in ,

Gimana Sih Sistem Emblem Baru di Mobile Legends? Ini Dia Penjelasannya!

Senin (22/1) lalu, Moonton kembali menghadirkan sejumlah update. Update tersebut mencakup perubahan sistem emblem, rework pada hero Bane, serta rilisnya hero baru yaitu Jawhead!

Jika kalian ingin tahu tentang skill-skillnya serta tips untuk bermain Jawhead, langsung saja klik artikel di bawah ini ya.

Kenalan dengan Fighter Baru, Android Pintar dengan Alice sebagai Pilot: Jawhead Mobile Legends

Nah, kali ini kita akan membahas tentang perubahan pada sistem atau mekanisme emblem. Emblem adalah buff yang dapat meningkatkan status dari semua hero yang kita pakai. Seperti yang kita ketahui, sistem emblem yang lama sudah berjalan sejak Mobile Legends pertama kali dirilis. Pada update ini kita pun harus mengucapkan selamat tinggal kepada sistem emblem lama itu. Goodbye!

Tetapi tenang saja, walaupun terjadi perubahan, level emblem set kalian tidak akan ter-reset kok. Sebelum kita bahas lebih lanjut, yuk kita intip dulu seperti apa emblem barunya…

Bagian atas dari halaman emblem menunjukkan berbagai emblem set yang tersedia di Mobile Legends. Jenis emblem set yang ada masih sama seperti dulu, yaitu common dan custom. Bagi pencinta Marksman, berbahagialah karena di update ini Moonton juga menambahkan custom emblem set Marksman.

Nah sedangkan untuk bagian yang kotak-kotak, merupakan berbagai pilihan emblem yang bisa kalian upgrade dengan Talent Points. Ketika emblem set kalian mencapai level 15, kalian akan mendapatkan 1 Talent Point. Kalian akan mendapatkan 1 Talent Point setiap kalian menaikkan minimal 5 kali level emblem set tersebut. Total Talent Poin yang dapat kalian kumpulkan adalah 7 poin, tepatnya saat kalian mencapai level 45.

Singkatnya seperti ini: Saya mempunyai emblem set Marksman yang masih berada pada level 0. Saya menaikkannya ke level 15 dan mendapatkan 1 Talent Poin. Kemudian, jika saya naikkan emblem set tersebut ke level 20, maka total Talent Poin saya adalah 2.

Bagian bulat di sebelah kanan bagian kotak, menunjukkan total dari efek-efek yang diberikan oleh emblem. Bulatan tengah merupakan tombol upgrade yang bisa kalian gunakan untuk meng-upgrade level dari emblem set tersebut. Eits, jangan lupa, kalian memerlukan fragment emblem, magic dust dan sejumlah Battle Points untuk meningkatkan level emblem set.

Baca Juga: 9 Cara Mendapatkan Fragment Emblem di Mobile Legends

Apakah ada perbedaan antara common emblem set dengan custom emblem set?

Contoh custom emblem set.
Contoh common emblem set.

Tentu saja ada! Common emblem set hanya mempunyai 2 emblem pada tier 3, sedangkan custom emblem set mempunyai 3 emblem pada tier 3. Menurut kami, emblem tier 3 pada jenis custom juga memberikan efek yang lebih menarik dibandingkan emblem tier 3 pada jenis common.

Kok emblem sekarang ada Tier? Apa itu?

Emblem terbagi atas 3 Tier yang membedakan efek-efek dari emblem tersebut:

  • Tier pertama adalah emblem yang hanya memberikan efek tambahan biasa seperti tambahan physical damage, damage kepada jungle monster, magic resistance, dan lain-lain.
  • Tier kedua hampir sama seperti tier pertama, hanya saja perbedaannya terletak di jumlah tambahan yang diberikan. Sebagai contoh, di custom emblem set Mage terdapat emblem tier 1 yang memberikan tambahan magic power sebesar 4.00 poin, sedangkan untuk tier 2 tambahannya adalah 1.50%. Ingat, emblem tier kedua hanya bisa kalian ambil hanya jika kalian sudah meng-upgrade emblem tier 1 sebanyak 3 kali.
  • Tier ketiga memberikan efek paling keren dan menarik. Contohnya adalah pada custom emblem set Assassin, ada emblem tier 3 yang memberikan efek pengurangan cooldown sebesar 15% pada resurrect dan battle spell. Emblem tier ketiga bisa kalian ambil ketika level emblem set mencapai 20, 30, dan 40 (pada common hanya level 20 dan 30 saja karena hanya terdapat 2 emblem tier 3).

Pasti beberapa dari kalian bertanya, “Ini apa sih?”.

Ini adalah pilihan halaman untuk susunan emblem tier 1, 2, dan 3 (bisa juga dinamakan talent). Jadi kalian bisa membuat 2 talent yang berbeda sesuai kebutuhan hero kalian. Walaupun begitu, halaman kedua hanya tersedia untuk para player yang mempunyai Starlight Membership.

Tapi untuk kalian yang bukan Starlight Membership, jangan bersedih karena pengambilan talent ini bisa di-reset dengan gratis kok. Kalian bisa me-reset-nya dengan tombol di sebelah kanan Talent Poin. Jadi, kalian masih bisa berkreasi dengan emblem sepuas hati.


Dengan adanya perubahan pada sistem emblem ini, setiap player pastinya akan mempunyai efek yang beragam dan berbeda satu sama lain. Kalian sendiri gimana? Apakah kalian merasa terbantu dengan adanya perubahan ini, atau malah sebaliknya?

Diedit oleh Yabes Elia

Written by Jane Edgina

17 year old writer-translator. Female. A loyal support in Dota 2. Daydreamer and snow-addict❄
Adventure book (Instagram) — @janeenuary

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…