in , ,

[Hero Review + Gear Builds] Claude Mobile Legends: Sang Marksman Licin

Claude Mobile Legends akhirnya resmi dirilis di server resmi hari ini, 7 Agustus 2018. Hero ini memang sudah terlihat begitu menarik dari skillset yang dimilikinya. Bahkan, berkat skillset-nya, Claude bisa jadi akan mengembalikan lagi era kejayaan MM di META Mobile Legends.

Kenapa?

Mari kita langsung bahas skill-skill dari Claude Mobile Legends.

claude mobile legend

Claude Mobile Legends Skills

SKILL 1: Art of Thievery

  • Cooldown: 5 detik
  • Mana Cost: 65

Skill ini mencuri 20% kecepatan pergerakan dan 10% kecepatan serangan lawan, sekaligus memberikan damage sebesar 160 (+40% dari total physical attack).

Meski bisa dibilang skill pertamanya adalah yang paling tidak menarik dibanding skill-skill Claude lainnya, skill ini mampu memberikan buff ke Claude sekaligus debuff ke lawan-lawannya.

BACA JUGA: Daftar Hero Mobile Legends Paling Laris dan Ditakuti di MSC 2018

Skill ini juga jadi satu-satunya CC (crowd control dari Claude). Jadi, skill ini bisa kalian gunakan sebagai penutup combo saat duel atau pembuka saat teamfight. Jika kalian yakin menang duel, gunakan skill ini sebagai penutup agar musuh lebih susah saat kabur.

SKILL 2: Battle Mirror Image

  • Cooldown: 11 detik
  • Mana cost: 70

Battle Mirror Image akan membuat Claude melemparkan bayangnya ke lokasi yang diinginkan selama 5,5 detik. Bayangan ini juga akan menyerang musuh terdekat dengan serangan normal (sebesar 100% dari total physical attack).

Claude juga dapat mengaktifkan skill ini kembali untuk bertukar tempat dengan bayangannya.

Skill inilah yang membedakan Claude dengan Marksman lainnya. Pasalnya, skill ini bisa dibilang sedikit mirip mekanismenya dengan Quad Shadow-nya Hayabusa.

Skill andalan Claude ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Cobalah bereksperimen dengan skill ini karena kreatifitas kalian menggunakan bayangan inilah yang nantinya akan membedakan pemain Claude yang pro atau yang abal-abal.

Sayangnya, skill ini juga punya kekurangan. Jika kalian kena Stun atau Root (tidak bisa bergerak), kalian tidak bisa bertukar tempat dengan bayangan.

SKILL ULTI: Blazing Duet

  • Cooldown: 50 detik
  • Mana cost: 150

Claude dan monyetnya, Dexter, akan menembak semua musuh yang ada di area selama 3 detik. Setiap serangan akan memberikan 80 damage (+15% dari total physical attack). Skill ini juga akan memberikan shield sebesar 20 (+10% total physical attack).

BACA JUGA: Tips & Trik Jawhead Mobile Legends dari LJ Aerowolf Roxy

Meski damage dari skill ini lebih menyakitkan dibanding saat chat kalian cuma di-read gebetan, kalian tetap harus berhati-hati menggunakannya. Pasalnya, kemungkinan besar, kalian akan maju terlalu jauh mengejar musuh alias mukil.

Jadi, pastikan saja kalian sigap mengeluarkan bayangan atau malah sudah mempersiapkan bayangan kalian di belakang agar bisa kabur di saat gawat.

SKILL Pasif: Side-by-side

Dexter, monyetnya Claude akan ikut menyerang musuh yang diserang oleh Claude. Jadi Dexter akan memberikan +30% damage ke musuh yang diserang Claude dengan serangan normal.

Skill pasifnya Claude juga istimewa karena dapat bersinergi dengan baik jika Claude menumpuk attack speed (karena tak ada cooldown dari skill pasif ini).

Claude Mobile Legends Gear Build

Kalian mungkin akan tergoda untuk menggunakan build critical (standar build dari Marksman) saat menggunakan Claude dengan Haas Claw, Blade of Despair, Berserker’s Fury, Scarlet Phantom, dan kawan-kawannya.

Namun demikian, ada build berbeda yang bisa jadi lebih efektif. Build ini fokus pada 3 item, yaitu Golden Staff, Demon Hunter Sword, dan Deadly Blade.

Golden Blade memang menghilangkan kemampuan kalian untuk memberikan critical damage namun, jika digabung dengan Demon Hunter Sword, skill ulti dari Claude akan memberikan damage yang sangat menyakitkan.

Plus, dengan Deadly Blade, musuh yang mengandalkan lifesteal dan heal akan lebih mudah dibunuh.

Antara 2 build tadi, build critical memang lebih sederhana kelihatannya lebih meyakinkan. Namun berhubung sekarang lebih banyak Tanker dan Assassin, Demon Hunter Sword dan Deadly Blade bisa jadi counter yang lebih efektif.

Plus Golden Staff benar-benar mampu memberikan sinergi yang fantastis dengan ulti milik Claude.


Bagaimana pendapat kalian soal Claude? Apakah kalian sudah mencobanya? Tuliskan build item kalian di komentar ya!

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…