in

Hasil dan Statistik Tim dari Final Qualifier MPL Indonesia Season 2

Dari hari Jumat sampai Minggu kemarin (6-8 Juli 2018), MPL Indonesia Season 2 menggelar kualifikasi terakhir untuk menentukan 6 tim yang layak untuk melaju ke Regular Season.

Pada Final Qualifier ini, ada 10 tim yang bertarung mati-matian demi mendapatkan kesempatan untuk berlaga di panggung kompetitif Mobile Legends paling bergengsi di Indonesia.

Berikut 10 tim yang bertanding di Final Qualifier dan jalur mereka:

  1. 2 Direct Invite (Tim MPL Indonesia Season 1 yang masih berhak mendapatkan undangan)
  2. 4 tim dari Kualifikasi Pertama (Q1)
    • BOOM ID
    • Chronos Agent
    • CAPCORN
    • Saints Revenge
  3. 4 tim dari Kualifikasi Kedua (Q2)
    • Saints Indo
    • Aura Esport (ganti nama dari Sanctuary)
    • Bigetron Esports
    • ONIC e-sports

10 tim yang bertanding ini pun dibagi menjadi 2 grup. Kalian bisa melihat kembali pengundian grup tadi di video di bawah ini.

Dari pengundian tersebut, berikut adalah hasil pembagian grup dan pertandingannya:

GROUP A
TEAM SCORE (KILL) SCORE (DEATH) SCORE DIFFERENT WIN LOSE RANK
BIGETRON 58 49 9 4 0 1
CHRONOS AGENT 77 62 15 2 2 2
ONIC ESPORTS 36 50 -14 2 2 3
SAINTS REVENGE 54 45 9 1 3 4
DOMINO’S TEAM 42 61 -19 1 3 5

GROUP B
TEAM SCORE (KILL) SCORE (DEATH) SCORE DIFFERENT WIN LOSE RANK
LOUVRE 75 48 27 4 0 1
CAPCORN 79 50 29 3 1 2
SAINTS INDO 55 60 -5 2 2 3
AURA ESPORT 49 68 -19 1 3 4
BOOM ID 33 65 -32 0 4 5

Kalian bisa melihat sendiri tabel di atas untuk 6 tim yang lolos ke Regular Season, yaitu 3 tim tertinggi dari masing-masing grup. Namun demikian, ada beberapa hal yang menarik untuk dibahas. Mari kita bahas sedikit beberapa performa tim-tim di atas.

Jika kalian mengikuti dunia persilatan Mobile Legends cukup lama, kalian juga pasti tahu bahwa BOOM ID juga absen di gelaran MPL Indonesia Season 1.

Hal ini menarik untuk dibahas karena, di Dota 2, mereka termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Mereka bahkan jadi satu-satunya tim Indonesia yang diundang langsung untuk bertanding di Closed Qualifier TI8 kawasan Asia Tenggara (kompetisi paling bergengsi di dunia untuk Dota 2).

Namun peruntungan atau performa divisi Mobile Legends mereka ternyata tidak sebaik kawan-kawannya tadi.

Salah satu tim yang mendapatkan undangan langsung ke Final Qualifier ini adalah Domino’s, yang masih bisa mempertahankan setidaknya 3 pemain dari MPL Indonesia Season 1. Namun sayangnya, mereka benar-benar tak berkutik di Final Qualifier Season 2 kali ini. Mereka bahkan menempati posisi juru kunci di Grup A, dengan 3x kalah dan 1x menang.

Padahal, di Season 1, mereka termasuk 10 tim terbaik dari 1024 tim yang mengikuti kualifikasi. Berarti, memang peta dunia persilatan Mobile Legends yang sudah banyak berubah, meski Season 1 berakhir beberapa bulan silam (awal Mei 2018).

Perubahan peta dunia persilatan tadi juga terlihat dari hasil akhir Saints Indo yang meraih masa kejayaan mereka di September 2017, saat menjadi juara kualifikasi Indonesia untuk MSC 2017.

Mereka memang berhasil lolos ke Regular Season dari Grup B namun mereka berada di posisi ketiga, di bawah CAPCORN yang bahkan namanya belum terdengar di MPL Indonesia Season 1.

Apalagi? Oh iya, persaingan antara Bigetron Esports dan ONIC e-sports juga layak dibahas. Kenapa? Karena, Eiduart yang membuat ONIC esports dulu menjadi punggawa dari Bigetron PK di Season 1 dan telah meninggalkan Fabiens (satu lagi punggawa Bigetron divisi Mobile Legends) yang masih setia di tim lamanya.

Spade ketika menjadi MVP Regular Season. Dokumentasi: MPL Indonesia

Eiduart bahkan menggandeng Spade, mantan Elite8 Esports, yang jadi MVP Regular Season di MPL Indonesia Season 1.

Namun menariknya, kombinasi antara Eiduart dan Spade bahkan tidak mampu menahan gempuran Bigetron yang hanya tersisa Fabiens. Rekt yang juga jadi bintang dari Bigetron di Season 1 juga telah pindah ke Louvre.

Bigetron bahkan mampu lolos dengan kemenangan sempurna, tanpa kekalahan. Sedangkan ONIC e-sports juga akhirnya lolos namun dengan sedikit tertatih dengan 2x menang dan 2x kalah.

Terakhir, Louvre memang lagi-lagi membuktikan diri bahwa formasi mereka sekarang layak disebut sebagai Dream Team! Setelah mengalahkan Aerowolf Roxy di Final CODASHOP Weekdays Tournament, Louvre meraih hasil sempurna di kualifikasi kali ini.


Dengan hasil tadi, 6 tim berikut inilah yang akan melaju ke Regular Season MPL Indonesia Season 2:

  • Bigetron Esports
  • Louvre
  • Chronos Agent
  • CAPCORN
  • ONIC e-sports
  • Saints Indo

Mereka akan bertemu dengan 4 tim yang telah mendapatkan undangan berkat prestasi mereka di Season pertama, yaitu:

  • Aerowolf Roxy
  • EVOS Esports
  • RRQ.O2
  • Elite8 Esports

Bagaimana kira-kira performa 6 tim yang lolos dari kualifikasi ini ya? Apakah Louvre masih tetap dapat mempertahankan performa hebat mereka? Apakah Aerowolf Roxy yang jadi juara bertahan di Season 1 berhasil mempertahankan gelar mereka? Atau malah EVOS Esports dan RRQ.O2 yang akan mencuri kesempatan emas dari 2 tim jagoan tadi?

Bagaimana dengan Bigetron, ONIC e-sports, Saints Indo, ataupun yang lainnya? Apakah mereka bisa mengulang masa kejayaan mereka? Bagaimana dengan CAPCORN dan Chronos Agent? Apakah nama-nama baru ini mampu bersaing dengan tim-tim Mobile Legends terbaik di Indonesia?

Jangan lupa, catat tanggal Regular Season MPL Indonesia Season 2 ya yang akan digelar setelah MSC 2018 (yang akan digelar di JIEXPO tanggal  27-29 Juli 2018)!

Berikut adalah jadwal Regular Season MPL Indonesia Season 2:

  • Week 1: 7-9 September 2018
  • Week 2: 14-16 September 2018
  • Week 3: 28-30 September 2018
  • Week 4: 5-7 Oktober 2018
  • Week 5: 12-14 Oktober 2018
  • Week 6: 19-21 Oktober 2018

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…