in

Lepasnya Divisi Mobile Legends E8: Mimpi dan Asa Baru E8, Tim Critical, dan SFI

Formasi tim Critical saat awal bergabung dengan E8, beberapa bulan lalu.

Dalam masa transfer MPL Indonesia Season 2, kabar mengejutkan datang dari salah satu organisasi esports besar Indonesia, Elite8 Esports (E8). Pasalnya, divisi Mobile Legends E8 resmi dilepas hari ini, 22 Juli 2018, dan diakuisisi oleh SFI Esports.

Tim ini merupakan salah satu dari 10 tim Mobile Legends terbaik yang lolos di MPL Indonesia Season 1 (dari 2048 tim yang berpartisipasi di babak kualifikasi). Kala itu mereka bernama Elite8 Critical Reborn.

Di klasemen akhir Regular Season MPL tersebut, E8 CR pun berada di peringkat ketiga, di bawah RRQ.O2 dan EVOS Esports. Sebenarnya, mereka boleh dibilang konsisten (tidak naik dan tidak turun) di babak Grand Final MPL Indonesia Season 1.

Mereka masih harus rela berada di bawah RRQ.O2 dan EVOS, namun kala itu Aerowolf Roxy (yang kala itu bernama TEAMnxl>) saja yang seperti mendapatkan wangsit dan mengguncang dunia persilatan jadi juara MPL Indonesia Season 1.

Tim Mobile Legends yang menghadiri main event Garuda Cup. Source: MET Indonesia

Setelah MPL Indonesia Season 1 selesai, roster ini juga mungkin masih bisa dibilang cukup konsisten. Mereka kembali masuk ke babak Grand Final Garuda Cup 2018 dan Codashop Weekdays Tournament.

Meski keberuntungan belum pernah berpihak di tim ini di tingkat nasional, mereka tetap saja boleh dibilang sebagai salah satu tim Mobile Legends papan atas.


Obrolan kami dengan pihak terkait

Untuk cari tahu lebih jauh tentang lepasnya divisi ini, kami pun langsung menghubungi Heinrich Ramli, sang CEO dari Elite8 Esports.

heinrich ramli
Dokumentasi: E8 Esports

“Kebetulan dapat tawaran yang lumayan. After all consideration, aku memilih untuk lepas aja.” Ungkap Hein. Ia juga mengungkap bahwa keputusan ini memang sebagian besar dipertimbangkan dari perspektif bisnis, meski memang ada alasan lain yang tak bisa ia ungkap.

Jadi, ga perlu dicari-cari dramanya ya… wkwkkwkw… Faktanya esports itu adalah bentuk industri yang pastinya memang akan banyak butuh pertimbangan dari sisi bisnis.

Lalu, apakah E8 akan kembali merekrut tim Mobile Legends baru atau memang akan melepas game ini?

Dokumentasi: E8

Hein sendiri mengaku ia akan kembali merekrut divisi Mobile Legends lagi nantinya. Namun, tidak dalam waktu dekat ini. Pasalnya, saat ini, ia lebih tertarik untuk fokus ke PUBG! Kabarnya, ia bahkan sedang dalam proses finalisasi untuk divisi baru itu. Kita tunggu saja deh pengumuman resminya ya!

Sebelum menutup perbincangan dengan Hein, ia juga memberikan pesan ke ‘mantan’nya, anak-anak Critical, “Best of lucks kepada anak-anak Critical ya di MPL Season 2 ini. Semoga di bawah nama baru kalian bisa jadi juara. Untuk fans ML E8, we will be back stronger than ever!”


Setelah menghubungi Hein, kami juga menghubungi Aldio “Jack” Fernando, salah satu punggawa dari tim Critical, untuk berbincang-bincang mengenai perubahan manajemen timnya.

Dokumentasi: MPL Indonesia

Dio, sapaan pemain kita yang satu ini, langsung menyampaikan komentarnya tentang perjalanannya bersama E8.

“Pertama tentunya senang bisa jadi bagian dari E8 selama 7 bulan. Luar biasa! Owner-nya punya dedikasi tinggi, manajemennya rapi, dan kami semua berharap yang terbaik untuk E8 ke depannya agar bisa mengharumkan dunia esports Indonesia.” Ujarnya.

“Kami berharap dengan pergantian suasana dan manajemen ini, tim kami bisa lebih kompak dan memberi hasil yang memuaskan untuk bersama,” jelas Dio tentang harapannya dengan manajemen baru ini.

Dokumentasi: MPL Indonesia

Oh iya, dengan pergantian manajemen ini, nama tim ini pun berubah menjadi SFI Critical!

Dio juga sedikit bercerita bahwa ada sedikit perhatian lebih dari manajemen yang baru ini, mungkin karena memang masih baru dan MPL Indonesia Season 2 yang sudah semakin dekat. Dengan begitu, mereka bisa lebih fokus untuk mempersiapkan diri.

Berikut adalah roster dari tim SFI Critical saat ini:

  • Aldio “Jack” Fernando
  • David “Joker” Ginola
  • Dian “Ace” Agusta
  • Rendy “Ipin” Kurniawan
  • Tantyo “Doyok” Aditya Saputra
  • Agus “Maverick” Salim Suyono

Tidak lengkap rasanya jika kita tidak menghubungi pihak SFI, alias Special Force Indonesia untuk sedikit berbincang mengenai keputusan mereka mengakuisisi tim Critical ini.

