in ,

Ini Loh Alasan Kenapa Player dan Caster, Bahkan Streamer Lebih Baik Tidak Membaca Chat Stream

Boleh membaca, tapi jangan telan mentah-mentah

Semakin lama, esports semakin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya tim-tim esports yang ada. Tidak haanya satu-dua saja, namun puluhan bahkan ratusan tim esports ada dalam satu negara, dari yang amatir sampai yang profesional. Hal ini berbanding lurus dengan banyaknya tim-tim caster yang ada. Begitu pula dengan streamer, yanaag semakin tidak terhitung jumlahnya.

Tidak ada yang salah dengan menjamurnya hal ini. Justru hal ini baik untuk regenerasi esports nantinya. Namun sayangnya, banyak dari kalian yang jatuh mentalnya saat membaca chat atau komentar-komentar yang ada di stream. Well, wajarkah hal ini terjadi?

Saat menjadi player, sangat wajar tentunya jika mendapati banyak komentar tentang permainan kalian. Apalagi, jika kalian bermain di bawah performa terbaik, tentunya celotehan panas begitu bersliweran di kolom chat. Dari yang masih menggunakan tutur kata halus sampai yang sudah tidak layak untuk dibaca sekalipun.

Sedangkan para caster, kebanyakan menerima cacian tentang bagaimana buruknya kalian dalam membawakan game. Yang mana sebenarnya kalian sudah membawakan game tersebut sebaik mungkin dengan gaya cast yang sudah menjadi khas diri kalian sendiri.

Untuk streamer, chat stream memang terlalu pedih untuk dibaca. Menghina MMR yang mungkin rendah, atau saat MMR kalian cukup tinggi namun bermain tidak sesuai MMR-nya. Padahal tidak seluruh streamer “menjual” MMR-nya, karena ada banyak juga streamer yang memang ingin bersenang-senang kepada viewers-viewers setianya.

Lantas, sepenting apakah chat stream untuk karier kalian? Jawabannya, penting! Sebatas kalian bisa memilih mana yang positif dan mana yang negatif.

Orang yang cerdas, tahu bagaimana cara memberikan kritik dan saran. Ia juga tahu, ke mana mereka seharusnya menuju. Jika memberikan kalimat-kalimat pedas di kolom chat saja tentu bukanlah suatu hal yang bijaksana juga. Untuk streamer mungkin kalian masih sering untuk membaca chat, tapi untuk player dan caster tentunya kalian akan lebih jarang membaca chat stream. Malah tidak akan pernah jika kalian adalah player. Alangkah lebih baik jika memberikan kritik dan saran langsung lewat jalur pribadi, bukan?

Selain itu, pastinya mereka memiliki media sosialnya masing-masing. Sehingga lebih memudahkan kalian, para pemerhati esports untuk berbicara langsung dengan mereka.

Sayangnya, mental untuk memberikan kritik dan sarang di tempat yang layak masih sulit dipraktekkan. Dan fatalnya adalah, banyak player, caster, dan streamer yang menelan mentah-mentah apa yang ada dalam chat stream.

Jika kalian banyak berinteraksi dengan Twitch, maka kalian tahu bahwa chat Twitch adalah salah satu “lawakan” dalam bentuk chat berjamaah. Namun berkembangnya YouTube Gaming saat ini, seolah sedikit menggeser hal itu. Dengan minimalnya emote lucu di YouTube Gaming dan kemudahan untuk diakses, membuat siapapun dapat meenjadi penyulut emosi maupun pemadam semangat.

Karena harus diingat, bahwa orang yang harus kalian dengarkan pertama kali adalah orang yang menyewa jasa kalian. Tapi jangan pernah tak acuh pada mereka yang meramaikan chat stream, karena ada beberapa diantaranya yang masih peduli pada kalian. Chat-chat remeh mereka, adalah salah satu hal yang patut kalian apresiasikan juga mengingat mereka masih stay menonton aksi kalian. Entah kalian itu player, caster, maupun streamer.

Written by Higsweart Benetz

Cinta luar angkasa. Bermimpi jadi Astronaut. Hidup untuk menulis. Lantas membaca apapun dengan nada. Rutin mencium harumnya combo Nasi Goreng dan Air Putih. Dan mencari apapun yang berwarna biru.

In love with Aimer, Ailee, and Raisa. Also Chelsea FC, Boston Celtics, and Team Secret.

Share the day after day on Instagram @higs44.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…