Stutter Step dan Attack Move: 2 Elemen Terpenting dalam Bermain League of Legends Dan Dota 2

Apakah sobat RevivaL saat bermain League of Legends atau Dota 2 pernah mendengar istilah stutter step? Attack move? Mungkin kedengarannya seperti trik magic atau permainan dance baru, namun 2 hal ini dapat membuat kamu menjadi player yang lebih baik dan sangat jarang orang menggunakannya terutama di Tier Bronze ke bawah atau MMR di bwh 4k. Kira-kira apa sih stutter step dan attack move? Yuk mari disimak bersama-sama! 😀

Stutter Step
Konsep dari stutter step sendiri adalah menyerang di antara animasi serangan. Kalian bisa melakukan serangan sebelum animasi serangan berakhir, artinya kalian akan mendapat lebih banyak waktu untuk bergerak diantara serangan yang kamu lancarkan ke musuh. Untuk lebih singkatnya: animasi serangan membutuhkan 1,5 detik, tapi kalian bisa membuatnya menjadi hanya 1 detik dan membuat kalian mempunyai waktu 0,5 detik untuk bergerak maju ke depan musuh. Jadi kalian mendapat 4 serangan biasa dimana normalnya kalian hanya bisa melakukannya 2 kali kepada musuh yang berlari. Ini adalah salah satu skill yang sangat penting dan berguna untuk di pelajari bagi kalian.

Untuk caranya sendiri, kalian bisa menyerang musuh dengan klik kanan lalu langsung klik kanan ke tanah ketika animasi serangan sudah dilakukan. Jika dilakukan dengan benar, kalian akan lebih mudah mengejar musuh dibandingkan dengan menggunakan auto attack biasa. Perlu diperhatikan ketika menggunakan trik ini adalah, kalian harus mengarahkan kursor kalian secara tepat sehingga tidak terjadi salah klik. Maka dari itu, mulailah melatih diri kalian untuk mengarahkan kursor secara tepat ke Champion / Hero lawan.

Attack Move
Nah, attack move sendiri adalah mentarget dan bergerak secara otomatis ke musuh yang berada di dekat jangkauan dari Champion yang kita gunakan, tidak peduli mau itu minion, Creeps ataupun Champion / Hero lawan. Jika tidak ada target yang ada di dalam jangkauan dari Champion / Hero kita, maka attack move akan bertindak seperti klik kanan pada umumnya. Namun, jika kalian sedang mengejar musuh yang masuk ke dalam bush/rumput dan kamu mendapatkan Vision dari target, secara otomatis attack move akan mentarget dan menyerang langsung ke musuh dan membuat juking dari musuh akan sulit dilakukan. Untuk menggunakan attack move sendiri kalian bisa menahan tombol SHIFT diikuti dengan klik kanan.

Yang membedakan stutter step dengan attack move adalah, dengan stutter step kalian harus mengarahkan kursor secara cepat dan tepat ke musuh dan apabila terjadi miss click, waktu yang terbuang untuk menyerang musuh akan terbuang cukup banyak dan musuh bisa kabur dari jangkauan kita. Nah, dengan attack move, kalian akan dapat lebih mudah menyerang musuh meski musuh menggunakan skill atau Flash di LOL atau Blink di Dota 2 untuk kabur karena musuh sudah ditarget otomatis oleh attack move. Kira-kira apalagi sih keuntungan dari attack move?

  1. Seperti yang kita bilang sebelumnya, attack move merupakan cara yang bagus untuk meng-counter juke atau blink ability disaat kalian berhadapan 1 lawan 1 dengan lawan atau melihat ke dalam bush. Ini tidak akan bekerja apabila kalian berada di dekat minion dimana attack move akan menyerang minion terdekat ketimbang menyerang Champion / Hero yang berada agak jauh.
  2. Attack move membuat kalian lebih gampang melakukan hit/mencicil Champion / Hero musuh ketika sedang di kejar oleh musuh. Contohnya, kamu sedang dikejar oleh musuh kamu dan kamu ingin melakukan serangan pada musuh sambil berjalan kabur ke bottom lane. Normalnya, kamu harus menekan klik kanan untuk menyerang musuh, lalu klik kanan lagi agar mundur kebelakang untuk menjaga jarak dengan musuh dan kemudian kamu melakukan hal tersebut berulang-ulang. Tapi hal itu akan membuang waktu yang berharga dan belum lagi resiko kalian salah tklik dan berjalan menuju musuhmu ketimbang menyerangnya dan menyebabkan kalian mati. :c
    Nah, dengan attack move, kalian akan tetap bisa berjalan menuju bottom lane dengan menekan SHIFT + klik kanan di LOL dan tombol A + klik kanan di Dota 2 ke belakang dan dapat menyerang musuh yang mengejar kamu tanpa ada kemungkinan untuk miss click. Jadi, kalian hanya melakukan klik kanan untuk berjalan menuju bottom lane dan saat auto attack reset, tekan SHIFT + Klik kanan untuk melakukan auto attack dan lakukan secara berulang. Dengan melakukan hal tersebut, kalian akan mendapat keuntungan dari stutter step dan juga attack move di situasi ini. Ini juga akan mempersingkat waktu dan meminimalisir kemungkinan untuk miss click.
  3. Attack move juga dapat digunakan untuk memberikan serangan yang aman saat mendorong musuh ke tower. Dengan attack move, kamu akan bisa terus menyerang musuh terdekat tanpa tidak sengaja ke bawah tower. Tentu saja ini harus di lakukan secara hati-hati.

Nah, bagaimana sobat RevivaL? Semoga dengan ini bisa membantu permainan kalian di League of Legends dan Dota 2 yah! 😀