in , ,

[Profile] JessNoLimit: Cita-Citanya Jadi Pengusaha asal Halal

Image Courtesy: MPL ID

Siapakah yang tidak kenal gamer yang satu ini? Gamer yang punya 3,3 juta subscribers di YouTube (setidaknya saat artikel ini ditulis) ini merupakan gamer tanah air yang paling populer saat ini. Namun demikian, banyak orang hanya mengenal Jess sebagai pemain Mobile Legends. Bagaimana dengan sisi lain dari Justin, nama aslinya? Inilah profil JessNoLimit.

Bagaimana JessNoLimit bisa kenal Mobile Legends?

Dokumentasi: MPL Indonesia

Justin yang berusia 22 tahun ini (saat kami mewawancarainya) pun mengaku awalnya ia bermain Dota 2. Namun karena PC-nya tidak kuat dan sibuk kerja, ia pun pindah bermain Vainglory. Namun di game tersebut, ia merasa bosan dan tidak punya kawan bermain.

Kala itu, ia pun melihat iklan Mobile Legends dan akhirnya tergoda untuk mengunduh dan memainkannya.

Perjalanan JessNoLimit Sebagai Pro Player

Dokumentasi: MPL Indonesia

Justin yang mengaku bermain Mobile Legends sejak Season 2, atau Februari 2017, satu kali bertemu dengan satu tim Saints Indo yang memang saat itu berada di puncak kejayaannya sebagai tim Mobile Legends terbaik di Indonesia.

Ia pun diajak bergabung dengan Saints Indo. Setelah itu, sebelum ia berlabuh ke EVOS Esports, Justin mengaku telah malang melintang dari satu tim ke tim lainnya. Bersama Oura, yang juga sempat satu tim saat di Saints Indo, Justin membesarkan nama EVOS Esports dan juga sebaliknya; baik dari sisi popularitas ataupun prestasi.

Bersama Oura, Donkey, IOS, KneEr, dan Oreo, Justin pun berhasil menjadi Runner Up di Grand Final MPL Indonesia Season 1.

Meski divisi Mobile Legends dari EVOS Esports telah berubah dari jaman MPL ID S1, Jess, Oura, dan IOS masih setia bersama dengan tim serigala putih ini.

Perjalanan Justin Sebagai YouTuber

Suka atau tidak suka kalian dengan Mobile Legends, hal itu tidak akan mengubah fakta bahwa JessNoLimit adalah gamer Indonesia pertama yang popularitasnya mampu mengalahkan selebriti televisi sekalipun dan hal tersebut terjadi berkat kombinasi antara YouTube dan Mobile Legends.

Justin yang merupakan satu dari 2 bersaudara (ia punya adik) ini mengaku memang tidak langsung jadi YouTuber sesaat setelah ia bermain Mobile Legends. Ia baru mulai mencoba masuk YouTube saat September 2017.

Video pertamanya Justin adalah saat ia mewawancarai salah satu pemain Mobile Legends legendaris asal Singapura, Zxuan (yang saat artikel ini ditulis juga jadi bagian dari tim Mobile Legends EVOS Esports SG).

Justin pun rajin mengunggah konten-konten baru setiap harinya.

Selain jadi pro player dan YouTuber, Justin juga mengaku kesehariannya sekarang adalah jualan aplikasi. Istilah yang mungkin ia gunakan untuk merendah karena tak ingin menyebut dirinya bintang iklan…

Apa bedanya jadi YouTuber dan Pro Player? Mana yang lebih enak?

Menurut Jess, keduanya sama-sama punya kekurangan dan kelebihannya. Kalau jadi pro player, tantangannya adalah bagaimana caranya agar menang. Sedangkan kalau jadi YouTuber adalah soal bagaimana cara membuat konten yang menarik.

Jess sudah punya pacar? Ada apa sama Jodie Idol?  😛

“Belum, belum punya pacar.” Jawab Justin singkat. “Sama Jodie Idol cuma teman…” Tambahnya.

Menariknya, saat pertanyaan itu saya lemparkan, ada Oura dan kawan-kawan lain dari EVOS Esports (karena sehabis media day untuk MPL ID S2) dan Oura pun tersenyum-senyum penuh arti mendengar jawaban Justin… Wkwkwkwk

Bagaimana tanggapan Justin soal haters?

Semakin tinggi popularitas, semakin banyak pula orang-orang yang tidak suka, termasuk Justin.

JessNoLimit yang juga pernah menang penghargaan ICA 5.0 (2018) yang digelar oleh NET TV untuk kategori Digitial Persona of the Year ini mengaku selalu membaca komen, termasuk yang negatif.

Ia bahkan mengatakan, “ya kalau bisa memperbaiki diri, kenapa tidak dilakukan? Tapi kalau pure haters ya diamkan saja. Wajar saja ada haters. Agama yang tidak salah apa-apa pun juga ada hatersnya.”

Bagaimana rencana Justin ke depannya? Apakah ia akan terus jadi YouTuber atau Pro Player?

Justin mengatakan, saat ini, ia ingin menuntaskan semua tanggung jawabnya sebagai seorang pro player (dengan menyelesaikan semua kompetisi yang sedang berjalan). Namun, jika saatnya nanti ia sudah harus pensiun sebagai pro player, ia mengaku bercita-cita sebagai pengusaha. “Pengusaha apa saja, asal halal. Tapi pengennya sih di sekitaran game atau IT.” Jawabnya.

Penutup

Itu tadi perbincangan singkat saya dengan JessNoLimit.

Sebelum saya akhiri artikel ini, ada satu hal yang paling saya kagumi dari Justin; yang mungkin bisa dijadikan teladan bagi yang lain: ia sungguh rendah hati.

Meski popularitasnya selangit, ia tak pernah sombong dan angkuh. Ia mau meladeni berbagai pertanyaan saya dari yang normal sampai yang aneh (termasuk yang soal pacar tadi kwkwkw…). Pasalnya, saya tahu ada beberapa tokoh esports lainnya yang cukup populer, meski memang tak sepopuler JessNoLimit, bahkan enggan ataupun malas-malasan saya wawancarai.

Karena itu, thanks banget buat Justin yang sudah mau berbagi ceritanya dan semoga sukses terus ya sebagai pro player, YouTuber, ataupun besok saat sudah jadi pengusaha nanti.

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…