in , , ,

[Hero Review + Complete Guide] Natalia Mobile Legends: Rework Penuh Kontroversi

Natalia merupakan hero yang mungkin jadi favorit semua user Assassin di Mobile Legends. Ia bisa melakukan banyak hal, seperti menghasilkan damage yang tinggi, menciptakan berbagai gank di early game, bisa menghilang, dan juga bisa nge-blink. Lincahnya Natalia membuat banyak player resah dan tak tahu bagaimana cara untuk meng-counter hero tersebut.

Image Courtesy: DeviantArt sapphire22crown

Moonton pun merespon keluhan rakyatnya dan mereka me-rework Natalia. Kendati demikian, rework ini malah menyebabkan user Assassin yang mengeluh karena Natalia menjadi semakin useless.

Mengapa? Apakah Benar Natalia jadi ga guna? Atau malah jadi OP?.

Skill Natalia Mobile Legends Setelah Rework

Skill Pasif: Assassin Instinct

Jika sebelumnya pasif ini merupakan salah satu pasif yang paling ditakuti oleh para Marksman, Support maupun Mage, sekarang mungkin tidak lagi. Pasalnya, banyak aspek dari skill ini yang justru di-nerf, bukannya diubah.

Perubahan yang berdampak paling besar terhadap playstyle Natalia adalah saat ia keluar dari invisibility-nya. Sebelum di-rework, Natalia akan memberikan attack biasa pada musuh sekaligus memberikan silence. Sekarang, bukannya memberikan attack biasa, Natalia akan melakukan “flicker” ke belakang musuh.

“Flicker” yang dimaksud.

Memang, hal tersebut akan memudahkan Natalia untuk menjangkau musuh dari belakang demi menghasilkan tambahan damage. Tetapi, kadang itu juga akan merusak positioning Natalia sendiri.

Fatalnya, bisa jadi bukan musuh yang terbunuh, malah Natalia sendiri yang akan berada di posisi sulit. Di beberapa kasus, yang terkena silence malah minion di dekat musuh yang ingin kita ciduk.

Tetapi ada hal positifnya juga lho dari perubahan ini. “Flicker” tersebut memungkinkan Natalia untuk menjangkau musuh yang dibatasi dinding yang tebal sekalipun. Ini dia cuplikannya.

Menembus dinding turtle / lord.. Wow! Courtesy: YouTube Hororo chan

Seakan tak puas dengan perubahan sebelumnya, Moonton juga memperluas jangkauan tanda seru pada musuh sehingga Natalia lebih mudah terdeteksi.

Perbedaan yang cukup signifikan pada jangkauan ini tentu sangat menguntungkan bagi para user Marksman, Mage dan Support. Mereka bisa dengan cepat kabur ke tempat yang lebih aman bahkan sebelum Natalia dapat menyentuh mereka.

Luas jangkauan tanda seru sebelum rework. Courtesy: YouTube Hororo chan
Luas jangkauan tanda seru setelah rework.

Selain itu, Natalia dapat terdeteksi oleh musuh dengan peringatan tanda seru walaupun ia sedang bersembunyi di dalam semak-semak. Tentu Natalia tak bisa lagi mencuri buff musuh karena perubahan satu ini.

Recall di semak-semak pun harus menggunakan faktor hoki untuk bisa selamat sampai ke base. Sepertinya gelar Master of Invisibility juga tak ada lagi pada dirinya..

Parahnya lagi, durasi silence-nya juga berkurang, dari 2 detik menjadi 1 detik. Sulit bagi Natalia (bahkan mungkin tidak bisa lagi) untuk meng-counter hero-hero yang butuh di-silence seperti Harley, Fanny, dan kawan-kawannya.

Duh, no mercy untuk skill pasif Natalia!

Skill 1: Claw Dash

Skill escape yang dimiliki Natalia ini memang tidak banyak mendapatkan perubahan, kecuali pada jaraknya yang diperkecil. Tetapi tetap saja hal itu justru membuat kelincahan Natalia semakin berkurang.

Kiri = sesudah rework, kanan = sebelum rework. Courtesy: YouTube Hororo chan

Skill 2: Smoke Bomb

Banyak yang mengeluh tentang perubahan tampilan pada skill kedua Natalia ini. Mereka mengatakan bahwa Smoke Bomb sekarang tampak mengecil daripada yang sebelumnya – padahal sebenarnya sama aja sih. Tak ada perubahan apapun pada smoke bomb di patch notes.

Courtesy: YouTube Elgin – Mobile Legends

Hal yang mungkin membuat tampilan smoke bomb sebelum rework terlihat lebih besar adalah smoke tambahan yang berada di ujung. Well, hanya ilusi mata saja ya sepertinya.

Beberapa player juga menyayangkan efek visual smoke bomb yang agak tak kasat mata. Apalagi pada saat teamfight, akan ada banyak skill yang dikeluarkan oleh berbagai hero. Kebanyakan user Natalia kadang bingung apakah skill tersebut sudah mereka cast atau belum saat teamfight.

BACA JUGA: [Hero Review] Chang’e Mobile Legends: Imut Namun Kurang Berguna

Oh ya, ada satu nerf yang tak tercantum di patch notes tentang smoke bomb. Attack speed Natalia yang meningkat 30% saat berada di dalam smoke bomb tak lagi meningkat setiap levelnya. Untuk lebih jelas, kalian bisa lihat gambar ini.

Attack speed bonus sesudah rework.
Attack speed bonus sebelum rework.

