Tips & Trick : Untuk Kalian yang Ingin Menjelajahi Dunia League of Legends

Hai sobat Revival! Kali ini Revivaltv akan membahas hal-hal dasar untuk kalian para gamers yang ingin mencoba League of Legends. “Welcome to Summoner’s Rift”

1. Champion

20140108_024139436

Champion adalah sebutan untuk karakter yang dimainkan dalam LoL. LoL memiliki 132 champion yang bisa kalian pilih. Champion tersebut terdiri menjadi beberapa tipe seperti: Assasin, Fighter, Mage, Tank, Marksman, dan Support. Setiap tipe memilik 2 kemampuan yang berbeda yaitu Attack Damage (AD) dan Ability Power (AP).

2. Item
gi-items

Item sangat berpengaruh untuk menentukan kemenagan dalam sebuah permainan. Ketika sudah memilih satu champion, maka kalian juga harus mengetahui tipe champion yang dipilih, AD atau AP. karena pemilihan item akan sangat berpengaruh dalam permainan. Pada saat early game barang yang dibeli untuk top laner biasanya: Corrupting potion, untuk mid laner: Doran ring dan Health potion, untuk jungle biasaya: Hunter’s machete dan Health potion, untuk bot laner biasanya: Doran blade dan Health potion dan support: Relic shield dan Health potion.  LoL juga memiliki berbagai macam item yang bisa kalian sesuai dengan keadaan.

3. Rune & Masteries

latest       qs455g
LoL memiliki fitur rune dan masteries yang bisa kalian gunakan dan kombinasikan untuk meningkatkan damage atau sustain yang dimiliki. Setiap naik satu level, kalian akan mendapatkan satu slot rune dan masteries, semua slot atau poin rune dan masteries akan  didapatkan ketika mencapai level 30 (Maksimum level pada LoL). Untuk rune bisa didapatkan pada store in game sedangkan untuk masteries hanya membutuhkan poin yang bisa kalian dapat setiap naik level.

4. Skill & Spell

2937974-kindred

Skill merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap champion yang dimainkan. Sama seperti game moba lainnya, setiap skill memiliki kegunannya masing-masing sesuai dengan tipe champion yang kalian pilih. Setiap champion memiliki Skill pasif yang berbeda, player LOL harus memahami potensi dari setiap skill tersebut agar dapat memaksimalkan setiap champion yang digunakan.

sumoner+spells

Spell merupakan skill tambahan yang digunakan pada setiap role/lane. Pada umumnya spell digunakan sebagai berikut:
Top : Teleport dan Flash/Ignite
Mid : Flash dan Ignite/Barrier/Cleanse/Ghost
Jungle : Flash dan Smite
Bot : Flash dan Heal
Support : Flash dan Exhaust/Ignite/Heal

5. Laning

summoners-rift-96400

LoL memiliki 4 wilayah yang harus diisi oleh setiap Tim. Pada bagian atas disebut sebagai top lane, pada bagian tengah disebut sebagai mid dan bagian bawah disebut bot lane dan wilayah lainnya disebut jungle.
Pada bagian atas diisi oleh satu champion top laner yang biasanya bertipe tanker seperti: Darius, Garen, Gnar, Dr. Mundo.
Tengah diisi oleh satu champion mid laner yang memiliki skill “Brust Damage”. Ada 2 tipe mid laner, yaitu tipe mage dan assasin. Champion tipe mage seperti Le Blanc, Ryze, dan Ahri, sedangkan tipe assasin seperti Zed, Akali, dan Talon.
Jungle diisi oleh champion yang dapat melakukan “gank” pada rekan satu tim yang biasanya memiliki kemampuan Crowd Control seperti Sejuani, Amumu, dan Gragas.
Bot lane diisi oleh dua champion yaitu ADC (AD Carry) dan support. ADC biasanya diisi oleh champion dengan kemampuan dasar attack damage yang besar seperti Lucian, Jhin, Vayne dan Kog’Maw.
Support diisi oleh champion yang dapat membatu ADC saat laning phase dan pada saat team fight. Champion yang digunakan sebagai support seperti Leona, Braum, Soraka, dan Morgana.

6. Monster Netral

latest

Monster Netral merupakan sumber makanan dari seorang jungler. Setiap monster menghasilkan buff yang berbeda-beda.
Ada beberapa monster jungle yang memilik buff penting untuk tim saat laning phase atau team fight seperti blue buff yang dihasilkan oleh Blue Sentinel meningkatkan ability power dan mana consumption sedangkan red buff dihasilkan oleh Red Brambleback meningkatkan kekuatan attack damage dan efek burn pada target.
Ada dua monter yang memiliki buff sangat penting yaitu Dragon dan Baron Nashor yang sering diperebutkan oleh setiap tim.
Dragon memiliki 4 tipe yaitu: Infernal Drake, Ocean Drake, Mountain Drake dan Cloud Drake yang memiliki masing-masing buff.
Baron Nashor memiliki buff selama 2 menit yang sangat berpengaruh terhadap tim, karena seluruh anggota tim mendapatkan buff tersebut.

7. Turret, Inhibitor, dan Nexus

640
Tujuan akhir dari pertempuran dalam permainan LoL adalah menghancurkan nexus lawan. Akan tetapi sebelum mencapai nexus kalian harus menghancurkan 3 tingkatan turret bagian depan. Selanjutnya kalian harus menghancurkan Inhibitor terlebih dahulu. Jika inhibitor telah hancur maka akan muncul “super minion” yang akan membantu untuk mengancurkan nexus lawan.

Lumayan gampang kan? Intinya pahami dasar-dasar bermain League of Legends dan jangan lupa bermainlah sebagai tim, karena yang terpenting  dalam bermain adalah kerja sama yang terbentuk dalam sebuah tim.