in

MPL Week 5 Day 1: Antara Maniac Karrie-Spade dan RRQ Ditahan Imbang Oleh nxl>

MPL Week 1 Day 5

Halo sobat RevivaLTV!

Pasti kalian bertanya-tanya selama 2 minggu ini, “Kok MPL nggak ada ya minggu ini?” “Kok YouTube dan Facebook sepi banget yah nggak ada yang stream MPL?” “Website RevivaLTV kok nggak ada yang posting highlight match MPL?”

Nah, setelah break selama 2 minggu, Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia akhirnya kembali lagi dengan banyak kejutan. Kejutannya ialah, 2 hero baru yaitu Jawhead dan Angela dapat dipakai di MPL. Jika di minggu-minggu sebelumnya hanya 1 hero seperti Lesley, di minggu ke-5 ini kita mungkin akan melihat 2 hero baru muncul di MPL.


Domino’s Hunters vs Pandora eSport

Setelah hengkangnya natash dari tim Pandora, performa dari tim satu ini sepertinya agak menurun. Dari draft Pandora di atas, terlihat bahwa mereka mencoba untuk bermain agresif dengan melakukan pick pada hero-hero yang kuat di early sampai mid game. Untuk battle spell, dari mereka juga sama sekali tidak ada yang memakai   Retribution.

Sayang, upaya mereka untuk bermain agresif pada game 1 ini digagalkan oleh Domino oleh karena Lolita (GodSpeed) yang selalu meng-cover setiap anggota timnya.

Tetapi, sebenarnya poin penting dari kemenangan 2-0 Domino ini adalah komunikasi yang sangat baik dalam tim mereka. Hal ini terbukti saat game kedua, pada saat Akai (Cheese) terkena gank dan terpojok. Tindakan yang ia ambil adalah melakukan   Flicker ke arah belakang, bukan ke arah base-nya. Lalu ia pun melakukan ultimate dan anggota timnya pun datang membantu.

Di samping itu, Alucard (Rangers) berperan sangat penting pada game kedua ini. Total networth yang ia dapatkan bahkan mencapai 11285 gold pada akhir game, hasil dari menyapu bersih hero-hero Pandora dan menghancurkan turret.


ELITE8 Critical Reborn vs Louvre

Dari awal, Louvre mendominasi game pertama dalam hal turret dan networth. E8 pun harus bermain dengan sabar, melakukan gank dengan super hati-hati serta mencoba untuk membalikkan keadaan.

E8 berhasil membuktikan bahwa mereka adalah tim dengan aksi defense dan permainan di late game yang memukau. Mereka berhasil membalikkan keadaan saat mencoba untuk mengganggu Louvre saat Louvre mengambil lord. Maniac pun didapatkan Karrie (Spade) sehingga networth-nya pun lebih unggul dibandingkan hero-hero Louvre.

Setelah mengambil lord, E8 langsung melakukan push. Sangat disayangkan untuk Louvre, inisiasi dari Chou (Ace) sangat baik dengan melakukan stun terhadap 2 hero sekaligus. Karrie pun melakukan follow up berkat burst damage-nya yang sangat besar. Louvre harus tunduk pada E8.

Tak mau kalah, Karrie di-pick oleh Louvre pada game kedua. E8 juga melakukan pick pada Cyclops, sehingga kedua tim seperti bertukar hero. Walaupun begitu, kedua tim juga tentu mengetahui potensi dari kedua hero, sehingga Louvre terus mengincar Cyclops dan E8 mengincar Karrie.

Tetapi sepertinya E8 agak melupakan Harley yang bisa “mengangkat” game walaupun Karrie sering kali terkena shut down. Benar saja, pada satu teamfight Harley bisa membuat teamfight yang seharusnya tidak worth menjadi worth. Walaupun Louvre terkena wipe out saat itu, Harley membuat wipe out itu menjadi tidak berguna bagi E8.

Mengapa? Karena dari E8 hanya tersisa 2 hero yang bukan core yaitu Hylos dan Saber. Kedua hero tersebut tidak terlalu mampu untuk melakukan push apalagi mengambil Lord.

