in

H2K Ancam Tinggalkan EU LCS Tahun Depan, Ada Apa?

Dunia kompetitif LoL Eropa nampaknya sedang gonjang-ganjing. Setelah sempat mengemuka persoalan keuangan dari turnamen EU LCS yang juga menyangkut ke beberapa tim peserta, masalah yang mirip muncul kembali baru-baru ini. Salah satu tim peserta di kancah tertinggi LoL Eropa, H2K, mengeluarkan pernyataan bahwa mereka bisa saja meninggalkan kompetisi EU LCS musim depan – dan ancaman ini tidak main-main.

Dalam surat di laman resmi dari organisasi H2K, mereka mengemukakan alasan kenapa mereka bisa saja meninggalkan kompetisi LoL tertinggi di Eropa tersebut. Alasan ini ditenggarai oleh masalah finansial dari EU LCS – yang nampaknya masih belum ditemukan juga jalan keluarnya untuk para tim. H2K menyebut bahwa berkat sistem finansial yang saat ini dijalankan di EU LCS, mereka sudah mengalami kerugian senilai €1.000.000!

Kerugian ini disebut berbanding berbalik dengan keuntungan yang didapat oleh pihak RIOT selaku pengembang LoL sekaligus pemegang turnamen. H2K bahkan dengan gamblang menyebut bahwa keuntungan yang diterima RIOT sampai senilai 2 milyar Euro – yang semestinya didapat berkat kerja sama antara pengembang dengan organisasi tim. Alih-alih dapat bagian, seluruh organisasi yang menjadi peserta EU LCS malah diberitakan mengalami kerugian.

Surat yang ditandatangi oleh kedua pejabat tertinggi H2K ini juga menyebut bahwa kerjasama antara RIOT dan organisasi tim hanya menguntungkan bagi RIOT dan tidak dinikmati oleh tim peserta dari EU LCS. Meskipun mendapat tunjangan selama kompetisi berlangsung, H2K menilai tunjangan tersebut hanya membantu keuangan tim dan dalam jumlah kecil dan membuat organisasi nombok – dan akhirnya berujung ke kerugian tim yang cukup besar.

Ancaman keluarnya H2K dari EU LCS musim depan pun dikemukakan, apabila RIOT tidak menemukan jalan keluar untuk mereformasi sistem finansial untuk EU LCS. Menurut organisasi H2K, sistem finansial yang baru harus mencakup hal mengenai subsidi dengan perhitungan yang benar serta pembagian keuntungan yang adil berdasarkan faktor prestasi tim dan beberapa alasan lain, dengan kompensasi minimal senilai €850.000 untuk setiap tim.

Beberapa spekulasi menyebut, H2K berpikir untuk memindahkan tim mereka untuk bertanding di NA LCS, yang merupakan kompetisi tertinggi LoL di region Amerika Utara. Hal ini cukup wajar mengingat sebenarnya H2K merupakan organisasi yang berbasis di Amerika Serikat, namun membuat tim untuk bertanding di region Eropa. Kalau H2K saja sudah membuat surat seperti ini, bagaimana dengan tim lain ya?

Esports Enthusiast, Game Connoisseurs. Penikmat berbagai macam genre game, terutama yang berupa RPG – online maupun offline. Keranjingan juga dengan beberapa arcade game bertipe Ryhthm Game, juga pemain-yang-lebih-cocok-jadi-pelatih/manager di berbagai game dengan genre MOBA dan RTS. Bisa menguras emosi bagi setiap lawan (dan kawan) dalam berbagai macam Boardgames.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…