in

MPL Week 6 Day 1: Lagi-Lagi Ada Maniac, STJr Sapu Bersih Domino 2-0!

mpl week 6 day 1

Memasuki week ke-6, persaingan di MPL Season 1 terasa lebih sengit. Mengingat hanya 8 tim teratas pada klasemen yang akan bermain di babak playoff, semua tim harus bermain ekstra hati-hati! Seperti apa sih keseruan dari rangkaian match di MPL Week 6 Day 1 ini?

Jadwal pertandingan MPL Week 6 Day 1.

ELITE8 Critical Reborn vs Bigetron Player Kill

Setelah Maniac yang didapatkan oleh Spade di MPL Week 5 Day 1, sepertinya E8 tidak akan pernah bosan dengan Karrie. Mereka juga mendapatkan Johnson yang merupakan hero META. Tak mau ketinggalan, BTR mengambil hero-hero dengan skill crowd control.

Game pertama ini sebenarnya berjalan dengan seimbang. Walaupun E8 sempat kalah dalam hal networth serta turret, mereka tetap santai dan memenangkan beberapa teamfight. Saat BTR mencoba mengambil Lord, E8 menganggunya dan sukses menumbangkan 3 hero dari BTR. BTR menjadi kewalahan untuk melakukan push walaupun mendapatkan Lord.

Pada suatu teamfight di mid game, BTR terkena wipe out walaupun Moskov (Rekt) mendapatkan double kill. Padahal, yang menginisiasi teamfight itu adalah BTR sendiri, namun keadaan justru berbalik.

Setelah teamfight itu, E8 pun mencoba untuk mengambil Lord. Skor pertama diamankan oleh E8 setelah mereka memenangkan teamfight terakhir yang menyisakan Angela (Emperor), Hylos (Vin) dan Chou (Coffeeguy) dari BTR untuk melakukan defense.

Kedua tim ini sepertinya sangat suka mencetak rekorrekor baru, mulai dari Savage pertama yang didapatkan oleh Rekt serta Maniac yang didapatkan oleh Spade. Nah, pada game kedua ini, durasinya mencapai 40 menit! Tapi tenang, kita nggak akan membahasnya terlalu detil agar kalian tidak bosan.

Di sini kita akan menilik lebih lanjut mengapa BTR mengalami kekalahan di game ini. Pertama, dari segi draft E8 memang lebih unggul daripada BTR. Kenapa? Karena BTR tidak memiliki Marksman sehingga DPS (damage per second) dari tim mereka kurang. Mereka lebih memilih herohero dengan skill crowd control seperti game pertama.

Kedua, BTR tidak memanfaatkan kesempatan untuk mengakhiri game secara cepat. Mengingat E8 memiliki herohero yang potensinya berada di mid menjelang late game, seharusnya BTR bermain dengan lebih hati-hati agar mereka bisa mengakhiri game setidaknya sebelum Lesley dan Helcurt menjadi aktif dalam game.

Terakhir, ketika BTR akan melakukan push ke base E8 (bahkan sudah siap dengan Lord-nya!), mereka agak sedikit blunder. Sepertinya mereka terlalu fokus untuk multi-tasking dengan mengincar seluruh turret agar mendapatkan super minion. Walaupun Helcurt (Spade) gugur di awal fight, hal itu menyebabkan HP dari Kagura (Emperor) menjadi low dan ia pun berhasil di-kill Akai (Joker).

Zilong (Fabiens), yang juga sedang melakukan push pada top turret harus gugur duluan karena di-kill oleh Harley (King). Hanya Grock (Coffeeguy) dan Cyclops (Vin) dari BTR yang selamat setelah teamfight itu.

Di akhir match, networth para player tentu sangat tinggi. Networth paling tinggi dipegang oleh Lesley (Jack), begitu juga dengan sumber damage terbanyak. Wow!

Wah, networth-nya bisa buat beli cireng berapa banyak yah?

Pandora eSport vs Team Nxl

Pandora, entah karena miskomunikasi atau bagaimana, performa mereka sangat menurun di kedua game dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Padahal, mereka seharusnya berhati-hati untuk tidak jatuh ke zona degradasi.

Seperti yang kalian bisa lihat pada 4 gambar di bawah ini, Balmond (DieNoob) dan Zilong (Com) sedang mencoba untuk melakukan gank terhadap Helcurt (Billy). Dive turret adalah hal yang tidak mungkin bagi Zilong, dan seharusnya yang maju terlebih dahulu adalah Balmond (agar Balmond dapat meng-tank pukulan turret). Menurut para caster juga sebenarnya tindakan ini terlalu greedy.