Beberapa saat setelah itu Louvre memberanikan diri mengambil lord, sesaat setelah mereka berhasil menciduk Cyclops. Dengan adanya Lord, mereka pun lebih percaya diri untuk melakukan push. Dengan demikian, skor imbang diperoleh kedua tim.


Team Nxl vs Rex Regum Qeon Oxygen

Sepertinya belum ada tim yang dapat mengalahkan RRQ dengan Kagura, karena RRQ sendiri sudah tahu pasti cara meng-counter Kagura. Hal tersebut tercermin dari game pertama nxl> vs RRQ ini. Harley beserta beberapa hero dengan skill crowd control pun di-pick oleh RRQ.

Nah, ternyata draft dari RRQ bukan hanya untuk meng-counter Kagura loh. Sebenarnya malah draft tersebut ditujukan untuk Fanny. Oleh karena itu, akan lebih mudah bagi RRQ untuk menangkap Fanny dan Fanny juga menjadi sulit untuk beraksi dalam teamfight.

Selain draft, RRQ juga unggul dalam hal Turret dan Lord. Mereka juga memanfaatkan Lord dengan sangat baik. Ketika Lord melakukan push pada Turret terakhir di top lane, Natalia (Tuturu) dan Lancelot (Instinct) melakukan push pada Turret di bottom lane. Beberapa saat kemudian, mereka berhasil meruntuhkan base nxl>.

Dari segi draft, sejak fase ban memang sudah terlihat RRQ sangat ingin bermain Kagura, karena mereka memilih untuk melakukan ban pada Harley. Hal itu diketahui nxl> sehingga Kagura pun di-ban, sekaligus sebagai respect ban. Kali ini juga sepertinya Tuturu sedang nggak mood untuk bermain hero Marksman, kira-kira kenapa ya?

Di game kedua ini, rotasi nxl> sangatlah baik sehingga mereka unggul dalam segala hal, bahkan pada menit 9 perbedaan networth mencapai 10000 gold. Pada early game pun Fanny (Watt) berhasil mencuri Turtle walaupun harus mengorbankan nyawanya. Tetapi hal itu justru menguntungkan nxl>. Karena selain mendapatkan turtle, 3 hero dari RRQ juga tumbang.

Sadar akan ketertinggalan yang cukup jauh, RRQ masih mempertahankan kekompakannya dan tidak tinggal diam. Saat Fanny menjadi blunder dan melakukan dive terlalu jauh, RRQ mengambil kesempatan ini untuk men-shutdown Fanny. Mereka juga sempat mendapatkan Lord. Lord tersebut berhasil mengalihkan perhatian nxl> sehingga RRQ dapat melakukan push di bottom lane.

Sayang sekali, di satu teamfight fokus RRQ teralihkan oleh Fanny, sehingga sebagian hero pun berpencar ke arah top untuk menghentikan niat Fanny yang ingin melakukan split push. RRQ kalah dalam teamfight itu, dan nxl> pun mendapatkan Lord yang membuat base RRQ porak poranda.

Pada last teamfight saat RRQ mencoba untuk push, mereka berada di posisi yang sangat menguntungkan bagi Fanny. nxl> pun hampir melakukan wipe out. Teamfight itu menyisakan Grock (Barier) dan Lancelot (Tuturu) untuk melakukan defense. Inilah kekalahan pertama RRQ setelah mid-break season, skor menjadi imbang untuk match ini.


Itulah highlight dari beberapa match di MPL Week 5 Day 1. Jangan lupa untuk menonton match-match selanjutnya ya, setiap hari Sabtu dan Minggu. Kalian bisa menontonnya di facebook page dari Mobile Legends. Terus dukung tim favorit kalian ya!

Diedit oleh Yabes Elia

Written by Jane Edgina

17 year old writer-translator. Female. A loyal support in Dota 2. Daydreamer and snow-addict❄
Adventure book (Instagram) — @janeenuary

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…