in , ,

In-Depth: Beli Starlight Member? Untung atau Rugi?

Based on True Story

Salah satu hal yang menarik bagi saya ketika baru memainkan Mobile Legends adalah fitur Starlight Member. Fitur ini terdengar menarik karena beragam fitur yang ditawarkan namun dibanderol dengan harga yang lumayan mahal.

Saya pun membeli Starlight Member untuk mencoba sendiri merasakan fitur-fitur apa saja yang ditawarkannya dan membandingkannya dengan apa yang bisa saya dapatkan jika, dengan harga yang sama, uang tersebut digunakan untuk membeli Diamond.

No Freya

Ketika kamu membeli Starlight Member, kamu tidak akan mendapatkan diamond. Jadi, kalau ini pembelian pertama, kamu tidak akan mendapatkan Freya. Kamu baru bisa mendapatkan Freya ketika kamu melakukan top up diamond dengan harga apapun.

Yang pasti kamu dapatkan pertama kali membeli adalah skin spesial untuk Starlight Member. Setiap bulannya, selalu diberikan skin yang berbeda-beda saat kamu membeli.

Skin Roger Starlight Member Februari 2018

Skin Ekslusif Permanen

Jika kalian memang benar-benar sudah cinta mati dengan skin eksklusif yang bisa didapat, opsi kalian memang harus membeli Starlight Member karena skin ini tidak bisa didapatkan dengan cara lainnya.

Skin permanen yang bisa kamu dapatkan ini tentu saja sangat subjektif antara bagus tidaknya namun paling tidak kamu bisa melihat tampilannya dulu di menu.

Sayangnya, kamu tidak bisa melihat tampilan skill-skillnya di game. Kalian bisa mencari-cari video di YouTube jika ingin melihat tampilan skill-nya.

Bonus Mingguan

Setiap minggunya, kamu juga akan mendapatkan 5 Tas Emblem Normal, Kartu Battle Point Ganda yang berlaku 1 hari, dan 5 Megafon kecil.

Bonus ini memang terlihat kecil tapi jika ingin dilihat lebih detail, kalian bisa mendapatkan banyak hal dari bonus mingguannya.

Pertama, 1 Tas Emblem Normal ini berisikan 20 Fragmen Emblem acak. Berarti, karena setiap minggu dapat 5 tas, kamu akan mendapatkan 100 Fragmen Emblem. Dalam satu bulan, kalian bisa mendapatkan 400 Fragmen Emblem (meski acak alias random).

Kamu bisa membaca penjelasan mengenai emblem dengan membaca artikel ini.

Kedua, Kartu Battle Point (BP) Ganda 1 hari memang cukup menarik namun ia juga memberikan fitur yang mungkin tidak disadari banyak pemain. Selain menggandakan BP yang kamu dapat dalam sehari, ia juga menambahkan Batas Maksimal Battle Point yang bisa kamu dapat sebesar 1500 BP.

Banyak pemain Mobile Legends mungkin tidak menyadari hal ini namun ada batas maksimal BP yang bisa kamu dapat selama 1 minggu. Batas normalnya adalah 7500 per minggu. Dengan hanya menggunakan Kartu BP Ganda, kamu bisa menambah Batas Maksimal jadi 9000 BP per minggu.

Berarti, jika pemain normal akan mendapatkan 30000 BP sebulan, Starlight Member bisa mendapatkan 36000 BP sebulan.

Bonus Tambahan

Tidak hanya itu saja, kamu juga mendapatkan bingkai khusus untuk pengguna Starlight Member yang berlaku satu bulan. Lumayan, bisa kamu pamerkan ke teman-teman kamu. Bingkai ini tentu tak perlu dibahas terlalu jauh.

Ditambah lagi, kamu juga mendapatkan bonus 5 persen Experience dan Battle Point (BP). Tidak peduli kamu menang atau kalah, kamu pasti mendapatkannya.

Sayangnya, bonus tambahan ini tidak semenarik bonus mingguan di atas. Bonus 5% experience tentunya akan sia-sia buat mereka yang sudah level mentok. Bonus 5% BP ini juga tidak akan meningkatkan Batas Maksimal BP tiap minggu.

