in , ,

Pendapat Para Atlet Esports Indonesia tentang Makna Sumpah Pemuda

Tim Esports Indonesia di Asian Games 2018. (Foto: INASGOC/Dhemas Reviyanto)

Perkembangan Indonesia tidak bisa lepas dari peran anak muda. Salah satunya adalah Sumpah pemuda yang berperan penting bagi kemerdekaan Indonesia berkat peran serta orang muda yang terdiri dari berbagai suku dan budaya di seluruh Indonesia.

Timnas LoL Indonesia di Asian Games 2018. Sumber: Hasagi

Tidak terasa sumpah pemuda sudah memasuki usia ke 90. Tentunya sebagai pemuda Indonesia, kita harus membantu bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Salah satunya adalah esports yang didominasi oleh kaum muda.

Harapan Juggernaut Fortissimus yang Lolos ke PUBG Asia Invitational 2019

Indonesia sendiri patut berbangga karena prestasi di esports sudah bisa membawa harum nama negara di kancah internasional. Nah, kami menanyakan kepada para atlet esports mengenai makna sumpah pemuda.

Pemilihan para atlet ini tentu ada alasan. Selain berprestasi, mereka pernah atau akan membawa nama Indonesia di kancah internasional. Saya sendiri memilih atlet esports dari latar belakang cabang esports yang berbeda-beda.

Sumber: HLTV

“Menurut saya sih artinya kita harus bersatu tanpa memandang perbedaan untuk sama-sama memajukan nama Indonesia, khususnya esports Indonesia tentunya”

– Kevin “xccurate” Susanto – Pemain CS:GO yang saat ini berkarir di TYLOO.


Sumber: WESG SEA

“Menurut saya, makna sumpah pemuda memberikan semangat untuk berjuang, jangan gampang menyerah, kita masih muda harus benar-benar menggapai tujuan apa yang kita inginkan. Tetap semangat dalam menjalani hidup dan lakukan yang terbaik sampai sukses!”

– Ramzi “Ramz” Bayhaki – Pemain Dota 2 di PG.BarracX yang akan wakili Indonesia di AMD Dota 2 Pro Series 2018 di Melbourne, Australia.


Sumber: BOOM ID Facebook

“Makna sumpah pemuda buat pemain esports harus bangga jadi salah satu atlit esports Indonesia walaupun di masa di mana esports baru saja berkembang. Selain itu juga bangga jika harus menjadi representatif Indonesia untuk turnamen internasional demi nama Indonesia.

– Harry “6fingers” Tjahjadi Putra – Pemain CS:GO di BOOM.ID yang akan mewakili Indonesia di WESG SEA 2018.


Sumber: IESPA

“Hari sumpah pemuda adalah hari di mana kita mengenang suatu waktu di saat bersatunya satu bangsa yang memiliki beraneka ragam jenis, ras, bahasa, serta tradisi demi satu tujuan yang sama.

Intinya sih, sumpah pemuda mengingatkan kita ini satu bangsa, Indonesia! Biar tidak ribut terus antar pendukung, organisasi ataupun individu satu sama lain. Siapapun yang lagi berjuang sekarang ini membawa nama bangsa dan itu Indonesia.”

– Hendry “Jothree” Handisurya – Pemain Hearthstone di TEAMnxl> yang meraih medali perak di Asian Games 2018 cabang esports


Sumber: ELITE8 Esports

“Kalau dari gua sih yang penting esports semuanya ga ada yang terpecah belah. Koneksi ke sumpah pemuda nya mungkin ga terlalu banyak ya, tapi mengharumkan nama Indonesia itu adalah kewajiban kami sebagai warga negara Indonesia. Itu sudah menjadi tugas kami”

– Heinrich “officialhein” Ramli – Pemain Vainglory yang mewakili Indonesia di Vainglory Worlds Championship 2017 dan wakilii Indonesia di WESG SEA 2018.


wakil indonesia di wesg 2018
Sumber: WESG Website

“Soal sumpah pemuda, gua rasa sebagai pengingat pemuda buat jaga solidaritas demi nama Indonesia dimanapun, salah satunya ya di kegiatan esports yang dominan pemuda.