“Saat ini Mobile Legends sedang ramai sekali. Jadi, saat kami memutuskan membentuk SFI Esport, game yang pertama kali kita ambil adalah Mobile Legends.” Kata LEE, Direktur PT. SFI Manajemen Indonesia (yang membawahi SFI Esports)

Lebih lanjut menjelaskan, LEE juga mengatakan bahwa banyak sekali talenta muda yang ada di ekosistem kompetitif Mobile Legends. Karena itu, mereka juga berharap dapat mengembangkan talenta-talenta muda tadi dengan mengambil 1 tim Mobile Legends.

Buat yang belum tahu apa itu Spesial Force Indonesia (SFI), mereka sebenarnya berawal dari sebuah clan di Line’s Lets Get Rich (LGR) yang dibentuk pada tanggal 1 Mei 2015 oleh 6 orang pendirinya.

Dokumentasi: Dunia Games

Dari awal, clan ini memang sudah punya misi atau ambisi yang jelas, yaitu mempersatukan pemain-pemain Indonesia agar bisa bersaing dengan negara tetangga. Seiring waktu, SFI pun mengajak beberapa clan lainnya untuk membentuk satu komunitas yang bernama HOC.

Komunitas ini pun berkembang menjangkau luar Indonesia karena mereka juga mengajak komunitas LGR dari Thailand sehingga terbentuklah ALGC (yang merupakan komunitas pemain LGR dari Indonesia dan Thailand).

Komunitas ini juga sebenarnya sempat ditunjuk untuk menggarap kompetisi LGR di IGC 2017 dan 2018. Namun demikian, seiring menurunnya popularitas dan jumlah pemain LGR, serta ditambah ramainya dunia esports, mereka pun memutuskan untuk melebarkan sayap ke game lainnya.

Saat artikel ini ditulis, mereka memang baru punya divisi Mobile Legends. Namun LEE juga bercerita bahwa mereka juga sedang dalam proses membentuk divisi-divisi lainnya seperti PUBG Mobile dan RoS (Rules of Survival).

Oh iya, buat kalian yang ingin update informasi terbaru dari SFI, silakan cari tahu di sini ya!

IG: SFI Esports
FB: SFI Esports
Line: @sficlan


Breaking News Esports PT.SFI Indonesia “Welcome to SFI Esports” Siapa yang tidak kenal Squad satu ini, bagi player2 yang suka menyaksikan event2 berkelas Mobile Legends seperti MPL pasti tidak heran dengan nama team satu ini. Yups E8 atau Elite8 Critical Reborn, Per tanggal 21 Juli 2018 hari sabtu kemarin SFI Esport yg diwakili oleh Direktur PT. SFI Manajemen yaitu Mr.Lee telah mengakuisisi tim Mobile Legends E8 Critical Reborn dari manajemen Elite8/E8 yang diwakili oleh Mr.Heinrich sebagai CEO E8 Kami ucapkan terimakasih kepada pihak Elite8 atas kerja samanya dalam akuisisi team Mobile Legends Elite8/E8 Critical Reborn ,dan sekarang telah berubah nama menjadi SFI CRITICAL dibawah naungan SFI Esport, hal tersebut menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami tentunya. Kami menyambut dengan senang hati bergabungnya Squad CRITICAL bersama SFI Esports divisi Mobile Legends dengan nama SFI CRITICAL Terlepas dari itu semua kami seluruh jajaran Management PT.SFI Indonesia ( Jajaran Direksi SFI Esport, Staf dan Member SFI ) sekali lagi mengucapkan Terimakasih kepada Manajemen Elite8/E8 terutama Mr.Heinrich sebagai CEO dan mengucapkan Selamat Datang dan Bergabung kepada Squad Mobile Legends SFI CRITICAL di divisi Mobile Legends SFI Esports. Semoga dalam hal kerja sama ini kita dapat menjalin hubungan dengan baik dan berkesinambungan, menjaga tali silaturahmi dan menjaga nama baik dengan segala unsur yg mencangkup nama Esports kita.Dan Mohon Maaf sebesar besarnya kepada manajemen Elite 8/E8 apabila ada ucapan ataupun tindakan yang kurang berkenan. Secara Resmi dengan ini kami dari SFI Esport mengucapkan Selama Datang dan Selamat Bergabung kepada ” SFI CRITICAL ” Sebagai bagian dari divisi Mobile Legends SFI Esport Mari beri dukungan kepada Team kebanggaan kita #GlorySFI #TeamSFICRITICAL WELCOME SFI CRITICAL SFI•Maverick.CRT SFI•Doyok.CRT SFI•Ipin.CRT SFI•Ace.CRT SFI•Joker.CRT SFI•Jack.CRT

A post shared by SFI Esports (@sfiesportsteam) on

Itu tadi obrolan singkat kami dengan pihak-pihak terkait pergantian manajemen tim Critical, (yang, jangan lupa sekarang bernama SFI Critical).Semoga dengan manajemen ini, mereka naik gaji ya! Eh… Mereka bisa semakin berprestasi lah!

Buat E8 dan SFI Esports, semoga makin kaya deh! Hahahaha… Semoga semakin mantab lagi kiprahnya di dunia esports ya!

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…