Akhirnya, Helcurt pun selamat, Zilong gugur, dan Balmond terciduk dua hero dari nxl> yang datang dari mid.

Kronologis peristiwa pencidukan Helcurt (Billy).

Pada game kedua, sebenarnya di early game Pandora sudah berusaha semaksimal mungkin. Mereka mendapatkan beberapa turtle serta kill. Sayangnya, seiring berjalannya game kekompakan mereka kian hilang, dan satu per satu hero pun terculik. Mungkin itu juga diakibatkan oleh rotasi dari nxl> yang sangat baik. Dengan demikian, skor 2-0 diperoleh nxl>.


EVOS eSports vs Louvre

Jika Donkey yang selalu menjadi playmaker pada setiap kemenangan EVOS di minggu-minggu yang lalu, kali ini IOS juga ikut bergabung dengannya. Lolita (Donkey) dan Chou (IOS) sukses membuat Louvre kewalahan, meski beberapa kali mereka berdua harus menjadi tumbal agar core hero dari EVOS bisa mendapatkan sejumlah kill.

Aksi IOS menyelamatkan Lesley (KneEr). Btw, KneEr nya udah Flicker ke belakang.

Tak hanya itu, JessNoLimit yang menggunakan Helcurt juga sangat-sangat dimanjakan oleh timnya. Freefarm? Iya. Lasthit turtle? Dapat. Gold buff? Dapat juga. Louvre juga sepertinya melupakan bahwa Jess juga ada di game tersebut, mereka lebih sibuk menciduk anggota EVOS yang lain.

Berkat konsistensi EVOS memanjakan JessNoLimit, ia berhasil memperoleh networth tertinggi di game. Hal itupun membawa EVOS kepada kemenangan game pertama.

Sebenarnya Donkey bisa nyampah loh saat ini, tapi ia memberikan killnya kepada Jess. Salut!

Di early game pada game kedua, Oura sepertinya sangat diganggu. Ia juga sempat tertangkap basah saat mencuri buff di jungle Louvre. Tetapi keadaan pun berbalik. Saat war di top turret milik EVOS, posisi dari Louvre sangat menguntungkan bagi EVOS sehingga Oura berhasil mendapatkan Maniac. Uniknya, Maniac didapatkan di menit 3:45 yang masih terbilang early game!

Louvre tentu tidak patah semangat setelah itu. Pada suatu teamfight, Lapu-Lapu (Arss) melayangkan triple stun dan hal itu hampir membahayakan EVOS. Sayangnya, Hayabusa (JessNoLimit) langsung melakukan ultimate-nya yaitu Shadow Kill. Louvre pun terkena wipe out. Lord berhasil diamankan EVOS setelah teamfight tersebut dan game kedua pun berakhir dengan cukup singkat.

Dengan begitu, EVOS lagi-lagi menunjukkan taringnya di MPL, mengalahkan Louvre dengan kemenangan 2-0.


Saints Indo 2 vs Domino’s Hunters

STJr yang masih berada di posisi paling bawah pada klasemen sementara sepertinya harus berjuang keras untuk mendapatkan poin. Perjuangan mereka tidak sia-sia, mereka berhasil memenangkan game pertama. Baik Alucard (Rangers) maupun Harley (Meatzza) tidak dapat berkutik karena terus-menerus diberikan tekanan.

Game kedua berlangsung lebih sengit dikarenakan kedua tim memiliki komposisi hero yang seimbang. Tetapi sepertinya STJr sudah bisa membaca strategi Domino, apalagi core hero dari Domino sama seperti game sebelumnya. Maka, untuk menyulitkan pergerakan dari Harley, hero-hero seperti Saber, Cyclops dan Johnson pun di-pick. Dengan begitu, kemenangan 2-0 jatuh kepada STJr.


Itu dia keseruan keempat match di MPL Week 6 Day 1 ini. Sekedar info, regular season hanya tersisa 1 week lagi yaitu Week 7, jadi jangan lupa untuk tonton terus MPL di facebook page dari Mobile Legends. Salam Mobile Legends!

Diedit oleh Yabes Elia

Written by Jane Edgina

17 year old writer-translator. Female. A loyal support in Dota 2. Daydreamer and snow-addict❄
Adventure book (Instagram) — @janeenuary

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…