in

[Cerita MPL S2] SFI Esports: Jatuh Bangun Jawara Pontianak ke Babak Playoff

Sumber: MPL Season 2

Perjalanan SFI Esports menembus babak playoff bisa dikatakan paling dramatis jika dibandingkan tim-tim lain yang lolos. Pasalnya, mereka berminggu-minggu masuk zona degradasi, mereka akhirnya berhasil lolos di minggu terakhir MPL Regular Season.

Langkah Tim Menuju Panggung MPL Season 2

Sumber: MPL Season 2

SFI Esports sebenarnya merupakan nama baru di kancah esports Indonesia. Nama mereka baru mencuat setelah mereka mengakuisisi roster ELITE8 Critical Reborn, tim yang juga mengikuti MPL Season 1. Saat itu mereka berhasil meraih peringkat ketiga saat babak grup.

Saat masih bersama ELITE8, mereka harus kehilangan pemain andalan mereka yaitu Spade yang memilih berlabuh ke ONIC Esports. Namun mereka memasukkan dua pemain berbakat yaitu Doyok dan Ipin untuk memperkuat roster mereka.

Berkat raihan MPL Season 1, SFI Esports langsung lolos ke babak grup tanpa perlu susah payah bertanding dari online qualfier.

doyok mobile legends
Doyok saat di gelaran IGC 2018. Dokumentasi: Muhammad Thirafi Sidha/RevivalTV

Namun sayang, perjalanan mereka di MPL Season 2 berjalan tidak mulus. Sampai minggu ketiga, Doyok dan kawan-kawan harus puas meraih 1 poin berkat kekalahan 1-2 dari Louvre. Mereka memiliki poin yang sama dengan Team Capcorn yang juga menempati zona degradasi.

Harapan untuk bangkit akhirnya terjadi ketika mereka secara mengejutkan berhasil meraih kemenangan dari ONIC Esports, sang pemuncak klasemen. Dua poin yang didapatkan seakan membangkitkan semangat mereka untuk menembus babak playoff.

rekap mpl season 2 hari pertama
Sumber: Jefri Sibarani

Kemenangan 2-0 dari Team Capcorn membuat mereka memiliki kesempatan untuk lolos babak playoff. Ditambah, BOOM Jr yang menjadi lawan terakhir mereka di babak grup MPL hanya berselisih 1 poin saja dari mereka.

Meski sempat meraih kemenangan di game pertama, namun BOOM Jr yang berisikan pemain-pemain di bawah 20 tahun nyatanya mampu melawan balik dan mengakhiri game dalam waktu 8 menit saja.

Sumber: MPL Season 2

Game ketiga sekaligus game penentuan akhirnya berhasil dimenangkan SFI sekaligus membuat mereka berhasil lolos ke babak playoff. Meski memiliki poin yang sama dengan BOOM Jr, namun mereka unggul secara head-to-head.


Semangat dan Ambisi di Babak Playoff MPL Season 2

Sumber: GLHF Production/RevivaL TV

Karena meraih peringkat kedelapan, mereka berada di lower bracket dan bertemu dengan Louvre yang meraih peringkat kelima.

Namun sayang, Doyok dan kawan-kawan tidak bisa berbuat banyak saat melawan Louvre dan harus tersingkir dengan skor 2-0 tanpa balas.

Meski begitu, perjalanan mereka dari zona degradasi hingga mencapai babak playoff tentunya patut diapresiasi mengingat mereka baru bisa dipastikan lolos saat minggu terakhir.

Saat konferensi pers dengan media, SFI Esports sendiri mengaku hasil mereka kurang memuaskan. Saat ditanya soal lebih baik memilih MPL diadakan di Jakarta atau Surabaya.

Mereka mengaku memilih di Jakarta karena demi kenyamanan pemain. “Sebenarnya di mana aja boleh, asal dipersiapkan saja,” kata salah satu pemain dari SFI saat konferensi pers.

Patch 7.20b – Dota 2: Nerf Cepat Valve Menyikapi Patch ‘Gila’ di 7.20

Meski mengaku kepanasan karena saat itu pertandingan di hari pertama berjalan terlambat namun mereka mengakui antusiasme luar biasa dari pengunjung yang ada di MPL Season 2.

“Antusiasmenya gila banget dan rela nunggu berjam-jam itu merupakan hal yang luar biasa,” katanya.

sfi esports mpl season2
Sumber: GLHF Production/RevivaL TV

Kehadiran Doyok yang dikenal sebagai pemain berbakat nyatanya tidak cukup membawa SFI Esports meraih hasil lebih jauh.

“Tentunya kami sempat kesulitan untuk memaksimalkan kemampuan Doyok. Mungkin karena kami kurang komunikasi dan ketidak bijaksanaan leader-in-game.”

BACA JUGA: Signature PB Sukses Taklukkan RRQ Endeavour di Final PBIC 2018!

Untuk ke depannya, mereka mengaku bakal mencari tempat latihan untuk menyatukan tim. “Meski sudah ada discord, namun lebih enak jika kita berada di satu tempat.

Sumber: MPL Season 2 – RevivalTV

Selain itu kami juga lebih banyak mencari lawan latihan guna mempersiapkan menghadapi musim berikutnya. Target kami untuk MPL Season 3 tetap meraih juara,” tambahnya.


Kegagalan SFI Esports meraih juara, bukanlah akhir dari perjalanan mereka. Berhasil lolos ke babak playoff tentu menjadi prestasi tersendiri dan bisa memotivasi agar mereka bisa meraih hasil yang lebih baik ke depannya.

Setidaknya SFI Esports mampu bangga dengan mengemban status sebagai 8 tim Mobile Legends terbaik di Indonesia untuk saat ini.

Diedit oleh Yubian A. Huda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…