in

SEA Games 2019 Siap Bawa Esports Sebagai Cabang Olahraga Resmi!

Sumber: Studio GT

Esports semakin lama semakin diakui menjadi salah satu cabang olahraga. Setelah beberapa waktu lalu esports masuk sebagai ekshibisi Asian Games 2018.

Ternyata bidang esports kembali mendapatkan kabar baik. Dengan berita tentang kehadiran esports yang akan menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan secara resmi di SEA Games 2019.

Dikutip dari laman Straits Times, bahwa pihak SEA Games Federation (SEAGF) yang melakukan pertemuan di Manila, Filipina telah menentukan 56 olahraga yang akan dipertandingkan.

Yup, SEA Games 2019 akan diadakan di Filipina. Negara ini tentunya sudah dikenal sebagai negara yang sering meraih prestasi di bidang esports.

Sumber: WESG

Salah satunya yang paling terkenal adalah TNC Predator, tim yang saat ini berisi semua pemain Filipina.

Mereka sudah menyumbangkan prestasi prestisius yang salah satunya adalah juara WESG 2016. Tidak hanya itu di turnamen yang sama, Staz yang juga pemain Hearthstone asal Filipina juga menjadi juara.

sea games 2019 esports
Sumber: Valve – Manila Major

Komite olahraga Filipina atau PHISGOC memasukkan esports di kategori 3 bersama Arnis (seni bela diri Filipina), floorball, jiu-jitsu, dan kickboxing. Belum diketahui game esports apakah yang akan dimasukkan.

PHISGOC sendiri mengatakan mereka akan bertemu dengan dewan federasi SEA Games minggu ini untuk mengadakan inspeksi di salah satu venue yang diusulkan di Clark, Pampanga.

Min-Liang Tan, CEO Razer Source: Forbes.

Minggu lalu, CEO dari Razer, Min-Liang Tan berkunjung ke Manila untuk bertemu dengan Alan Peter Cayetano, Ketua Komite Penyelenggara SEA Games di Filipina.

Kedatangannya untuk mengupayakan esports sebagai salah satu cabang resmi yang memperebutkan medali di SEA Games 2019 mendatang.

Berikut 8 Tim Dota 2 yang Siap Bertarung di ESL Indonesia Championship!

Indonesia sendiri sempat menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan membawa ajang ekshibisi esports. Ada sebanyak enam cabang di esports yaitu League of Legends, Clash Royale, Starcraft II, Hearthstone, Pro Evolution Soccer, dan Arena of Valor.

BACA JUGA: 5 Tim yang Diprediksi Masuk Jajaran Tim Top 10 Dunia di Tahun 2019!

Saat itu negara-negara yang menghadiri juga termasuk negara ternama seperti Korea Selatan yang saat itu ada Faker, pemain LoL ternama di SK Telecom T1. Selain itu ada juga Uzi, pemain LoL asal China yang bergabung di Royal Never Give Up.

BenZeRidel di podium dengan medali emas. Sumber: IESPA

Indonesia berhasil meraih 1 medali emas di esports Asian Games 2018 dari BenzeRidel dari Clash Royale dan Jothree yang berhasil meraih medali perak dari Hearthstone.

Mengingat diadakan di Filipina, akankah Dota 2 menjadi salah satu cabang yang diperebutkan? Ataukah Mobile Legends yang juga populer di Filipina dan juga negara-negara Asia Tenggara?

Bagaimana pendapat kamu, apa saja game yang menurut kamu layak masuk di SEA Games 2019 jika menjadi salah satu cabang game yang dipertandingkan?

Diedit oleh Yubian A. Huda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…