Jadi, kamu tetap akan mendapatkan 7500 BP per minggu (jika tidak menggunakan Kartu BP Ganda di atas). Namun demikian, bonus 5% BP ini bisa mempercepat kamu memaksimalkan perolehan BP setiap minggunya – meski memang tidak signifikan.

Hitungan kasarnya: Normalnya, jika kamu harus bermain sebanyak, katakanlah, 50x untuk mencapai Batas Maksimal BP; dengan bonus 5%, kamu cuma perlu bermain sebanyak 47,5x (95% dari 50).

6 Hero Tambahan ketika kamu membeli Starlight Member

Hero Gratis di Ranked

Nah, ini yang menjadikan menurut saya Starlight Member memberikan manfaat terbesar bagi saya yang baru main.

Kamu bisa menggunakan rotasi enam hero gratis mingguan di Ranked. Tanpa Starlight Member, 6 hero gratisan tidak bisa digunakan di Ranked. Tidak hanya itu saja kamu juga bisa mendapatkan tambahan enam hero lain jika jadi Starlight Member.

Jadi totalnya ada 12 hero gratis yang bisa digunakan di Ranked.

Perbandingan Harga dengan Beli Diamond

Mari kita bandingkan harga Starlight Member dengan harga Diamond. Saat artikel ini ditulis, Starlight Member dibanderol dengan harga Rp.149 ribu. Dengan harga yang sama, kalian bisa mendapatkan 565 Diamond (500 Diamond + Bonus 65 Diamond).

Jika untuk kebutuhan heroStarlight Member lebih murah plus sangat pas untuk para pemain yang masih belum punya jagoan sendiri. Kenapa? Karena, jika ingin beli pakai Diamond, 1 hero dibanderol dengan harga 299 – 599 Diamond.

Hero dengan harga 299 Diamond juga sangat sedikit. Kebanyakan harga hero ada di 599 Diamond. Sebaliknya, Starlight Member mengijinkan kamu mencoba 12 hero di ranked meski memang tidak permanen.

Namun demikian, justru karena itu tadi kami bilang Starlight Member cocok untuk pemain yang belum punya jagoan utamanya. Pasalnya, mereka bisa coba-coba berbagai macam hero terlebih dahulu.

Jika kalian ternyata tidak suka dengan satu hero, kalian tidak akan menyesal mengorbankan BP atau bahkan Diamond.

Di sisi lain, jika kalian lebih butuh skin (asal bukan skin ekslusif), Diamond lebih layak dibeli. Karena, harga skin normal ada di 269-299 Diamond. Dengan harga Rp.149 ribu, kalian bisa dapat 2 skin (269×2 = 538 Diamond). Sedangkan Starlight Member hanya dapat 1 skin meski memang eksklusif.

Penting dicatat, itu tadi hitungan skin normal ya, bukan yang Elite, Special, apalagi Epic karena skin Epic bisa sampai seharga 1089 Diamond.

Bagaimana untuk mereka yang butuh Emblem? Emblem juga lebih bagus beli Starlight Member karena hitung-hitungan yang telah kami jabarkan di atas.

Bagaimana jika kamu butuh BP? Untuk kebutuhan ini, kalian juga sebenarnya lebih baik beli Starlight Member ketimbang Diamond.

Kenapa?

Karena Kartu BP Ganda, baik itu yang sehari, 3 hari, ataupun 7 hari, sama-sama meningkatkan batas maksimal BP sebesar 1500. Padahal sebenarnya penambahan batas maksimal BP ini yang lebih penting.

5 Hero Rekomendasi untuk Solo Ranked Mobile Legends!

Akhirnya

Kenapa jadi panjang banget yak? Wkwkwkkwk… Akhirnya, jika kalian memang masih mengejar banyak hal di Mobile Legends (kejar Rank, Emblem, coba-coba hero, BP) Starlight Member ini lebih layak dibeli ketimbang Diamond.

Namun, jika kalian sudah di tingkat Mythic atau lebih Mythical Glory (yang asumsinya berarti kalian sudah mentok level, mentok Emblem, sudah punya sejumlah hero andalan) Starlight Member mungkin tak lagi menarik – kecuali kalian ingin skin eksklusifnya atau ada lebih dari 12 hero baru yang ingin kalian coba.

Cukup lengkap kan pembahasannya? Ada yang mau ditanyakan?

Diedit dan ditulis ulang oleh Yabes Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…