in , ,

Resmi Dibuka Menkominfo, Southeast Asia Cyber Arena Hadirkan Tigers dan Bren Esports!

Sumber: Muhammad Thirafi Sidha

Turnamen kelas internasional lagi-lagi hadir di Indonesia yang bertajuk Southeast Asia Cyber Arena (SEACA).

Turnamen ini mempertandingkan lima cabang yaitu Dota 2, Mobile Legends, PUBG, Arena of Valor, dan Point Blank Evolution juga memperebutkan total hadiah yang mencapai Rp 1,4 miliar.

Dokumentasi: Muhammad Thirafi Sidha/RevivalTV

Acara yang diadakan di Mall Taman Anggrek, Jakarta ini resmi dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Sebelumnya, direncanakan presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bakal membuka acara yang akhirnya digantikan karena ada kegiatan lain. Presiden menitip salam kepada semua pemain yang akan bertanding di turnamen ini.

Kualfikasi diadakan berbeda-beda, untuk Mobile Legends kualifikasi diadakan di 16 kota di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk cabang lain diadakan kualifikasi online sebanyak 4 kali.

seaca dota 2
Dokumentasi: Muhammad Thirafi Sidha/RevivalTV

World Electronic Sports Games (WESG) 2018 juga menjadi bagian dari SEACA. Pemenang dari WESG 2018 bakal menjadi perwakilan Indonesia yang diawali dengan kualifikasi tingkat SEA yang diadakan di Malaysia pada Desember 2018 dan jika lolos bakal bertanding di main event yang rencananya bakal diadakan di China.

Seperti yang dibahas SEACA juga mempertemukan tim dari luar negeri. Tentu kehadiran banyak tim ini menyita perhatian, apalagi beberapa tim diisi oleh bintang Dota 2 internasional. Berikut jajaran tim di ajang SEACA Dota 2:

  • Tigers (Malaysia)
  • Alpha Red (Thailand)
  • PG.BarracX (Indonesia)
  • Resurgence (Singapura)

PG.Barracx sendiri berjuang dari kualifikasi yang mempertemukan tim-tim terbaik di seluruh Indonesia. Dalam perjalannya, Ramz dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Alter Ego, EVOS, dan akhirnya The Prime Esports dengan skor 2-1.

Saya mewawancarai Ramz untuk menanyakan pendapatnya bisa lolos ke SEACA sekaligus mengenai lawan yang akan dihadapi.

“Senang banget sih bisa menjadi wakil Indonesia di kancah SEA, intinya kita bakal melakukan yang terbaik buat Indonesia, semoga kita bisa menjadi juara juga,” kata Ramz.

Sumber: PG.Barracx Fanpage

Bagaimana untuk pendapat lawan? “Mungkin yang paling berat di Tigers ya, pengen ketemu mereka di grand final, pasti bakalan seru banget, hahaha.

Untuk Alpha Red sendiri juga tidak boleh diremehkan, bisa dibilang mereka underdog, suprise lah pokoknya tim dari Thailand.

Terakhir Resurgence juga tidak boleh diremehkan karena ada Meracle yang juga pemain lama. Intinya semua yang ada di SEACA sudah menjadi tantangan buat tim Indonesia (kita) kurang lebih begitu,” tambahnya.

Ramzi Bayhaki, Midlaner PG.BarracX. Source: Ramzi Bayhaki Facebook

Tidak hanya Dota 2, SEACA juga menghadirkan tim luar negeri yaitu Mobile Legends. Tidak tanggung-tanggung, kedua tim ini merupakan tim ternama yaitu IDONOTSLEEP (IDNS) yang juga juara dari MSC Season 1 dan Bren Esports yang juga juara MSC Season 2.

Berikut jajaran tim yang berpartisipasi di ajang SEACA Mobile Legends:

  • IDONOTSLEEP (IDNS)
  • Bren Esports
  • Alter Ego e-Sports
  • EVOS Esports
  • Louvre
  • Rex Regum Qeon
Sumber: Unipin Esports

Sedangkan tim yang mewakili Indonesia ada Alter Ego, EVOS Esports, Rex Regum Qeon, dan Louvre. Tentunya kehadiran tim Indonesia juga menarik perhatian mengingat ada EVOS dan RRQ yang sama-sama memiliki fanbase yang besar.

5 Alasan Mengapa The International 8 Jadi Ajang TI Terbaik!

RevivalTV juga berkesempatan untuk wawancara langsung dengan Jeff Victoriano, Operation Manager Bren Esports.

“Kami sangat senang bisa kembali lagi ke Jakarta dan kami sangat semangat akan SEACA. Sebuah kehormatan besar untuk bisa bergabung dan kami akan menampilkan kemampuan terbaik kami.”

Aether Main menjuarai MSC 2018. Sumber: Mobile Legends

Selain itu RevivalTV juga menanyakan mengenai pendapat mengenai lawan yang akan dihadapi di SEACA. “Kami sangat membutuhkan persiapan untuk menghadapi pertandingan mengingat tim yang akan hadir sangat kompetitif,” imbuh Jeff di sesi wawancara.

Tidak kalah menegangkan, Arena of Valor juga akan diikuti oleh empat tim asal Indonesia. Berikut jajaran partisipan di ajang SEACA AoV:

  • Saudara e-Sports
  • Dunia Games Esports
  • TEAMnxl>
  • Elite8 Esports
Sumber: Unipin Esports

Bagaimana ajang yang lainnya, bahkan gelaran Point Blank Evolution mampu dipadati oleh Team Capcorn, Elite8 Esports, Bigetron Esports, dan Rex Regum Qeon.

BACA JUGA: Tips & Trik: Cara Support yang Apik dengan Treant Protector dan Winter Wyvern

Terakhir ada game PUBG yang bakal diramaikan oleh berbagai tim esports ternama asal Indonesia, seperti Aerowolf Summit, Armored Project, The Prime Esports, dan lain-lainnya.

Sumber: Unipin Esports

 

Siapakah tim yang bakal menjadi juara di SEACA? Apakah tim Indonesia bisa mengalahkan tim dari luar negeri? Atau justru sebaliknya? Mari jadi saksi sejarah esports Indonesia yang berlangsung di Mall Taman Anggrek pada 17-21 Oktober 2018.

Diedit oleh Yubian A. Huda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…