Apalagi kalau sudah bawa nama Indonesia diluar, jangan ada gengsi-gengsi siapapun yang wakilin, harus kita dukung bantu sebisa mungkin buat nama Indo juga, kan katanya bertumpah darah, bangsa, dan bahasa satu”

– Novan “nexok40” Kristianto – Pemain Hearthstone di BOOM ID yang meraih juara kedua di kualifikasi Asia Pasifik WESG 2017 dan juara 5-8 di WESG 2017.


Sumber: FF Gaming

 

“Arti sumpah pemuda jaman sekarang gimana caranya kita meneruskan semangat para pejuang jaman dulu buat mengharumkan nama Indonesia. Kalau dulu, para pemuda mengharumkan nama Indonesia dengan cara memerdekakan Indonesia. Nah, kalau generasi pemuda jaman sekarang bisa mengharumkan nama Indonesia dengan cara berprestasi, berkreasi

Kompetisi esports sekarang turnamennya udah banyak yang skala internasional. Kalau dalam segi tim esports Indo bisa lolos ke luar negeri pasti membawa nama Indonesia dong. Indonesia bisa lolos skala internasional pun menurutku udah mengharumkan walau mereka kalah. Kalau menang juga bagus karena nama Indonesia pasti kebawa juga”

– Nabila “Nabbsky” Sulthana – Pemain FFGaming CS:GO yang akan mewakili Indonesia di WESG 2018.


Meat
Sumber: Meat

“Menurut saya gampang aja, berjuang semaksimal mungkin dalam kegiatan apapun yang sudah melibatkan nama dan martabat bangsa Indonesia.

Contoh kalau sudah mewakili nama Indonesia, kita harus memberikan yang terbaik untuk menghargai tekad jutaan golongan-golongan pemuda lain yang mungkin belum berkesempatan untuk mewakili Indonesia.”

– Muhammad “Meat” Ardiansyah – Pemain Tekken yang akan mewakili Indonesia di IESF World Championship 2018 di Taiwan.


makna sumpah pemuda atlet esports
Sumber: Andika Rama Maulana

“Kalau menurut saya, inti dari sumpah pemuda itu adalah persatuan. Kalau saya lihat dari sisi esports Indonesia, sampai saat ini masih banyak yang “bersuku suku” dan membanggakan sukunya masing-masing dan kadang malah menjelekkan suku lainnya.

Padahal kita intinya kan sama sama “Pemuda Indonesia”. Jadi menurut saya, buat pejuang esports Indonesia, teruslah berprestasi sesuai bidang dan keahlian kita masing-masing. Buat suporter, tetaplah dukung atlit-atlit Indonesia yang sudah berprestasi apalagi di tingkat internasional, terlepas apapun hasil akhirnya”

– Andika “Ramstig” Rama Maulana – Pemain Simracing yang mewakili Indonesia dan menjadi satu-satunya dari Asia di Mercedes-AMG eRacing Final di Hockenheim, Jerman.


Di atas adalah beberapa atlet esports yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah esports dunia. Tentu tidak hanya mereka, namun banyak atlet esports yang telah mengharumkan nama Indonesia.

atlet esports asian games
Jajaran Pemain dan Staff Timnas Esports Indonesia di Asian Games 2018 saat meraih penghargaan dari Kemenpora. Sumber: IESPA

Namun, setidaknya kehadiran mereka mewakili setiap generasi dan divisi di cabang esports. Harapan agar ekosistem esports Indonesia menjadi lebih baik pun dapat kita harapkan.

BACA JUGA: Mengukur Potensi di Atas Kertas 8 Tim Terbaik di Ajang MPL Season 2

Para pemuda ini merupakan satu di antara ribuan orang lainnya yang mengharumkan nama Indonesia dengan caranya tersendiri. Jadi, kapan giliran kamu mengharumkan Sang Saka Merah Putih? Semangat Sumpah Pemuda! #IndonesiaBisa

Diedit oleh Yubian A. Huda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…