh berbagai pihak mengingat antusiasme yang sangat besar.

Beberapa waktu yang lalu, Shroud yang dikenal sebagai mantan pemain CS:GO yang sekarang menjadi streamer buka suara. Ia menyatakan pendapatnya mengenai PUBG yang tidak bisa menjadi esports karena senjata yang diambil berbasis random loot.

Entruv saat menjadi pelatih Recca Esports

Untuk itu, saya bertanya kepada dua pemain PUBG di Indonesia yaitu Alex “Entruv” Prawira yang sebelumnya menjadi pemain Dota dan sempat menjadi pelatih untuk Entity Esports yang saat ini menjadi pemain Vincepro. Tercatat ia memiliki rating kill death 7.36 untuk skuad dan menjadi peringkat pertama saat ini.

Selain itu saya juga menanyakan Ryan “Supernayr” Prakasha yang pernah bermain di League of Legends, Crossfire, dan Overwatch yang saat ini menjadi pemain Rex Regum Qeon divisi PUBG. Ia memiliki skill individu yang mengagumkan dengan memiliki rating kill death tinggi yaitu 8.22.

Supernayr berpendapat¬†PUBG mempunyai masa depan sebagai esports. “Para pemain pro juga setuju kok PUBG menjadi pemain esports” katanya. Selain itu, masuknya PUBG di berbagai turnamen profesional seperti IEM dan ESL jadi bukti PUBG layak masuk esports profesional.

Bagaimana pendapat Entruv? Menurutnya tidak bisa hanya pendapatnya Shroud yang dijadikan acuan dan masih banyak pemain pro yang bisa ditanyakan pendapatnya.

aAa PUBG

“Karena dari segi performance tim-tim kuat seperti against All authority (aAa) di IEM benar-benar membuktikan kalau game ini lebih mengandalkan strategi bukan hanya mengandalkan keberuntungan” kata Entruv saat wawancara.

Meski tidak diundang ke IEM Oakland dan harus melalui open qualifier, aAa berhasil menjadi juara di turnamen tersebut dan mengalahkan tim yang sudah dikenal namanya seperti FaZe Clan, Cloud9, dan Team SoloMid.

Bagaimana untuk turnamen PUBG di Indonesia? Menurut Entruv kehadiran Bluehole yang merupakan developer game ini bekerjasama dengan organizer Indonesia yaitu Aerowolf membuktikan mereka bakal membuat turnamen lebih banyak di Indonesia.

Setujukah kamu dengan pendapat dua pemain pro Indonesia ini mengenai PUBG tidak bisa menjadi esports?

Diedit oleh Yabes Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…