Skill Ulti: Cold-Blooded Strangling

User Assassin menaruh harapan besar pada Moonton untuk melakukan sesuatu pada ultimate Natalia yang menurut mereka biasa saja. Namun mereka hanya mengabulkannya di Advanced Server.

Ultimate Natalia yang di-rework di Advanced Server.

Mereka mengembalikannya ke ultimate Natalia yang semula pada final rework di Normal Server. Iya, ultimate yang sebenarnya hanya sekadar untuk mempercepat farming minion. Yah, setidaknya sekarang kalian bisa menghentikan channeling ultimate-nya dengan menggunakan skill 1.

Dengan begitu, tidak heran mengapa banyak user Assassin yang melontarkan protesnya terhadap rework ini.

Build Natalia Setelah Rework: Spell, Emblem, dan Equipment

“Lalu bagaimana nasib kami, user setia Natalia yang tak mau menyerah meski berbagai nerf dan rework menerjang??”

Jangan khawatir, kalian masih tetap bisa bermain Natalia kok. Tetapi dengan cara yang agak sedikit berbeda dibandingkan sebelumnya. Untuk pembahasan build Natalia kali ini, kita akan menelaah build dari Unta dan Limit.Company yang keduanya merupakan top global Natalia.

BACA JUGA: [Hero Review + Complete Guide] Belerick Mobile Legends: Pohon Keramat

Spell

Setelah rework ini, Inspire takkan selamanya membantu kalian untuk memenangkan game. Pilihan battle spell lain untuk Natalia adalah Petrify atau Retribution. Dengan begini, kalian bisa memilih ingin bermain pusher atau killer… atau farmer.

Inspire sangat membantu untuk push (apalagi push secara cepat dan diam-diam), karena damage Natalia yang tinggi dan juga mobilitasnya yang masih tergolong tinggi dibandingkan hero pusher lainnya.

Oleh karena durasi silence yang berkurang, Petrify menjadi pilihan tepat untuk membantu mengamankan kill, terutama jika kalian mengincar hero-hero licin seperti Hayabusa maupun Harley. Tetapi, jika tim kalian memiliki hero dengan skill CC seperti Chou, Inspire lebih diutamakan dibandingkan Petrify.

Retribution mungkin adalah pilihan yang cukup greedy, tetapi bisa membantu kalian untuk mendapatkan item secara lebih cepat. Ambil spell ini jika kalian tidak yakin bisa mendapatkan kill banyak di early game.

BACA JUGA: [Hero Review + Gear Builds] Claude Mobile Legends: Sang Marksman Licin

Note: spell Retribution ini terinspirasi dari build Limit.Company saat ia bermain Natalia beberapa hari lalu. Dan jika kalian ada saran Battle Spell lainnya, silahkan tuliskan di kolom komentar ya. ^^

Emblem & Talents

Memilih emblem yang tepat harus didasarkan oleh playstyle kalian pada setiap game. Meskipun begitu, hanya ada 2 emblem yang cocok pada Natalia (setidaknya sampai artikel ini ditulis), yaitu Assassin dan Marksman.

Custom Emblem Assassin milik Unta.

Custom Assassin Emblem dari Unta ini memprioritaskan playstyle yang lebih condong ke arah killer. Hal itu terlihat dari emblem tier 3 yang ia pilih, yaitu Bounty Hunter. Bounty Hunter memungkinkan kalian untuk mendapatkan gold lebih dari hasil membunuh musuh.

Custom Marksman Emblem milik Limit.Company.

Kenapa seorang Assassin malah menggunakan emblem Marksman? Awalnya saya juga berpikir begitu. Tapi ternyata ada alasan cerdas di balik penggunaan emblem ini, lho.

BACA JUGA: Tips & Trik Jawhead Mobile Legends dari LJ Aerowolf Roxy

Walaupun emblem Marksman ini lebih condong ke arah playstyle farmer, tetapi pada akhirnya Natalia dapat menghasilkan damage yang lebih besar dibandingkan menggunakan emblem Assassin. Emblem tier 3 yang ia pilih yaitu Weapon Master yang dapat meningkatkan damage dari equipment.

Hal yang perlu diperhatikan dari penggunaan emblem ini adalah apakah komposisi tim kalian sudah baik atau belum. Tim kalian harus terdiri dari tank, untuk menjamin kalian dapat farming dengan aman pada early game. Jika ada Marksman yang sangat membutuhkan farm seperti Irithel atau Miya di tim kalian, sebaiknya jangan menggunakan emblem ini.

Equipment

Ini dia equipment yang sering sekali digunakan oleh mayoritas user Natalia. Meski equipment-nya sepertinya tidak ada yang berubah, ada beberapa poin penting yang perlu dibahas.

Rapid Boots lebih dipilih dibanding Swift Boots karena Rapid Boots memberikan tambahan movement speed lebih (meskipun ada pasif unik yang mengurangi movement speed-nya).

Windtalker atau Blade of Despair dapat diganti dengan Malefic Roar jika kalian ingin bermain tipe pusher.


Rework Natalia ini memang mengundang kontroversial dari berbagai kalangan player Mobile Legends. Walaupun rework ini terkesan negatif, ada juga user Natalia yang mengatakan bahwa rework ini tak mengganggu gameplay-nya.

Kalau menurut kalian gimana guys? Tuliskan tanggapan kalian di kolom komentar ya! 🙂

Diedit oleh Yabes Elia

Written by Jane Edgina

17 year old writer-translator. Female. A loyal support in Dota 2. Daydreamer and snow-addict❄
Adventure book (Instagram) — @janeenuary

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…